Kepraktisan Bahan Ajar Persamaan Diferensial Biasa Berbasis Wankat and Oreovocz Problem Solving Strategies ditinjau Berdasarkan Gaya Kognitif.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kepraktisan bahan ajar persamaan diferensial biasa berbasis Wankat and Oreovocz Problem Solving Strategies yang ditinjau berdasarkan gaya kognitif. Penelitian ini dilakukan di Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Islam Riau pada semester genap 2023/2024. Mahasiswa semester 5 yang berjumlah sebanyak 47 orang. Penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dipilih untuk mewujudkan tujuan penelitian tersebut. Lembar GEFT dan lembar praktikalitas bahan ajar digunakan untuk mendapatkan data dalam penelitian ini. Data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa persentase praktikalitas bahan ajar menurut gaya kognitif field dependent lebih besar (98%) dibandingkan dengan persentase praktikalitas bahan ajar menurut gaya kognitif field independent. (97%). Persentase pada setiap aspek praktikalitas (tampilan bahan ajar, penyajian materi, pembelajaran, dan manfaat bahan ajar) menurut gaya kognitif field dependent lebih besar (98%, 94%, 97% dan 91%) dibandingkan dengan persentase pada setiap aspek praktikalitas (tampilan bahan ajar, penyajian materi, pembelajaran, dan manfaat bahan ajar) menurut gaya kognitif field independent (97%, 91%, 94%, 85%).
Full Text:
PDFReferences
Agustyaningrum, N., & Gusmania, Y. (2017). Praktikalitas Dan Keefektifan Modul Geometri Analitik Ruang Berbasis Konstruktivisme. Jurnal Dimensi, 6(3), 412–420. https://doi.org/10.33373/dms.v6i3.1075
Arfinanti, N. (2020). Bahan ajar persamaan diferensial berbasis higher order thinking skills. Jurnal Analisa, 6(1), 10–18. https://doi.org/10.15575/ja.v6i1.7782
Ariawan, R., & Zetriuslita, Z. (2021). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Mahasiswa ditinjau dari Gaya Kognitif (Studi Kasus pada Mata Kuliah Persamaan Differensial). Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1410–1426.
Armis, A., & Syofni, S. (2020). Pengembangan Lembar Aktivitas Mahasiswa Berbasis Discovery Learning Topik Persamaan Diferensial Ordo Satu. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(2), 201. https://doi.org/10.24014/juring.v3i2.9417
Asyhar, B., & Asmarani, D. (2016). Mengatasi Kesulitan Mahasiswa Tentang Materi Persamaan Diferensial Menggunakan Bimbingan Belajar Individual (Face To Face Relationship) Berbantuan Program Maple. JPM : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 23. https://doi.org/10.33474/jpm.v2i1.203
Hamdi, A. S., & Bahruddin, E. (2015). Metode penelitian kuantitatif aplikasi dalam pendidikan. Deepublish.
Hamdunah. (2015). Praktikalitas Pengembangan Modul Kontruktivisme Dan Website Pada Materi. Lemma, II(1), 35–42.
Harisman, Y. (2016). Validitas Dan Praktikalitas Modul Untuk Materi Fungsi Pembangkit Pada Perkuliahan Matematika Diskrit Di Stkip Pgri Sumatera Barat. AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika Dan Matematika Terapan, 4(2). https://doi.org/10.12928/admathedu.v4i2.4801
Hasanuddin, H., & Granita, G. (2022). Evaluasi Rencana Pembelajaran Semester: Studi Kasus pada Mata Kuliah Kalkulus dan Persamaan Diferensial. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 5(3), 237. https://doi.org/10.24014/juring.v5i3.19401
Hermawan, I. (2019). Metodologi penelitian pendidikan (kualitatif, kuantitatif dan mixed method). Hidayatul Quran.
Husna, A., & Hasibuan, N. H. (2018). Praktikalitas Dan Keefektifan Modul Kalkulus 2 Berbasis Probing Prompting. EDUMATICA | Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 1–8. https://doi.org/10.22437/edumatica.v8i2.5539
Isharyadi, R., & Ario, M. (2019). Praktikalitas dan Efektivitas Modul Geometri Transformasi Berbantuan Geogebra bagi Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Absis : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 1(2), 86–93. https://doi.org/10.30606/absis.v1i2.93
Khodadady, E., & Tafaghodi, A. (2013). Cognitive Styles and Fluid Intelligence: Are They Related? Journal of Studies in Social Sciences, 3(2), 138–150.
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian pendidikan matematika. Bandung: PT Refika Aditama, 2(3).
Linuhung, N. (2014). Pengaruh strategi pemecahan masalah. Aksioma, 3(2), 35–42. nego_mtk@yahoo.co.id
Linuhung, N. (2015). Penerapan Strategi Pemecahan Masalah Wankat-Oreovocz Dalam Peningkatan Literasi Matematis Siswa Smp Ditinjau Dari Pengetahuan Awal Matematis (Pam) Siswa. AKSIOMA Journal of Mathematics Education, 4(1), 53–58. https://doi.org/10.24127/ajpm.v4i1.127
Maskar, S., & Dewi, P. S. (2020). Praktikalitas dan Efektifitas Bahan Ajar Kalkulus Berbasis Daring Berbantuan Geogebra. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 888–899. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.326
Merlina, M., & Syafri, F. S. (2021). Praktikalitas Modul Dengan Model Icare Terinternalisasi Nilai-Nilai Islam Pada Materi Aljabar. Jurnal Equation: Teori Dan Penelitian Pendidikan Matematika, 4(2), 63. https://doi.org/10.29300/equation.v4i2.5276
Muhammad, T., Daniel, E. G. S., & Abdurauf, R. . (2015). Cognitive Styles Field Dependence/Independence and Scientific Achievement of Male and Female Students of Zamfara State College of Education Maru, Nigeria. Journal of Education and Practice, 6(10), 58–63. www.iiste.org
Murtafiah, W. (2017). Profil Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa dalam Mengajukan Masalah Persamaan Diferensial. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 5(2), 73. https://doi.org/10.25273/jipm.v5i2.1170
Ningsih, Y. L., & Jayanti. (2016). Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Penerapan Model Blended Learning Pada Mata Kuliah Persamaan Diferensial Parsial. RAFA: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 1–11. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jpmrafa/article/view/1237
Ningsih, Y. L., & Rohana, R. (2018). Pemahaman Mahasiswa Terhadap Persamaan Diferensial Biasa Berdasarkan Teori Apos. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 11(1). https://doi.org/10.30870/jppm.v11i1.2995
Nufus, H., & Ariawan, R. (2019). Relationship between Cognitive Style and Habits of Mind. Malikussaleh Journal of Mathematics Learning (MJML), 2(1), 23. https://doi.org/10.29103/mjml.v2i1.756
Nugraha, A. M., & Nurullaeli, N. (2023). Graphical User Intrface (Gui) Matlab Untuk Penyelesaian Persamaan Diferensial Biasa Orde Satu. Semnas Ristek (Seminar Nasional Riset Dan Inovasi Teknologi), 7(1), 182–185. https://doi.org/10.30998/semnasristek.v7i1.6269
Nur, A. S., & Palobo, M. (2018). Profil kemampuan pemecahan masalah matematika siswa ditinjau dari perbedaan gaya kognitif dan gender. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(2), 139–148.
Octavia, A., & Khotimah, R. P. (2016). Analisis Kesulitan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Persamaan Differensial Tingkat Satu. Konferensi Nasional Penelitian Matematika Dan Pembelajarannya (KNPMP I), 1, 99–108. http://hdl.handle.net/11617/6946
Oktavinora, R. (2022). PERSAMAAN DIFERENSIAL BERBASIS SOFTWARE FLIPBOOK. 7(2), 132–138.
Pratiwi, R. W. (2020). PRAKTIKALITAS MODUL STATISTIK MATEMATIKA I BERBASIS KONSTRUKTIVISME PADA MATERI PEUBAH ACAK DI UMMY SOLOK. THEOREMS (THE JOuRnal of MathEMatics), 5(2), 177–183. http://ojs.fkipummy.ac.id/index.php/theorems/article/view/542%0Ahttps://ojs.fkipummy.ac.id/index.php/theorems/article/download/542/350
Rahma, N. A. (2022). Student ’ s Ability in Solving Mathematical Problems Based on Wankat - Oreovocz Theory Reviewed from Mathematical Logical Intelligence. International Conference on Islam, Law, and Society (INCOILS).
Rahmi, Angraini, V., & Melisa. (2014). Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa Berbasis Problem Based Learning Pada Perkuliahan. Prosiding Seminar Nasional Sains Dan Pendidikan Sains IX, 5(1), 866.
Ramlah, J. (2014). Relationship between Students’ Cognitive Style (Field-Dependent and Field-Independent Cognitive Styles) with their Mathematic Achievement in Primary School. International Journal of Humanities Social Sciences and Education (IJHSSE), 1(10), 2349. www.arcjournals.org
Rifandi, R., Ahmad, D., & Gusteti, M. U. (2020). Praktikalitas Media Video Tutorial sebagai Suplemen Digital Learning pada Mata Kuliah Persamaan Diferensial Biasa. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 4(1), 27. https://doi.org/10.24036/jep/vol4-iss1/436
Rodliyah, I., & Sa’adah, N. (2021). Efektifitas Platform Zoom Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Persamaan Differensial Biasa Selama Pandemi Covid-19. Sigma, 7(1), 40. https://doi.org/10.36513/sigma.v7i1.1223
Rofiroh, R., & Fardillah, F. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa Problem Based Learning Pada Pokok Bahasan Persamaan Differensial Untuk Mahasiswa Teknik. JURNAL SILOGISME : Kajian Ilmu Matematika Dan Pembelajarannya, 5(2), 102. https://doi.org/10.24269/silogisme.v5i2.3051
Roliza, E., Ramadhona, R., & Rosmery, L. (2018). Praktikalitas Lembar Kerja Siswa pada Pembelajaran Matematika Materi Statistika. Jurnal Gantang, 3(1), 41–45. https://doi.org/10.31629/jg.v3i1.377
Septia, T., & Yunita, A. (2014). Praktikalitas Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) Struktur Aljabar Di Stkip Pgri Sumatera Barat. Lemma, 1(1), 76–84.
Sulistyorini, Y. (2017). Analisis Kesalahan Dan Scaffolding Dalam Penyelesaian Persamaan Diferensial. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 91–104. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol2no1.2017pp91-104
Sumargiyani, & Munawarrahman. (2020). Analisis Minat Belajar Calon Guru Matematika pada Mata Kuliah Persamaan Diferensial. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(4), 1094–1101. https://www.researchgate.net/profile/Annalyn-Canlas/publication/342500825_Model-Based_Learning_Approach_Effects_on_Students’_Academic_Performance_and_Attitudes_in_Earth_science/links/6039e316299bf1cc26f426ef/Model-Based-Learning-Approach-Effects-on-Studen
Syahri, A. A., Satriani, S., Ma’rup, & Bahar, E. E. (2019). Pengembangan Buku Kerja Persamaan Diferensial Biasa Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Fkip Unismuh Makassar. MaPan: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 7(2), 342–358. https://doi.org/10.24252/mapan.2019v7n2a12
Syaodih, N. (2009). Metode penelitian pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Taqwa, M., & Khairun, U. (2023). Praktikalitas Buku Ajar Kalkulus Belajar Mahasiswa. 1(2), 1–8.
Ulya, H. (2015). Hubungan Gaya Kognitif Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jurnal Konseling Gusjigang, 1(2). https://doi.org/10.24176/jkg.v1i2.410
Vermana, L., & Zuzano, F. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Persamaan Diferensial Mahasiswa Pendidikan Matematika dengan Model Pembelajaran Flipped Classroom. EDUMATICA | Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 23–34. https://doi.org/10.22437/edumatica.v8i2.5576
Wankat, P. C., & Oreovicz, F. S. (2015). Teaching Engineering, Second Edition (Second Edi). Purdue University Press.
Witkin, H. A., Moore, C. A., Goodenough, D., & Cox, P. W. (1977). Field-Dependent and Field-Independent Cognitive Styles and Their Educational Implications. Review of Educational Research, 47(1), 1–64. https://doi.org/10.3102/00346543047001001
Yudhanegara, M. R. (2015). Implementasi Model Pembelajaran Problem Posing Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Mahasiswa Pada Mata Kuliah Persamaan Diferensial. Jurnal Pendidikan UNSIKA, 4(November), 42–50.
Zhang, L. F. (2004). Field-dependence/independence: Cognitive style or perceptual ability? - Validating against thinking styles and academic achievement. Personality and Individual Differences, 37(6), 1295–1311. https://doi.org/10.1016/j.paid.2003.12.015
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v7i3.28685
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Indexed by: