Pengaruh POGIL terhadap Kemampuan Koneksi Matematis dan Metakognitif Siswa Ditinjau dari AQ

Nur Triani, Sri Purwanti Nasution, Farida Farida, Salsabila Salsabila

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kemampuan koneksi matematis dan metakognitif dipengaruhi oleh model POGIL atau tidak yang dilihat dari AQ. Hasil dari pra penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa kemampuan koneksi matematis dan metakognitif siswa masih kurang. Penelitian ini menggunakan desain quasi eksperimen dengan metode kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah 153 siswa kelas VII SMP Negeri 1 Banjar Baru. Sedangkan sample adalah kelas VIII A sebagai kelompok kontrol dalam penelitian ini dengan menggunakan model pembelajaran Direct Instruction dan kelas VIII E sebagai kelas eksperimen dengan pendekatan POGIL. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket. Kemudian instrumen yang digunakan yaitu soal tes kemampuan koneksi dan metakognitif serta angket AQ. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji Two-Way Manova. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa siswa yang menggunakan model pembelajaran POGIL memiliki kemampuan koneksi matematis dan metakognitif yang lebih baik dibandingkan siswa yang menggunakan model pembelajaran Direct Instruction.


Full Text:

PDF

References


Al-qur’an. (2005). Q.S. Ash Shaff/61:4.

Azizah, N. I., & Kartini, K. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dari Perspektif Newman pada Materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel. Suska Journal of Mathematics Education, 9(1), 27–38. https://doi.org/10.24014/sjme.v9i1.16170.

Azizah, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran dan Adversity Quotient Terhadap Kemampuan Koneksi Matematika. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(3), 311–337. https://doi.org/10.36418/japendi.v1i3.27.

Balqis, S., Idris, K., & Akmal, N. (2023). Analisis Soal Materi Statistika Pada Buku Teks Matematika SMP Berdasarkan Kognisi Statistik. Suska Journal of Mathematics Education, 9(1), 39–52. https://doi.org/10.24014/sjme.v9i1.19381.

Fadilla, F., & Purwaningrum, J. P. (2021). Menumbuhkan Kemampuan Representasi Matematis dan Metakognitif Siswa Kelas XIII SMP Menggunakan Model CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, dan Extending). Aksioma : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 12(1), 155–168. https://doi.org/10.26877/aks.v12i1.7679.

Fatimah, E. S., & Sundayana, R. (2022). Kemampuan koneksi matematis berdasarkan disposisi matematis siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(1), 69–82. https://doi.org/10.31980/powermathedu.v1i1.1917.

Hainun, H., Haeruddin, H., & Basir, A. (2022). Literature Review: Model Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) Pada Pembelajaran Matematika. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 61–70. https://doi.org/10.30872/primatika.v11i1.796

Lestari, T., Nurhasanah, Y., & Hernawan, asep herry. (2020). Analisis Kemampuan Metakognitif Siswa dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Sekolah Dasar Laboratorium UPI Cibiru. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971.

Pertiwi, N. L. C., Wiarta, I. W., & Ardana, I. K. (2019). Hubungan Antara Adversity Quotient (Aq) Dengan Hasil Belajar Matematika. Journal of Education Technology, 3(2), 73. https://doi.org/10.23887/jet.v3i2.21707.

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(1980), 1349–1358. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9498.

Risni, T. W., Hendy, H., & Winarto, S. (2022). Upaya Peningkatan Minat Belajar Matematika Santri Putri Pondok Pesantren El-Faws Melalui Integrasi Matematika dan Al-Qur’an Pada Era Pandemi Covid-19. Jurnal Abdi Masyarakat, 6(1), 35–43. https://doi.org/10.30737/jaim.v6i1.3407.

Sarah, Y. D., Ariawan, R., & Nufus, H. (2023). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Skills Ditinjau dari Self Efficacy. Suska Journal of Mathematics Education, 9(1), 71. https://doi.org/10.24014/sjme.v9i1.18838

Sembiring, Metrilina B., Dhia, O., & Rambe, Isnaini Halimah. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Metakognitif Siswa. Journal Mathematics Education Sigma [JMES], 2003, 36–41. https://doi.org/10.30596/jmes.v2i1.6874

Serianti, N. W., Suarni, N. K., & Gading, K. (2020). Adversity Quotient Scale Development Of Vocational School Student Pengembangan Skala Adversity Qutient Peserta Didik Smk. 1, 38–48. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bk/article/view/3249.

Seta, E. P., Suherman, & Farida. (2021). Model Pembelajaran ELPSA: Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Literasi Matematis dan Kecemasan Belajar Eka. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 39–49. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23960/mtk/v9i2.pp156-168.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Ulfa, F. K. (2020). Kemampuan Koneksi Matematis dan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Brain-Based Learning. 2(2), 39–49. https://doi.org/https://doi.org/10.33474/jpm.v6i2.5537.

Utami, V., & Effendi, K. N. S. (2019). Analisis kemampuan koneksi matematis siswa SMP pada materi kubus. Prosiding Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika, 158–166. https://doi.org/Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/sesiomadika/article/view/2279

Yolanda, F., & Wahyuni, P. (2020a). Pengaruh Pembelajaran Matematika Kontekstual Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Mahasiswa Pada Mata Kuliah Program Linier. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(1), 55–63. https://doi.org/10.35706/sjme.v4i1.3013.

Yolanda, F., & Wahyuni, P. (2020b). Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Mahasiswa Melalui Pembelajaran Matematika Kontekstual. Anargya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(1), 1–7. https://doi.org/10.24176/anargya.v3i1.4750.

Yulia, S., & Rochmad. (2022). Kemampuan Koneksi Matematis Berdasarkan Gaya Belajar Siswa pada Model Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, and Extending. Jurnal FKIP UNMUL, 2, 31–31. https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v8i2.32900

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter