Profil Pengelolaan Kelas Guru Matematika Sekolah Menengah Pertama pada Materi Persamaan Kuadrat
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan kelas guru matematika Sekolah Menengah Pertama (SMP) pada materi persamaan kuadrat. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 8 Malang. Penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif ini menggunakan tiga metode pengumpulan data, yaitu observasi, angket, dan wawancara. Partisipan penelitian ini terdiri atas seorang guru matematika dan 28 siswa kelas IX G. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru melakukan proses pembelajaran matematika pada materi persamaan kuadrat menggunakan model cooperative learning tipe Think Pair Share (TPS). Dari angket dengan empat indikator yang diamati didapatkan saat kegiatan pembelajaran guru menjalin komunikasi dengan siswa dengan skor 63,08%, kegiatan guru dalam menegakkan disiplin dalam mengelola pembelajaran sebesar 66,9%, kegiatan guru dalam menata atau mengatur lingkungan kelas sebesar 29,7%, dan kegiatan guru dalam menumbuhkan organisasi kelas yang efektif sebesar 67,9%. Penelitian menunjukkan pentingnya pengembangan profesionalisme guru dalam meningkatkan kualitas pengelolaan kelas matematika, khususnya pada materi persamaan kuadrat.
Full Text:
PDFReferences
Anggraini, Y. P., & Kartini, K. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Kuadrat pada Siswa Kelas IX SMPN 2 Bangkinang Kota. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 9(2), 210-223. https://doi.org/10.30821/axiom.v9i2.7682
Aprilia, A., & Fitriana, D. N. (2022). Mindset Awal Siswa Terhadap Pembelajaran Matematika Yang Sulit dan Menakutkan. PEDIR: Journal Elementary Education, 1(2), 28–39.
Aprilia, E. D., Nurfitriya, L., Ningrum, S. C., & Rofiki, I. (2024). Profil Pengajaran Guru Matematika Terhadap Pengelolaan Kelas untuk Siswa SMP pada Materi Bilangan Berpangkat. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 7(2), 171-184. http://dx.doi.org/10.24014/juring.v7i2.29140
Asiah, S., Yarmi, G., & Arifin, M. H. (2023). Hubungan Kemampuan Menerapkan Manajemen Kelas dan Etos Kerja Guru dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 38-51. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4231
Azizah, A. N., Arrindha, N., Suwana, C. A., & Rofiki, I. (2024). Profil Pengelolaan Kelas Guru Matematika SMP dengan Sistem Blok pada Materi Teorema Pythagoras. Suska Journal of Mathematics Education, 10(1), 25-38. http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v10i1.29146
Barahona, E., Padrón, Y. N., & Waxman, H. C. (2023). Classroom Observations of a Cross-Age Peer Tutoring Mathematics Program in Elementary and Middle Schools. European Journal of Science and Mathematics Education, 11(3), 515-532. https://doi.org/10.30935/scimath/12983
Biza, I., Nardi, E., & Joel, G. (2015). Balancing Classroom Management with Mathematical Learning: Using Practice-Based Task Design in Mathematics Teacher Education. Mathematics Teacher Education and Development, 17(2), 182-198.
Cevikbas, M., & Kaiser, G. (2020). Flipped Classroom as a Reform-Oriented Approach To Teaching Mathematics. ZDM Mathematics education, 52(7), 1291-1305. https://doi.org/10.1007/s11858-020-01191-5
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2023). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Thousand Oaks, California: Sage Publications, Inc.
Daher, W. (2022). Teachers’ Classroom Management for Motivating Students’ Creativity. Middle School Journal, 53(4), 28-39. https://doi.org/10.1080/00940771.2022.2096818
Daryana. (2019). Pengelolaan Pembelajaran Matematika Studi Kasus pada Siswa Kelas X SMK. Jurnal Manajemen Pendidikan, 13(2), 72-81. https://doi.org/10.23917/jmp.v13i2.6398
Febriani, A. S., Bernadine, N. A., Friyana, S. B. E., & Rofiki, I. (2024). Teaching Profile of Mathematics Teachers on Classroom Management: A Study on Quadratic Equations. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 6(1), 43-54. https://doi.org/10.37058/jarme.v6i1.8904
Firdausy, F. H., Rofiki, I., Zulfaidany, S. N., & Mauladana, R. C. (2023). Profil Pengelolaan Kelas Guru Matematika SMA pada Materi Lingkaran. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 6(4), 373-390. http://dx.doi.org/10.24014/juring.v6i4.26335
Friantini, R. N., & Winata, R. (2019). Analisis Minat Belajar pada Pembelajaran Matematika. JPMI: Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 4(1), 6-11. https://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v4i1.870
Habbah, E. S. M., Husna, E. N., Yantoro, & Setiyasi, B. (2023). Strategi Guru dalam Pengelolaan Kelas yang Efektif untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Holistika Jurnal Ilmiah PGSD, 1(2), 18–26. https://doi.org/10.62872/vf2gr537
Ismah, Budiyati, U. (2022). Pengaturan Ruang Kelas. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 1(10), 2591-2598. https://doi.org/10.53625/jcijurnalcakrawalailmiah.v1i10.2590
Jesica, L., Witri, G., & Lazim, L. (2019). Hubungan Pengelolaan Kelas dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Se-Gugus I Kecamatan Marpoyan Damai Pekanbaru. Jurnal Pajar (Pendidikan dan Pengajaran), 3(1), 87-92. http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v3i1.6309
Kunter, M., Baumert, J., & Köller, O. (2007). Effective Classroom Management and The Development Of Subject-Related Interest. Learning and Instruction, 17(5), 494-509. https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2007.09.002
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.
Mahmudah. (2018). Pengelolaan kelas: Upaya Mengukur Keberhasilan Proses Pembelajaran. Jurnal Kependidikan, 6(1), 53–70. https://doi.org/10.24090/jk.v6i1.1696
Malikha, Z., & Amir, M. F. (2018). Analisis Miskonsepsi Siswa Kelas VB MIN Buduran Sidoarjo pada Materi Pecahan Ditinjau dari Kemampuan Matematika. Pi: Mathematics Education Journal, 1(2), 75-81. https://doi.org/10.21067/pmej.v1i2.2329
Mashari, A., Tohir, A., & Farhana, H. (2019). Peran Guru dalam Mengelola Kelas. Ahsanta Jurnal Pendidikan, 5(3), 99-108. https://doi.org/10.2503/ajp.v5i3.33
Maylitha, E., Parameswara, M. C., Iskandar, M. F., Nurdiansyah, M. F., Hikmah, S. N., & Prihantini. (2023). Peran Keterampilan Mengelola Kelas dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Journal on Education, 5(2), 2184-2194. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.871
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2020). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. London: Sage Publication.
Mufidah, Anggraini, & Awuy, E. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas VII E SMP Negeri 2 Palembang. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 6(1), 43-56. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v19i1.4996
Mukminin, M. N., Amelia, R. P., Haq, R. F., & Rofiki, I. (2023). Profil Pengajaran Guru Matematika Terhadap Kemampuan Pengelolaan Kelas Berbasis Rencana Kegiatan Belajar Mengajar (RKBM) pada Materi Pertidaksamaan Rasional. Jurnal Tadris Matematika, 6(2), 291-310. https://doi.org/10.21274/jtm.2023.6.2.291-310
Ningrum, D. E. A. F., Saefi, M., Nurrohman, E., & Rofiki, I. (2022). Evaluation on Lesson Plans of Elementary Pre-Service Teachers Fostering HOTs Within Shulman’s Framework. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 10(1), 159-174. http://dx.doi.org/10.21043/elementary.v10i1.14461
Nisa, A., MZ, Z. A., & Vebrianto, R. (2021). Problematika Pembelajaran Matematika di SD Muhammadiyah Kampa Full Day School. El-Ibtidaiy: Journal of Primary Education, 4(1), 95-105. https://doi.org/10.24014/ejpe.v4i1.11655
Nisa, Z., Pramasdyahsari, A.S., Dwijayanti, I., & Saputro, S.A. (2023). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Satuan Berat pada Peserta Didik Kelas 2B SDN Pandean Lamper 03 Semarang. Cakrawala Jurnal Ilmiah Bidang Sains. https://doi.org/10.28989/cakrawala.v1i2.1673
Parnata, I., Maharani, L. P., Hidayat, L., Pramudia, T. E., & Rofiki, I. (2023). Profil Pengajaran Guru Matematika Berdasarkan Kemampuan Pengelolaan Kelas di Sekolah Menengah Pertama. Suska Journal of Mathematics Education, 9(1), 1–14. http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v9i1.19986
Poole, I , Evertson, C , & the IRIS Center (2019) Effective Room Arrangement: Elementary. Retrieved from https://iris peabody vanderbilt edu/wp-content/uploads/pdf_case_studies/ics_ effrmarr_elementary pdf
Resky, M., Wahab, A., & Buhaerah, B. (2022). Analisis Kesalahan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Kuadrat pada Siswa Kelas IX UPTD SMP Negeri 4 ParePare. Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika, 5(2), 45-56. https://doi.org/10.29300/equation.v5i2.7126
Razak, I. A., Suking, A., & Higa, R. (2023). Pengelolaan Kelas Efektif dalam Pembelajaran. Jambura Journal of Educational Management, 4(2), 343-354. https://doi.org/10.37411/jjem.v4i2.2691
Rofiki, I., Nusantara, T., Subanji, & Chandra, T. D. (2017). Exploring Local Plausible Reasoning: The Case of Inequality Tasks. Journal of Physics: Conference Series, 943(1), Article 012002. https://doi.org/10.1088/1742-6596/943/1/012002
Sandoval, I., García-Campos, M., & Sosa, L. (2022). Providing Support and Examples for Teaching Linear Equations in Secondary School: The Role of Knowledge of Mathematics Teaching. International Journal of Science and Mathematics Education, 21(4), 1265-1287. https://doi.org/10.1007/s10763-022-10283-5.
Sekreter, G. (2018). The Classroom Management Strategies for The Efficiency of Mathematics Teaching-Learning Process: Everything You Need. International Journal of Social Sciences & Educational Studies, 5(1), 85-95.
Setiasih, T. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Persamaan Kuadrat Melalui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri di Kelas IX G SPF SMP Negeri 1 Jalancagak. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 4(3), 600–612.
Supardi. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Persamaan dan Fungsi Kuadrat Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di Kelas XI TIA SMKN 2 Bogor. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 3(1), 22–29. https://doi.org/10.32832/jpg.v3i1.6600
Tarihoran, N. M., & Cendana, W. (2020). Upaya Guru dalam Adaptasi Manajemen Kelas untuk Efektivitas Pembelajaran Daring. Jurnal Perseda, 3(3), 134–140. https://doi.org/https://doi.org/10.37150/perseda.v3i3.1010
van Dijk, W., Gage, N. A., & Grasley‐Boy, N. (2019). The Relation Between Classroom Management and Mathematics Achievement: A Multilevel Structural Equation Model. Psychology in the Schools, 56(7), 1173-1186. https://doi.org/10.1002/pits.22254
Youngs, P., Elreda, L. M., Anagnostopoulos, D., Cohen, J., Drake, C., & Konstantopoulos, S. (2022). The Development of Ambitious Instruction: How Beginning Elementary Teachers’ Preparation Experiences are Associated with Their Mathematics and English Language Arts Instructional Practices. Teaching and Teacher Education, 110, Article 103576. https://doi.org/10.1016/j.tate.2021.103576
Zhou, J., Bao, J., & He, R. (2023). Characteristics of Good Mathematics Teaching in China: Findings from Classroom Observations. International Journal of Science and Mathematics Education, 21(4), 1177-1196. https://doi.org/10.1007/s10763-022-10291-5
Zhu, Y., & Kaiser, G. (2022). Impacts of Classroom Teaching Practices on Students’ Mathematics Learning Interest, Mathematics Self-Efficacy and Mathematics Test Achievements: A Secondary Analysis of Shanghai Data from The International Video Study Global Teaching Insights. ZDM–Mathematics Education, 54(3), 581-593. https://doi.org/10.1007/s11858-022-01343-9
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v7i4.31925
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Indexed by: