Pemecahan Masalah Matematis Siswa berdasarkan Self-Confidence melalui Penerapan Model Discovery Learning

Ririn Fatmawati, Zulkifli Nelson

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fakta yang menunjukkan masih rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau dari self-confidence. Penelitian ini merupakan penelitian ekaperimen dengan desain penelitiannya yaitu Factorial Experiment. Teknik sampling yang digunakan adalah Cluster Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIII SMP Negeri 45 Pekanbaru, dengan kelas VIII.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, angket, observasi, dengan instrumen pengumpulan data berupa soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis, angket self-confidence dan lembar observasi. Analisis data yang digunakan peneliti yaitu uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model discovery learning dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. 2) Tardapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memiliki self-confidence tinggi, sedang dan rendah. 3) Tidak terdapat pengaruh interaksi penerapan model pembelajaran dan self-confidence terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Dengan demikian, secara umum dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran discovery learning berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau dari self-confidence SMP Negeri 45 Pekanbaru.


Full Text:

PDF

References


Anizzulfa, N., Saleh, H., & Safitri, P. T. (2023). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Kelas VII. Pedagogy, 8(2), 219–227. https://doi.org/https://doi.org/10.30605/pedagogy.v8i2.3112

Ariawan, R., & Nufus, H. (2017). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Theorems (The Original Research of Mathematics), 1(2), 82–91.

Azzahra, R. H., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Transformasi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 4(1), 153–162. https://doi.org/https://doi.org/10.36526/tr.v4i1.876

Badriah, D., Sutirna, & Sopiany, H. N. (2023). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning dan Hubungannya dengan Self Confidence. Jurnal Didactical Mathematics, 5(2), 502–514.

Chotima, M. C., Hartono, Y., & Kesumawati, N. (2019). Pengaruh Reciprocal Teaching terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis ditinjau dari Self-Efficacy Siswa. Phytagoras, 14(1), 71–79. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/pg.v14i1.22375

Denati, N. P., Fitriani, N., & Pratiwi, C. M. (2022). Model Pembelajaran Discovery Larning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas IXE Bhakti Mulya Batuajar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(5), 1484–1494. https://doi.org/https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i5.1485-1494

Dini, M., Wijaya, T. T., & Sugandi, A. I. (2018). Pengaruh Self Confidence terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP. Jurnal Silogisme: Kajian Ilmu Matematika dan Pembelajarannya, 3(1), 1–7.

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2018). Hard Skills and Soft Skills Matematik Siswa. Refika Aditama.

Hidayat, W., & Ayudia, D. B. (2019). Kecemasan Matematik dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 205–214.

Hosnan. (2014). Pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Islamiah, N., Purwaningsih, W. E., Akbar, P., & Bernard, M. (2018). Analisis Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Confidence Siswa SMP. Journal on Education, 1(1), 47–57. https://doi.org/10.31004/joe.v1i1.10

Jana, P., & Fahmawati, A. A. N. (2020). Model Discovery Learning untuk Meningkat Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 213–220. https://doi.org/https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2157

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2022). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Meisura, A., Risnawati, & Mz, Z. A. (2019). Pengaruh Penerapan Strategi Metakognitif terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa. ANARGYA:Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1), 14–20.

Nufus, H., Wira, C., & Kurniati, A. (2019). Pengaruh Penerapan Model Learning Cycle 7E terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis ditinjau berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa SMPN 31 Pekanbaru. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(3), 199–210. https://doi.org/10.24014/juring.v2i3.7730

Nugraha, A., & Zhanty, L. S. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah siswa SMA pada Materi Sistem Persamaan Linear. Journal on Education, 1(2), 179–187.

Nurdiana, A. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika pada Siswa Kelas X IPA. Epsilon (Jurnal Pendidikan Matematika STKIP-PGRI Bandar Lampung), 1(2), 9–14.

Nurhasanah, D. E., Kania, N., & Sunendar, A. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Siswa SMP. Jurnal Didactical Mathematics, 1(1), 21–32.

OECD. (2023). PISA 2022 Results (Volume I): The State of Learning and Equity in Education. Paris: PISA-OECD Publishing.

Sawitri, E. R. (2022). Model Discovery Learning Berbantuan Komik untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar. Jawa Timur: Uwais Inspirasi Indonesia.

Sopian. (2022). Self Confidence dalam Perspektif Pendidikan Agama Islam. Malang: Literasi Nusantara Abadi.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Diambil dari https://inlislite.uin-suska.ac.id/opac/detail-opac?id=20670

Suprijono, A. (2012). Coorperative Learning : Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Tohang, V., Kesumawati, N., & Jumroh. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis berdasarkan Self Confidence Siswa. Jurnal Cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 3192–3202. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2771

Widoyoko, E. P. (2016). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v7i4.31907

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter