Analisis Etnomatematika pada Budaya Diba’an
Abstract
Penerapan etnomatematika dalam pendidikan bermanfaat bagi siswa dan diyakini dapat menjadi solusi bagi problematika pendidikan matematika. Etnomatematika menawarkan pendekatan baru dalam pembelajaran matematika yaitu dengan menggunakan konteks budaya siswa yang telah disesuaikan sebagai media pembelajaran matematika sehingga matematika bisa lebih mudah dipahami. Oleh karena itu penting sekali untuk mengetahui aktivitas fundamental matematika dalam suatu budaya. Meskipun Diba’an sangat populer di kalangan umat Islam, namun sedikit penelitian yang melakukan eksplorasi etnomatematika pada Diba’an. Sebuah meta analisis dilakukan untuk mengidentifikasi aktivitas fundamental matematika dan konsep matematika apa saja yang ada pada Diba’an. Penelitian ini merupakan penelitian literatur dengan pendekatan etnomatematika. Teknik pengumpulan data menggunakan studi literatur, dokumentasi dan observasi. Analisis data dilakukan secara interaktif mulai dari pengumpulan data awal hingga data terakhir dalam tiga tahap, yaitu reduksi data, menyajikan data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Data-data yang telah dikumpulkan, selanjutnya dianalisis dengan metode analisis deskriptif. Ditemukan aktivitas fundamental matematika pada Diba’an, meliputi : accounting (menghitung), measurement (mengukur), locating (menempatkan), designing (mendesain), playing (bermain), dan explaining (menjelaskan). Sedangkan konsep matematika yang dapat dihubungkan, meliputi : konsep bilangan, operasi bilangan, panjang, luas, volume, himpunan, relasi, fungsi, barisan, deret, lingkaran, tabung, kesebangunan. Dengan memperjelas bagaimana keterkaitan antara aktivitas fundamental matematika dan konsep matematika, Diba’an dapat digunakan sebagai konteks budaya dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini menawarkan wawasan kepada pendidik yang ingin menggunakan konteks budaya Diba’an untuk mendorong hasil belajar matematika siswa. Hasil penelitian juga dapat membantu peneliti untuk mengembangkan pendekatan pembelajaran matematika dengan konteks budaya dan mengatasi kesenjangan penelitian dalam konteks yang dapat dihubungkan
Full Text:
PDFReferences
Faqih, A., Nurdiawan, O., & Setiawan, A. (2021). Pengembangan Media pembelajaran Multimedia Interaktif Alat Masak Tradisional Berbasis Etnomatematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 301–310. doi:10.31980/mosharafa.v10i2.876
Fitriyah, A. T., & Syafi, M. (2022). Etnomatematika Pada Bale Lumbung Sasak. Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika Mosharafa, 11, 1–12.
Hafsa, S.S.A., & Mariana, N. (2023). Budaya Diba’an sebagai Sumber Belajar Berbasis Etnomatematika di Sekolah Dasar: Etnomatematika pada Budaya Diba’an. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(9), 1936-1945
Maure, O. P., & Jenahut, K. S. (2022). Etnomatematika Sistem Bilangan Masyarakat Manggarai Timur Dan Masyarakat Timor Tengah Selatan. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 3514. doi:10.24127/ajpm.v11i4.6380
Mirnawati, M., Karjiyati, V., & Dalifa, D. (2020). Pengaruh Model RME Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Matematika Kelas V SDN Gugus 05 Kota Bengkulu. JURIDIKDAS: Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 3(1), 52–60. https://doi.org/10.33369/juridikdas.3.1.52-60
Nova, I. S., & Putra, A. (2022). Eksplorasi Etnomatematika pada Cerita Rakyat. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 67–76. doi:10.31980/plusminus.v2i1.1497
Novitasari, Febriyanti, R., & Wulandari, I. A. (2022). Students’ Worksheet Effectivity Ethnomathematics-Based with STEM Approach to Critical Thinking Ability. Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(1), 57–66.
Nugraha, N. W., & Novaliyosi, N. (2023). Media Pembelajaran Berbasis Etnomatematika : Systematic Literature Review. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 4(1), 477–490. doi:10.46306/lb.v4i1.286
Nursyeli, F., & Puspitasari, N. (2021). Studi Etnomatematika pada Candi Cangkuang Leles Garut Jawa Barat. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 327–338. doi:10.31980/plusminus.v1i2.1265
Pramestika, I.W., & Apriani, M.S. (2021). Aktivitas Fundamental Matematis pada Tari Srimpi Pandhèlori. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 5(2), 147–161. doi:10.35706/sjme.v5i2.4789
Pratiwi, J. W., & Heni, P. (2020). Eksplorasi Etnomatematika pada Permainan Tradisional Kelereng. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 1–12.
Puspasari, R., Rinawati, A., & Pujisaputra, A. (2021). Pengungkapan Aspek Matematis pada Aktivitas Etnomatematika Produksi Ecoprint di Butik El Hijaaz. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 379–390. doi:10.31980/mosharafa.v10i3.851
Putra, A. P., & Prasetyo, D. (2022). Peran Etnomatematika Dalam Konsep Dasar Pembelajaran Matematika. Intersections, 7(2), 1–9. https://doi.org/10.47200/intersections.v7i2.1312
Risdiyanti, I., & Prahmana, R. C. I. (2018). Etnomatematika: Eksplorasi dalam Permainan Tradisional Jawa. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(1), 1. doi:10.31331/medives.v2i1.562
Rohman, S. M., Masrukan, & Agoestanto, A. (2023). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Project Based Learning Berbantuan Etnomatematika Android. Journal Numeracy, 10(2), 80–93.
Sarwoedi, W., Widada, & Herawaty, D. (2023). Pengaruh problem-based learning berbasis etnomatematika Rejang Lebong terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA. Annals of Mathematical Modeling, 1(1), 31–34. doi:10.33292/amm.v1i1.5
Sugiantoro, S., Khairi, A. I., & Wahyudianto, F. (2023). Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Tradisi Diba’an Pada Masyarakat Sidoarjo. Maharsi, 5(1), 22–34. doi:10.33503/maharsi.v5i1.2653
Susanto, N. C. P., Hartati, S. J., & Setiawan, W. (2022). Desain Pembelajaran Peningkatan Literasi Numerasi Dan Karakter Berpikir Kritis Siswa Sd Berbasis Etnomatematika. Center Of Education Journal (CEJou), 3(01), 50–61. doi:10.55757/cejou.v3i01.93
Syaroni, M.M. (2019, Desember 29). Kitab. Retrieved from Pesantren.ID: https://pesantren.id/tradisi-dibaan-dan-toleransi-budaya-1843/
Turmuzi, M., Sudiarta, I. G. P., & Suharta, I. G. P. (2022). Systematic Literature Review: Etnomatematika Kearifan Lokal Budaya Sasak. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 397–413. doi:10.31004/cendekia.v6i1.1183
Wahidah, A. L., Mahmudah, U., Karyanto, U. B., Izzatir, A., Rofi’ah, R., & Fitriyati, D. N. (2021). Pembentukan Karakter Islami Remaja melalui Kegiatan Jam’iyah Diba’iyah di Desa Pagerwangi Balapulang Tegal. Ar-Rihlah: Jurnal Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam, 6(1), 67–78. doi:10.33507/ar-rihlah.v6i1.293
Wahyudi, W., & Putra, A. (2022). Systematics Literature Review: Eksplorasi Etnomatematika Pada Aktivitas Masyarakat. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(1), 173–185. doi:10.46306/lb.v3i1.110
Wahyudianto, F. (2023). Nilai-Nilai Pancasila Yang Terkandung Dalam Tradisi Diba’an Di Desa Tanggul Kecamatan Wonoayu Kabupaten Sidoarjo. Maharsi, 1(2), 109–122.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v7i1.27002
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Indexed by: