Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik Berbasis Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Media Live Worksheet pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Adhalia, D., & Susianna, N. (2021). Keterampilan Pemecahan Masalah, Berpikir Kreatif, Dan Penalaran Pada Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Visual [Problem Solving, Creative Thinking, and Reasoning Skills in Learning Mathematics Using Visual Learning Media]. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 17(1), 101. https://doi.org/10.19166/pji.v17i1.2636
Aditama, H. S., Zainuddin, M., & Bintartik, L. (2019). Pengembangan lkpd berbasis hots pada pembelajaran matematika materi volume bangun ruang kelas V SDN sentul 1. Wahana Sekolah Dasar, 27(2), 66–72. https://doi.org/https://doi.org/10.17977/wsd.v27i2.3147
Amam, A. (2017). Penilaian Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp. Teorema, 2(1), 39. https://doi.org/10.25157/.v2i1.765
Amir, Z., & Risnawati. (2015). Psikologi Pembelajaran Matematika. Aswaja Pressindo.
Farida, G., Engol, S., Tindangen, M., & Yulliono, Y. (2024). Respon Peserta Didik terhadap Penggunaan E-LKPD Liveworksheets pada Materi Transformasi Geometri. Jurnal Inovasi Refleksi Profesi Guru, 1(1), 8–14. https://doi.org/10.30872/jirpg.v1i1.3320
Fauzi, A., Rahmatih, A. N., Indraswati, D., & Sobri, M. (2021). Penggunaan Situs Liveworksheets untuk Mengembangkan LKPD Interaktif di Sekolah Dasar. Mitra Mahajana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 232–240. https://doi.org/10.37478/mahajana.v2i3.1277
Hardani, Andriani, H., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Istiqomah, R. R., Asri, R., Sukma, D. J., & Auliya, N. H. (2020). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. CV. Pustaka Ilmu.
Husna, N. H., Marzal, J., & Yantoro. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. 11(3), 2085–2095. https://doi.org/: https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.4914
Indriani, S., Nuryadi, N., & Marhaeni, N. H. (2022). Respon Peserta Didik terhadap E-LKPD Berbantuan Liveworksheets sebagai Bahan Ajar Segitiga dan Segiempat. Journal on …, 3, 315–323. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jote.v3i2.3962
Khikmiyah, F. (2020). Implementasi Web Live Worksheet Berbasis Problem Based Learning dalam Pembelajaran Matematika. Pedagogy, 6(1), 1–12. https://doi.org/https://doi.org/10.30605/pedagogy.v6i1.1193
Kurnia, S. E., & Assidik, G. K. (2025). Pengembangan E-LKPD Berbasis Liveworksheets pada Kemampuan Menulis Teks Iklan Siswa SMP. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 5(4), 6. https://doi.org/10.17977/um065.v5.i4.2025.6
Layali, N. K., & Masri, M. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Model Treffinger di SMA. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 137–144. https://doi.org/10.33369/JPMR.V5I2.11448
Lukman, H. S., Setiani, A., & Agustiani, N. (2023). Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Teori Krulik dan Rudnick: Analisis Validitas Konten. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 326–339. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1761
Oktaviana, D. V., Syafrimen, S., & Putra, R. W. Y. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas IX MTs dalam Menyelesaikan Soal Model Pisa pada Konten Perubahan dan Hubungan. JES-MAT (Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika), 4(1), 47. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v4i1.909
Prastika, Y., & Masniladevi. (2021). Pengembangan E-LKPD Interaktif Segi Banyak Beraturan dan Tidak Beraturan Berbasis Liveworksheets terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 2601–2614.
Pribadi, B. A. (2009). Model Desain Sistem Pembelajaran. Dian rakyat.
Putri, D., & Warmi, A. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pisa Matematika Pada Konten Bilangan. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 15(1), 138. https://doi.org/10.30870/jppm.v15i1.14102
Rachmadyanti, P., Gunansyah, G., Hariyati, D. P., Istianah, F., & Mulyani, M. (2023). Pelatihan Pembuatan LKPD Interaktif dengan Liveworksheets bagi Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Magetan Jawa Timur. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 543. https://doi.org/10.20527/btjpm.v5i1.7495
Riduwan, Husdarta, J. S., Rusyana, A., & Enas. (2016). Skala pengukuran variabel-variabel penelitian (III). Alfabeta.
Subaidah. (2020). Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika Kelas X IPS SMA Wijaya Putra Surabaya pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel dengan Teori Polya. Ed-Humanistics : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 674–680. https://doi.org/10.33752/ED-HUMANISTICS.V5I1.710
Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Sutopo (ed.); 2nd ed.). Alfabeta.
Supriatna, A. R., Siregar, R., & Nurrahma, H. D. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning pada Muatan Pelajaran Matematika pada Website Liveworksheets di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4025–4035. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2844
Utami, M., Refianti, R., & Luthfiana, M. (2024). Sytematic Literature Review : E-Lkpd Berbantuan Liveworksheets Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 9(1), 97–109. https://doi.org/10.23969/symmetry.v9i1.15859
Zhalila, Z., Rusdi, R., Aniswita, A., & Medika, G. H. (2024). Pengembangan Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik (E-LKPD) Berbantuan Liveworksheets untuk Memfasilitasi Pencapaian Minat Belajar Matematika Peserta Didik di Kelas VII SMPN 3 Ampek Angkek. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 2424–2437. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i3.3624
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v8i3.28778
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Indexed by:







