Pengaruh Penerapan Model Planning Monitoring Evaluating (PME) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau dari Self Efficacy Siswa

Aulia Wulandari Putri, Granita Granita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh penerapan model Planning Monitoring Evaluating terhadap kemampuan berpikir kritis matematis ditinjau dari self efficacy siswa. Penelitian ini merupakan eksperimen dengan desain penelitian yaitu factorial experiment. Adapun populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 4 Mandau tahun ajaran 2022/2023. Pengambilan sampel dengan cluster random sampling. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas X.6 sebagai kelas eksperimen dan X.5 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, angket, observasi, dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah soal tes kemampuan berpikir kritis matematis, angket self efficacy, lembar observasi guru dan Lembar Kendali Keterlaksanaan (LKK) PME. Analisis data yang digunakan yaitu uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data diambil kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran PME dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran langsung, 2) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis antara siswa yang memiliki self efficacy tinggi, sedang dan rendah, 3) Tidak terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan self efficacy terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Dengan demikian, secara umum dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Planning Monitoring Evaluating (PME) berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis matematis ditinjau dari self efficacy siswa di SMA Negeri 4 Mandau

Full Text:

PDF

References


Amin, I., Sukestiyarno, Waluya, B., & Mariani. (2020). Model Pembelajaran PME (Planning Monitoring Evaluating) Peningkatan Kinerja Metakognitif, Pemecahan Masalah, dan Karakter. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.

Amir, Z., & Risnawati. (2015). Psikologi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Arini, L., Duskri, M., & Yani, M. (2022). Penerapan Strategi Metakognitif Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh, 9(1, April), 111–120. https://doi.org/10.37598/pjpp.v9i1,%20April.1377.

Ariyana, Y., Bestary, R., & Mohandas, R. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Hak.

Darmawan, S. M., & Warmi, A. (2022). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Madrasah Aliyah Kelas 12 pada Materi Statistika. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 280–289. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1980.

Facione, P. A. (2013). Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. Millbrae: CA: Measured Reasons and The California Academic Press.

Hidayat, R. A., & Noer, S. H. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau dari Self Efficacy Siswa dalam Pembelajaran Daring. Media Pendidikan Matematika, 9(2), 1–15. https://doi.org/10.33394/mpm.v9i2.4224.

Magno, C. (2010). The Role of Metacognitive Skills in Developing Critical Thinking. Metacognition and learning, 5(2), 137–156. https://doi.org/10.1007/s11409-010-9054-4.

Mashuri, S. (2019). Media Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Deepublish.

Misbahudin, A. R. (2019). Hubungan Self-Efficacy Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMK Pada Materi Barisan Dan Deret Aritmatika. Journal on Education, 1(2), 445–450. https://doi.org/10.31004/joe.v1i2.86.

Nurdin, E., Nayan, D. D., & Risnawati, R. (2020). Pengaruh Pembelajaran Model Creative Problem Solving (CPS) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis ditinjau dari Kemampuan Awal Matematis Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Gantang, 5(1), 39–49. https://doi.org/10.31629/jg.v5i1.2151

Nuryani, R., Lidinillah, D. A. M., & Mulyana, E. H. (2014). Penggunaan Strategi Metakognitif untuk Meningkatkan Self Efficacy Siswa Sekolah Dasar dalam Memecahkan Masalah Matematika. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1). 1-9. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v1i1.4698.

Putri, D. A., Fitraini, D., & Revita, R. (2019). Pengembangan Modul Matematika berbasis REACT untuk Memfasilitasi Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMA. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(4), 345–356. https://doi.org/10.24014/juring.v2i4.8816.

Saputra, H. (2020). Kemampuan Berfikir Kritis Matematis. Perpustakaan IAI Agus Salim, 2, 1–7.

Sugiyono, P. D. (2007). Statistik untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukma, Y., & Priatna, N. (2021). Pengaruh Self-Efficacy terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Soulmath : Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 9 (1). 75-88. https://doi.org/10.25139/smj.v9i1.3461.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Susiani, N. E. (2021). Melatih Metakognisi Siswa dalam Menumbuh Kembangkan Efikasi Diri (Self-Efficacy pada Pembelajaran Matematika). Educator: Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik dan Kependidikan, 1(1), 31–38. https://doi.org/10.51878/educator.v1i1.505.

Utari, L., Destiniar, D., & Syahbana, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Jucama Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau Dari Self Efficacy Siswa SMP. Indiktika: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 3(1), 35–47. https://doi.org/10.31851/indiktika.v3i1.5024.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v7i2.26119

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter