Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik Berbasis Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Media Live Worksheet pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA

Ismail Mulia Hasibuan, Ivo Rahmi Wulandari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik berbasis Problem Based Learning (PBL) menggunakan Media Live Worksheet yang valid, praktis, dan efektif dalam memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilakukan di SMA Taruna Pekanbaru. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data berupa angket, wawancara, dan tes. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan kualitas E-LKPD yang dikembangkan tergolong dalam kategori sangat valid, dengan validitas 92,5% dan sangat praktis, dengan praktikalitas 86,23%. Sedangkan untuk tingkat efektifitas nilai  sebesar 2,539 dan nilai  pada taraf signifikan 5% sebesar 1,997 maka  atau 1,997, sehingga  diterima dan  ditolak. Artinya terdapat perbedaan yang siginifikan pada kemampuan pemecahan masalah matematis antara peserta didik kelas eksperimen dan peserta didik kelas kontrol. Hal tersebut menunjukkan bahwa E-LKPD berbasis Problem Based Learning (PBL) menggunakan Media Live Worksheet yang dikembangkan ini telah valid, praktis, dan efektif.

Full Text:

PDF

References


Adhalia, D., & Susianna, N. (2021). Keterampilan Pemecahan Masalah, Berpikir Kreatif, Dan Penalaran Pada Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Visual [Problem Solving, Creative Thinking, and Reasoning Skills in Learning Mathematics Using Visual Learning Media]. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 17(1), 101. https://doi.org/10.19166/pji.v17i1.2636

Aditama, H. S., Zainuddin, M., & Bintartik, L. (2019). Pengembangan lkpd berbasis hots pada pembelajaran matematika materi volume bangun ruang kelas V SDN sentul 1. Wahana Sekolah Dasar, 27(2), 66–72. https://doi.org/https://doi.org/10.17977/wsd.v27i2.3147

Amam, A. (2017). Penilaian Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp. Teorema, 2(1), 39. https://doi.org/10.25157/.v2i1.765

Amir, Z., & Risnawati. (2015). Psikologi Pembelajaran Matematika. Aswaja Pressindo.

Farida, G., Engol, S., Tindangen, M., & Yulliono, Y. (2024). Respon Peserta Didik terhadap Penggunaan E-LKPD Liveworksheets pada Materi Transformasi Geometri. Jurnal Inovasi Refleksi Profesi Guru, 1(1), 8–14. https://doi.org/10.30872/jirpg.v1i1.3320

Fauzi, A., Rahmatih, A. N., Indraswati, D., & Sobri, M. (2021). Penggunaan Situs Liveworksheets untuk Mengembangkan LKPD Interaktif di Sekolah Dasar. Mitra Mahajana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 232–240. https://doi.org/10.37478/mahajana.v2i3.1277

Hardani, Andriani, H., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Istiqomah, R. R., Asri, R., Sukma, D. J., & Auliya, N. H. (2020). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. CV. Pustaka Ilmu.

Husna, N. H., Marzal, J., & Yantoro. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. 11(3), 2085–2095. https://doi.org/: https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.4914

Indriani, S., Nuryadi, N., & Marhaeni, N. H. (2022). Respon Peserta Didik terhadap E-LKPD Berbantuan Liveworksheets sebagai Bahan Ajar Segitiga dan Segiempat. Journal on …, 3, 315–323. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jote.v3i2.3962

Khikmiyah, F. (2020). Implementasi Web Live Worksheet Berbasis Problem Based Learning dalam Pembelajaran Matematika. Pedagogy, 6(1), 1–12. https://doi.org/https://doi.org/10.30605/pedagogy.v6i1.1193

Kurnia, S. E., & Assidik, G. K. (2025). Pengembangan E-LKPD Berbasis Liveworksheets pada Kemampuan Menulis Teks Iklan Siswa SMP. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 5(4), 6. https://doi.org/10.17977/um065.v5.i4.2025.6

Layali, N. K., & Masri, M. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Model Treffinger di SMA. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 137–144. https://doi.org/10.33369/JPMR.V5I2.11448

Lukman, H. S., Setiani, A., & Agustiani, N. (2023). Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Teori Krulik dan Rudnick: Analisis Validitas Konten. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 326–339. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1761

Oktaviana, D. V., Syafrimen, S., & Putra, R. W. Y. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas IX MTs dalam Menyelesaikan Soal Model Pisa pada Konten Perubahan dan Hubungan. JES-MAT (Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika), 4(1), 47. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v4i1.909

Prastika, Y., & Masniladevi. (2021). Pengembangan E-LKPD Interaktif Segi Banyak Beraturan dan Tidak Beraturan Berbasis Liveworksheets terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 2601–2614.

Pribadi, B. A. (2009). Model Desain Sistem Pembelajaran. Dian rakyat.

Putri, D., & Warmi, A. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pisa Matematika Pada Konten Bilangan. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 15(1), 138. https://doi.org/10.30870/jppm.v15i1.14102

Rachmadyanti, P., Gunansyah, G., Hariyati, D. P., Istianah, F., & Mulyani, M. (2023). Pelatihan Pembuatan LKPD Interaktif dengan Liveworksheets bagi Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Magetan Jawa Timur. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 543. https://doi.org/10.20527/btjpm.v5i1.7495

Riduwan, Husdarta, J. S., Rusyana, A., & Enas. (2016). Skala pengukuran variabel-variabel penelitian (III). Alfabeta.

Subaidah. (2020). Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika Kelas X IPS SMA Wijaya Putra Surabaya pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel dengan Teori Polya. Ed-Humanistics : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 674–680. https://doi.org/10.33752/ED-HUMANISTICS.V5I1.710

Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Sutopo (ed.); 2nd ed.). Alfabeta.

Supriatna, A. R., Siregar, R., & Nurrahma, H. D. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning pada Muatan Pelajaran Matematika pada Website Liveworksheets di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4025–4035. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2844

Utami, M., Refianti, R., & Luthfiana, M. (2024). Sytematic Literature Review : E-Lkpd Berbantuan Liveworksheets Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 9(1), 97–109. https://doi.org/10.23969/symmetry.v9i1.15859

Zhalila, Z., Rusdi, R., Aniswita, A., & Medika, G. H. (2024). Pengembangan Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik (E-LKPD) Berbantuan Liveworksheets untuk Memfasilitasi Pencapaian Minat Belajar Matematika Peserta Didik di Kelas VII SMPN 3 Ampek Angkek. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 2424–2437. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i3.3624




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v8i3.28778

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter