Penerapan Cooperative Learning Berbasis ICT dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dekade Terakhir: Sebuah Analisis Bibliometrik

Maximus Tamur, Kanisius Mandur, Valeriani Astika Murni, Florensiana Murniyati, Aleksander Rizky Anugrah Parung, Afrarina Nil, Laura Daniela Victoria Diaz

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perkembangan penelitian terkait penerapan cooperative learning berbasis ICT dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Data penelitian diambil dari berbagai database ilmiah yang memuat artikel terkait topik ini. Pendekatan yang digunakan untuk mengidentifikasi tren publikasi dan jurnal yang paling berpengaruh dalam penelitian ini adalah analisis bibliometrik yang mengkaji dan menganalisis 59 artikel dari basis data Google Scholar dari tahun 2013 hingga 2023. Proses pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan aplikasi Publish or Perish (PoP) dan analisis data menggunakan aplikasi VOSviewer. Hasil analisis menunjukkan bahwa penelitian mengenai cooperative learning berbasis ICT dalam pembelajaran matematika mengalami peningkatan yang signifikan dalam satu dekade terakhir. Penelitian ini juga mengungkapkan beberapa kesenjangan dalam literatur yang dapat dijadikan peluang untuk penelitian lebih lanjut.


Full Text:

PDF

References


Akcay, A. O. (2022). Effects of computer usage to support 4th grader mathematics learning: Comparative study. Pedagogical Research, 8(1), em0139. https://doi.org/10.29333/pr/12565

Anggraini, H. N., & Yuadi, I. (2024). Analisis Bibliometrik : Interlibrary Loan pada Perpustakaan Berdasarkan Web of Science. Media Pustakawan, 31(1), 102–113. https://doi.org/10.37014/medpus.v31i1.5070

Bolstad, O. H. (2021). Lower secondary students ’ encounters with mathematical literacy. Mathematics Education Research Journal, 1. https://doi.org/10.1007/s13394-021-00386-7

Budianto, E. W. H., Dewi, N. D. T., & Abidin, U. A. (2023). Pemetaan Penelitian Rasio Dana Pihak Ketiga (DPK) Pada Perbankan Syariah Dan Konvensional: Studi Bibliometrik Vosviewer Dan Literature Review. Syi’ar Iqtishadi: Journal of Islamic Economic, Finance and Banking, 7(1), 25–44. https://doi.org/10.35448/jiec.v7i1.19887

Dara, E. T., & Siregar, N. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(1), 1224–1231. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25077

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61.

Halima, Sesmiarni, Z., Aprison, W., & Zakir, S. (2022). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Tkj Siswa Kelas X SMK Agus Susanto Pasaman Barat. Koloni-Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1(3), 799–806.

Hermita, N., Putra, Z. H., Alim, J. A., Tang, J., Wijaya, T. T., Li, L., Pereira, J., & Tamur, M. (2021). The Hungry Ant : Development of Video-Based Learning on Polyhedron. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 15(17), 18–32. https://doi.org/10.3991/ijim.v15i17.23099

Juandi, D., Kusumah, Y. S., Tamur, M., Perbowo, K. S., Siagian, M. D., Sulastri, R., & Negara, H. R. P. (2021). The Effectiveness of Dynamic Geometry Software Applications in Learning Mathematics: A Meta- Analysis Study. International Journal Interactive Mobile Technologies, 15(02), 18–37. https://doi.org/10.3991/ijim.v15i02.18853

Juandi, D., Kusumah, Y. S., Tamur, M., Perbowo, K. S., & Wijaya, T. T. (2021). A meta-analysis of Geogebra software decade of assisted mathematics learning : what to learn and where to go? Heliyon, 7(5), e06953. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e06953

Kalu, M. D., Jailani, J., & Setyaningrum, W. (2023). Peningkatan Prestasi Belajar dan Keterampilan Komunikasi Matematis Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Bantuan Geogebra. Aksioma: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 12(3), 1852–1860. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i2.7317

Kusumah, Y. S., Kustiawati, D., & Herman, T. (2020). The Effect of GeoGebra in Three-Dimensional Geometry Learning on Students’ Mathematical Communication Ability. International Journal of Instruction, 13(2), 895–908. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13260a

Li, K., Wijaya, T. T., Chen, X., & Harahap, M. S. (2024). Exploring the factors affecting elementary mathematics teachers’ innovative behavior: an integration of social cognitive theory. Scientific Reports, 14(1), 1–14. https://doi.org/10.1038/s41598-024-52604-4

Minarni, A., & Napitupulu, E. E. (2017). Developing Instruction Materials Based on Joyful PBL to Improve Students Mathematical Representation Ability. International Education Studies, 10(9), 23. https://doi.org/10.5539/ies.v10n9p23

Muhammad, I., Darmayanti, R., Sugianto, R., & Choirudin, C. (2023). Teori Vygotsky: Kajian bibliometrik penelitian cooperative learning di sekolah dasar (1987-2023). Bulletin of Educational Management and Innovation, 1(2), 81–98. https://doi.org/10.56587/bemi.v1i2.78

Nasongkhla, J., Supadaec, C., & Chiasiriphan, T. (2019). Implementing multiple AR markers in learning science content with Junior High School students in Thailand. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 14(7), 48–60. https://doi.org/10.3991/ijet.v14i07.9855

NCTM. (2000). Principles and standards for school mathematics.

Oueida, S., Awad, P., & Mattar, C. (2023). Augmented Reality Awareness and Latest Applications in Education: A Review. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 18(13), 21–44. https://doi.org/10.3991/ijet.v18i13.39021

Pereira, J., Huang, Y., Chen, J., Hermita, N., & Tamur, M. (2020). Learning the Concept of Absolute Value with Hawgent Dynamic Mathematics Software. Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 16(2), 160–169. https://doi.org/10.32939/tarbawi.v16i2.688

Pertiwi, G. R., Mulyanti, Y., & Balkist, P. S. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Ditinjau Dari Disposisi Matematis. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2), 64–77. https://doi.org/10.46918/equals.v5i2.1388

Rahmawati, N. I. (2018). Pemanfaatan ICT dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. Prisma, 1, 381.

Safitri, R. W., Mukti, T. S., Rifqy, M. I., & Arianti, P. D. (2025). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif TAI Berbasis Aplikasi Geogebra terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. SANTIKA: Seminar Nasional Tadris Matematika “Integrasi STEAM Melalui Pendidikan Matematika Menuju SDGS 2030,” 4(1), 594–606.

Saputra, H., & Firdianti, A. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Geometri dan Disposisi Matematis Siswa dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Geogebra (Studi Kasus Pada Siswa Kelas V SD Muhammadiyah Metro Pusat). Jurnal Sekolah Dasar, 1(1), 31–39.

Subaryo, S., Tamur, M., Nurjaman, A., & Marzuki, M. (2024). Trends and implications of Ethnomathematics Studies: Bibliometric Analysis. International Seminar on Student Research in Education, Science, and Technology, 1(April), 533–542. https://doi.org/10.4108/eai.15-12-2023.2345643

Sun, M., Wu, X., Fan, Z., & Dong, L. (2019). Augmented reality based educational design for children. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 14(3), 51–60. https://doi.org/10.3991/ijet.v14i03.9757

Supinah, R., & Soebagyo, J. (2022). Analisis Bibliometrik Terhadap Tren Penggunaan ICT Pada Pembelajaran Matematika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 6(2), 276. https://doi.org/10.33603/jnpm.v6i2.6153

Susriyati, D., & Yurida, S. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Pemecahan Masalah Matematika Melalui Model Problem Based Learning Berbasis Karakter. JARTIKA: Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 2(1), 272–280.

Tamur, M., Komaladewi, G. W., Nona, M. A., Trinitas, E. S., & Maya, Y. K. S. (2024). Global Trends in Augmented Reality Technology: A Meta-Analysis Study. Proceeding of International Seminar on Student Research in Education, Science and Technology, 645–660.

Tamur, M., Kusumah, Y. S., Juandi, D., Wijaya, T. T., Nurjaman, A., & Samura, A. O. (2021). Hawthorne effect and mathematical software based learning: A meta- analysis study. Journal of Physics: Conference Series, 1806(1), 012072. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1806/1/012072

Tamur, M., Men, F. E., Ermi, K. E., Muhut, A. M., Nunang, R., & Lay, O. A. (2022). Penggunaan ICT dan Pengaruhnya terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa: Sebuah Analisis Bibliometrik. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 5(4), 261. https://doi.org/10.24014/juring.v5i4.19991

Tamur, M., Ndiung, S., Weinhandl, R., Wijaya, T. T., Jehadus, E., & Sennen, E. (2023). Meta-Analysis of Computer-Based Mathematics Learning in the Last Decade Scopus Database: Trends and Implications. Infinity Journal, 12(1), 101. https://doi.org/10.22460/infinity.v12i1.p101-116

Tamur, M., Nurjaman, A., & Marzuki, M. (2023). Analisis Bibliometrik Tren Riset Global Tentang Penerapan Software Matematika Menggunakan Basis Data Scopus. AKSIOMA Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(3), 3025. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i3.7347

Tamur, M., Weinhandl, R., Sennen, E., Ndiung, S., & Nurjaman, A. (2022). The Effect of Cabri Express in Geometry Learning on Students’ Mathematical Communication Ability. JTAM (Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika), 6(4), 1027–1033. https://doi.org/10.31764/jtam.v6i4.10865

Tamur, M., Wibisono, Y., Makur, A., & Pantaleon, K. (2024). Challenges and Opportunities for Using Immersive Technology: A Meta-Analysis of the Effectiveness of Cross-Country Studies. ICEHHA 2023. https://doi.org/10.4108/eai.15-12-2023.2345622

Tamur, M., Wijaya, T. T., Makur, A. P., Wibisono, Y., & Pantaleon, K. V. (2024). The Global Trend of Augmented Reality-Based Learning and Its Impact on Students ’ Academic Ability : A Meta-Analysis. 6(2), 216–233. https://doi.org/10.18326/hipotenusa.v6i2.2454

Vretos, N., Daras, P., Asteriadis, S., Hortal, E., Ghaleb, E., Spyrou, E., Leligou, H. C., Karkazis, P., Trakadas, P., & Assimakopoulos, K. (2019). Exploiting sensing devices availability in AR/VR deployments to foster engagement. Virtual Reality, 23(4), 399–410. https://doi.org/10.1007/s10055-018-0357-0




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v8i1.27504

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter