Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berdasarkan Problem-Based Learning (PBL) yang Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman Pada Materi Bilangan Siswa Kelas VII SMPN 6 Siak Hulu

Della Angelina, Zetriuslita Zetriuslita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)  berdasarkan Problem-Based Learning (PBL) yang terintegrasi nilai-nilai keislaman pada materi Bilangan kelas VII SMPN 6 Siak Hulu yang teruji kevalidan dan kepraktisannya. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE yang terdiri atas tahapan-tahapan Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi dan angket respon siswa. Instrumen penelitian menggunakan lembar validasi, angket respon peserta didik dan angket respon guru serta soal tes. teknik pengumpulan data menggunakan skala Likert. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis kuantitatif untuk mengetahui kevalidan, kepraktisanPerangkat pembelajaran berupa RPP dan LKPD divalidasi oleh dua orang dosen FKIP Matematika UIR dan dua orang guru matematika SMPN 6 Siak Hulu. Teknik pengumpulan data dengan memberikan RPP dan LKPD untuk divalidasi oleh validator dengan menggunakan lembar validasi dan lembar angket respon  untuk menguji kepraktisan  LKPD . Hasil analisis data yang diperoleh dari validasi kemudian dianalisis. Sehingga diperoleh hasil validasi RPP setiap aspek yang dinilai dan RPP keseluruhan tiap pertemuan memiliki rata-rata sebesar 100% (sangat valid),  83,33% (cukup valid), 81,25% (cukup valid), 82,81% (cukup valid), 79,17% (cukup valid)  dan 75,% (cukup valid).  Dan untuk hasil validasi LKPD dari segi tiap aspek yang dinilai dan LKPD keseluruhan tiap pertemuan memiliki rata-rata sebesar  94,79% (sangat valid) , 80,21% (cukup valid) dan 86.81% (cukup valid). Kemudian hasil analisis angket respon siswa memperoleh persentase sebesar 87,22% dan termasuk pada kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa pengembangan perangkat pembelajaran matematika berdasarkan Problem-Based Learning (PBL) yang terintegrasi nilai-nilai keislaman pada materi bilangan siswa kelas VII SMPN 6 siak hulu telah teruji kevalidan dan kepraktisannya. Sehingga perangkat pembelajaran yang dihasilkan dapat digunakan.

Full Text:

PDF

References


Agustina, A. E. (2014). Logika Matematika dalam Alqur’an Surat Ibrahim yang Terintegrasi Nilai-Nilai Kehidupan. Institut Agama Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Akbar, S. (2015). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Amin, R. M., Yusof, S. A., & Haneef, M. A. (2007). The Effectiveness of an Integrated Curriculum : The Case of the International Islamic University Malaysia. International Conference on Islamic Economics and Finance, 1–20.

Aminah, N., Sri, S., & Rasyid, M. R. (2022). Bahan Ajar Matematika Terintegrasi Islam Terhadap Peserta Didik Kelas X SMK Negeri 1 Tinambung di Kabupaten Polewali Mandar. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar, 110–124.

Irwanti, H. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berdasarkan Model Problem-based Learning Berorientasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 (Universitas Islam Riau). Universitas Islam Riau.

Kurniati, A. (2015). Mengenalkan Matematika Terintegrasi Islam Kepada Anak Sejak Dini. Suska Journal of Mathematics Education, 1(1), 1. https://doi.org/10.24014/sjme.v1i1.1326

Marlina, E., & Ruhiat, D. (2018). Penerapan Sub Pokok Fungsi Pada Matematika Ekonomi Terhadap Fungsi Permintaan dan Fungsi Penawaran. Akurat: Jurnal Ilmiah Akuntansi FE Unibba, 9(2), 90–96.

Nurcahyani, D. (2012). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Pada Pokok Bahasan Persegi Dan Persegi Panjang Melalui Metode Conceptual Understanding Procedures (Cups) (Universitas Muhammadiyah Surakarta). Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Nurhamdiah, N., Maimunah, M., & Roza, Y. (2020). Praktikalitas Bahan Ajar Matematika Terintegrasi Nilai Islam Menggunakan Pendekatan Saintifik untuk Pengembangan Karakter Peserta Didik. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 193–201. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.170

Nurkholis. (2013). Pendidikan dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan, 1(1), 24–44. https://doi.org/10.24090/jk.v1i1.530

Pertiwi, E. D., Khabibah, S., & Budiarto, M. T. (2020). Komunikasi Matematika dalam Pemecahan Masalah. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 202–211. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.151

Putri, D. A., Fitraini, D., & Revita, R. (2019). Pengembangan Modul Matematika berbasis REACT untuk Memfasilitasi Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMA. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(4), 345–356. https://doi.org/10.24014/juring.v2i4.8816

Riduwan. (2015). Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Salafudin, S. (2015). Pembelajaran Matematika yang Bermuatan Nilai Islam. Jurnal Tarbiyah STAIN Pekalongan, 12(2), 223–243. https://doi.org/10.28918/jupe.v12i2.651

Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susiana, E. (2011). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Strategi IDEAL Problem Solving Berbantuan Puzzquare Materi Luas Daerah Segiempat Kelas VII. Kreano - Jurnal Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang, 2(2), 105–119. https://doi.org/10.15294/kreano.v2i2.2620

Syafitri, I., Murni, A., Syarifah, & Siregar, N. (2023). Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 6(1), 063–072. https://doi.org/10.24014/juring.v6i1.17403

Trianto. (2007). Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivik Konsep: Landasan teoritis-praktis dan Implementasinya. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Wati, D. K., Saragih, S., & Murni, A. (2022). Kevalidan dan Kepraktisan Bahan Ajar Matematika Berbantuan FlipHtml5 untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas VIII SMP/MTs pada Materi Koordinat Kartesius. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 5(3), 177–188. https://doi.org/10.24014/juring.v5i3.17424

Yuniati, S. (2018). Perangkat Pembelajaran Matematika Terintegrasi Karakter-Keislaman Melalui Pendekatan Kontekstual di Propinsi Riau. MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 6(1), 104–118. https://doi.org/10.24252/mapan.2018v6n1a10




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v7i2.29637

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter