Hubungan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kepercayaan Diri Siswa Sekolah Menengah Kejuruan pada Materi Statistika
Emil Yasid Ilyas, Atma Murni, Yenita Roza
Abstract
Pembelajaran aktif membutuhkan siswa yang dapat berkomunikasi dengan baik. Kunci dari komunikasi adalah ekspresi pernyataan yang tepat. Salah satu sikap yang dapat membuka ekspresi ini adalah kepercayaan diri. Penelitian bertujuan untuk menganalisis hubungan antara kemampuan matematis siswa dan kepercayaan diri siswa sekolah menengah kejuruan. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain korelasional. Data kemampuan komunikasi matematis siswa dikumpulkan dengan instrumen tes, sedangkan data kepercayaan diri siswa dikumpulkan dengan instrumen angket. Teknik analisis data menggunakan uji hipotesis asosiatif dengan uji korelasi bivariat. Hasil penelitian menyatakan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan komunikasi matematis dan kepercayaan diri siswa sekolah menengah kejuruan dengan skor signifikansi 0.000 yang kurang dari 0.050 dan koefisien korelasi adalah 0.720.