Pengaruh Penerapan Model Planning Monitoring Evaluating (PME) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau dari Self Efficacy Siswa
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Amin, I., Sukestiyarno, Waluya, B., & Mariani. (2020). Model Pembelajaran PME (Planning Monitoring Evaluating) Peningkatan Kinerja Metakognitif, Pemecahan Masalah, dan Karakter. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.
Amir, Z., & Risnawati. (2015). Psikologi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Arini, L., Duskri, M., & Yani, M. (2022). Penerapan Strategi Metakognitif Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh, 9(1, April), 111–120. https://doi.org/10.37598/pjpp.v9i1,%20April.1377.
Ariyana, Y., Bestary, R., & Mohandas, R. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Hak.
Darmawan, S. M., & Warmi, A. (2022). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Madrasah Aliyah Kelas 12 pada Materi Statistika. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 280–289. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1980.
Facione, P. A. (2013). Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. Millbrae: CA: Measured Reasons and The California Academic Press.
Hidayat, R. A., & Noer, S. H. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau dari Self Efficacy Siswa dalam Pembelajaran Daring. Media Pendidikan Matematika, 9(2), 1–15. https://doi.org/10.33394/mpm.v9i2.4224.
Magno, C. (2010). The Role of Metacognitive Skills in Developing Critical Thinking. Metacognition and learning, 5(2), 137–156. https://doi.org/10.1007/s11409-010-9054-4.
Mashuri, S. (2019). Media Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Deepublish.
Misbahudin, A. R. (2019). Hubungan Self-Efficacy Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMK Pada Materi Barisan Dan Deret Aritmatika. Journal on Education, 1(2), 445–450. https://doi.org/10.31004/joe.v1i2.86.
Nurdin, E., Nayan, D. D., & Risnawati, R. (2020). Pengaruh Pembelajaran Model Creative Problem Solving (CPS) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis ditinjau dari Kemampuan Awal Matematis Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Gantang, 5(1), 39–49. https://doi.org/10.31629/jg.v5i1.2151
Nuryani, R., Lidinillah, D. A. M., & Mulyana, E. H. (2014). Penggunaan Strategi Metakognitif untuk Meningkatkan Self Efficacy Siswa Sekolah Dasar dalam Memecahkan Masalah Matematika. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1). 1-9. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v1i1.4698.
Putri, D. A., Fitraini, D., & Revita, R. (2019). Pengembangan Modul Matematika berbasis REACT untuk Memfasilitasi Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMA. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(4), 345–356. https://doi.org/10.24014/juring.v2i4.8816.
Saputra, H. (2020). Kemampuan Berfikir Kritis Matematis. Perpustakaan IAI Agus Salim, 2, 1–7.
Sugiyono, P. D. (2007). Statistik untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta.
Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukma, Y., & Priatna, N. (2021). Pengaruh Self-Efficacy terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Soulmath : Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 9 (1). 75-88. https://doi.org/10.25139/smj.v9i1.3461.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Susiani, N. E. (2021). Melatih Metakognisi Siswa dalam Menumbuh Kembangkan Efikasi Diri (Self-Efficacy pada Pembelajaran Matematika). Educator: Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik dan Kependidikan, 1(1), 31–38. https://doi.org/10.51878/educator.v1i1.505.
Utari, L., Destiniar, D., & Syahbana, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Jucama Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau Dari Self Efficacy Siswa SMP. Indiktika: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 3(1), 35–47. https://doi.org/10.31851/indiktika.v3i1.5024.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v7i2.26119
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Indexed by: