Pengembangan Instrumen Asesmen Formatif untuk Mengukur Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Fase E pada Konten Aljabar

Arialis Senita, Maimunah Maimunah, Yenita Roza

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan masalah matematika dan rendahnya kemampuan guru dalam mengembangkan soal untuk melatih kemampuan penyelesaian masalah matematika. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Tessmer yang terbagi atas tahapan Preliminary, Self Evaluation, Expert Riview, one-to-one, Small Group dan Field test. Informasi data didapatkan melalui wawancara, angket respon, penilaian, dan dokumentasi. Data di analisis untuk mendapatkan produk yang valid, reliabel, mempunyai tingkat kesukaran dan daya pembeda yang baik. Saran dan komentar yang diterima dari validator dan peserta didik dijadikan dasar untuk merevisi soal penilaian formatif yang dikembangkan untuk menghasilkan prototipe II.  Berdasarkan hasil analisis angket diketahui respon peserta didik terhadap soal penilaian formatif tergolong sangat baik dengan persentase sebesar 88,10%. Hasil pelaksanaan beserta saran dan masukan dari peserta didik dijadikan dasar perbaikan soal penilaian formatif yang akan dilanjutkan pada tahap uji lapangan. Setelah soal penilaian formatif direvisi, maka soal penilaian formatif diujikan pada tahap uji lapangan terhadap 33 subjek uji. Respon peserta didik dianalisis dan diperoleh 24 soal valid. Soal yang valid diuji reliabilitasnya dan diperoleh nilai 0,947 dengan kriteria reliabilitas sangat tinggi. Diperoleh produk akhir berupa 21 soal penilaian formatif untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik fase E pada konten aljabar yang valid, reliabel, mempunyai tingkat kesukaran dan daya pembeda yang baik.


Full Text:

PDF

References


Agustina, L., Wibowo, D. E., & Cahyani, I. (2023). Sosialisasi dan Pelatihan Asesmen pada Kurikulum Merdeka SDN 3 Sungai Ulin Banjarbaru. Batuah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 71–77. https://doi.org/10.33654/batuah.v3i2.2489

Akbar, P., Hamid, A., Bernard, M., & Sugandi, A. I. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematik Siswa Kelas XI SMA putra Juang Dalam Materi Peluang. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.62

Amam, A. (2017). Penilaian Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 2(1), Article 1. http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v2i1.765

Asri, K., Saragih, D. A. S., Ainun, N., Fahmi, C. N., & Sulastri, R. (2024). Analisis Kesalahan Pemahaman Konsep Materi Bentuk Aljabar pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 14 Banda Aceh. PERISAI: Jurnal Pendidikan Dan Riset Ilmu Sains, 3(2), 256–267. https://doi.org/10.32672/perisai.v3i2.1877

Bagiyono, B. (2017). Analisis Tingkat Kesukaran dan Daya Pembeda Butir Soal Ujian Pelatihan Radiografi Tingkat 1. Widyanuklida, 16(1), Article 1.

Bela, S., Marlina, R., & Karawang, U. S. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas X SMA dalam Menyelesaikan Soal Cerita SPLDV An Analysis of Mathematical Problem Solving Skills of Tenth Grade Senior High Students in Solving SPLDV Word Problems masalah matematis siswa SMP pada m. 1, 616–628.

Cynthia, R. E., & Sihotang, H. (2023). Melangkah Bersama di Era Digital: Pentingnya Literasi Digital untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 31712–31723. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.12179

Fuadia, L. A., Musbaiti, M., & Pramesti, S. L. D. (2023). Analisis Instrumen Asesmen Formatif dalam Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika Siswa. SANTIKA : Seminar Nasional Tadris Matematika, 3, 315–327.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. (2022). Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar dan Jenjang Pendidikan Menengah pada Kurikulum Merdeka.

Kurniawati, I., Raharjo, T. J., & Khumaedi, K. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah untuk Mempersiapkan Generasi Unggul Menghadapi Tantangan abad 21. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 2(1), Article 1.

Kuswara, M. A., Hudzaifa, M. S., Fuadah, F., & Kartimi, K. (2024). Konsep dasar evaluasi, penilaian, pengukuran, dan tes dalam pembelajaran. BAHTSUNA: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.55210/bahtsuna.v6i2.463

Lestari, D. E., & Suryadi, D. (2020). Analisis Kesulitan Operasi Hitung Bentuk Aljabar. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(3), Article 3. http://dx.doi.org/10.24014/juring.v3i3.9737

Magdalena, I., Fauziah, S. N., Faziah, S. N., & Nufus, F. S. (2021). Analisis Validitas, Reliabilitas, Tingkat Kesulitan dan Daya Beda Butir Soal Ujian Akhir Semester Tema 7 Kelas III SDN Karet 1 Sepatan. Bintang: Jurnal Pendidikan Dan Sains, 3(2), 198–214.

Mardaleni, D., Noviarni, N., & Nurdin, E. (2018). Efek Strategi Pembelajaran Scaffolding terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis berdasarkan Kemampuan Awal Matematis Siswa. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(3), Article 3. http://dx.doi.org/10.24014/juring.v1i3.5668

Mariam, S., Nurmala, N., Nurdianti, D., Rustyani, N., Desi, A., & Hidayat, W. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa MTsN dengan Menggunakan Metode Open Ended di Bandung Barat. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.94

Nabilah, N., Karma, I. N., & Husniati, H. (2021). Identifikasi Kesulitan Guru dalam Melaksanakan Penilaian Autentik pada Kurikulum 2013 di SDN 50 Cakranegara. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(4), 617–622. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i4.298

Nasution, A. P. A., Susilawaty, E., & Wahyudi, M. D. (2022). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Google Classroom terhdap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pokok Bahasan Pertidaksamaan Dua Variabel di Kelas XI SMA Negeri 1 Tanjung Pura. Jurnal Serunai Matematika, 14(2), Article 2. https://doi.org/10.37755/jsm.v14i2.694

Nurhayati, I., Pramono, K. S. E., & Farida, A. (2024). Keterampilan 4C (Critical Thinking, Creativity, Communication And Collaboration) dalam Pembelajaran IPS untuk Menjawab Tantangan Abad 21. Jurnal Basicedu, 8(1), Article 1. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.6842

Puteri, A. N., Yoenanto, N. H., & Nawangsari, N. A. F. (2023). Efektivitas Asesmen Autentik dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(1), Article 1. https://doi.org/10.24832/jpnk.v8i1.3535

Ramatni, A., Anjely, F., Cahyono, D., Rambe, S., & Shobri, M. (2023). Proses Pembelajaran dan Asesmen yang Efektif. Journal on Education, 5(4), Article 4. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2687

Sa’adah, S. I., Rasmiwetti, R., & Linda, R. (2019). Pengembangan Soal HOTS dengan Wondershare Quiz Creator sebagai Media Display pada Materi Stoikiometri Kelas X. JTK (Jurnal Tadris Kimiya), 4(2), Article 2. https://doi.org/10.15575/jtk.v4i2.5469

Sakiah, N. A., & Effendi, K. N. S. (2021). Analisis Kebutuhan Multimedia Interaktif Berbasis PowerPoint Materi Aljabar Pada Pembelajaran Matematika SMP. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika), 7(1), Article 1. https://doi.org/10.37058/jp3m.v7i1.2623

Susilawati, W. O., Apreasta, L., & Septiani, H. (2023). Pengembangan Tes Formatif dan Sumatif Pendidikan Pancasila dalam Kurikulum Merdeka di Kelas IV di Tingkat Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), Article 2.

Zahrowiyah, S., Faradiba, S. S., & Alifiani, A. (2022). Kemampuan Komunıkasi Matematıs Tulis Pada Materi Bentuk Aljabar ditinjau dari Self-Effıcacy Peserta Didik. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1433




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v7i4.33508

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter