Pembelajaran Ethno-RME Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Matematis Siswa

Fadhila Fajri Lubis, Erdawati Nurdin, Irma Fitri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pembelajaran Ethno-RME terhadap keterampilan berpikir kritis matematis siswa. Sampel penelitian dipilih secara purposif, yaitu kelas IX.7 dan IX.8 MTsN 3 Pekanbaru. Data dikumpulkan menggunakan instrumen lembar observasi dan tes. Data dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa pembelajaran Ethno-RME terlaksana dengan baik dan berpengaruh positif terhadap keterampilan berpikir kritis matematis siswa. Pembelajaran Ethno-RME dapat menjadi alternatif pembelajaran yang memfasilitasi keterampilan matematis siswa. Unsur budaya dalam pembelajaran RME dapat menjadikan matematika menjadi menyenangkan dan menjadi jembatan untuk mengenalkan budaya kepada siswa. Hal ini dapat mengubah pandangan siswa terhadap matematika. Persepektif siswa terhadap matematika dalam pembelajaran Ethno-RME harus diuji pada penelitian selanjutnya.


Full Text:

PDF

References


Agus, I., & Purnama, A. N. (2022). Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa: Studi pada Siswa SMPN Satu Atap. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 07(01), 65–74.

Alkhatib, O. J. (2019). A Framework for Implementing Higher-Order Thinking Skills (Problem-Solving , Critical Thinking , Creative Thinking , and Decision-Making) in Engineering & Humanities. Advances in Science and Engineering Technology International Conferences (ASET), (March). https://doi.org/10.1109/ICASET.2019.8714232

Ambrosio, U. D. (1985). Ethnomathematics and its place in the history and pedagogy of mathematics. For the Learning Mathematics, 5(1), 44–47.

Anita, & Firmansyah, D. (2022). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMA pada Materi Barisan Aritmatika. Jurnal Matematika Ilmiah, 8(1), 30–44.

Ariandi, D., & Tantoro, S. (2022). Minat Masyarakat pada Kesenian Melayu di Kecamatan Sungai Appit Kabupaten Siak. JOM Fisip, 7(2), 1–12.

Ariawan, R., Dahlia, A., Nufus, H., & Nurdin, E. (2022). Jurnal Pendidikan MIPA. Jurnal Pendidikan MIPA, 23(20), 904–917. https://doi.org/10.23960/jpmipa/v23i3.pp904-917

Ariyana, Y., Pudjiastuti, A., Bestary, R., & Zamroni. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.

Awaliyah, E. M. (2019). Peran Etnomatematika di Sekolah dalam Upaya Peningkatan Stigma Positif Pelajar Terhadap Pembelajaran Matematika. Jurnal Didactical Mathematics, 2(1), 23–30.

Cesaria, A., Fitri, D. Y., & Rahmat, W. (2022). Ethnomathematic Exploration Based on Realistic Mathematics Education (RME) in Traditional GAme “Lore.” AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1630–1639.

https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.4958

Dardiri, & Nuh, Z. M. (2016). Etnomatematika dalam sistem pembilangan pada masyarakat Melayu Riau. Kutubkhanah: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 19(2), 220–238.

Darmawan, I., Kharismawati, A., Hendriana, H., & Purwasih, R. (2018). Analisis Kesalahan Siswa SMP Berdasarkan Newman dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Berpikir Kritis Matematis pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(1), 71. https://doi.org/10.24014/juring.v1i1.4912

Ennis, R. H. (1996). Critical Thinking. Prentice Hall.

Fadilah, F., & Winarso, W. (2021). Profil Critical Thinking Skill Siswa pada Pembelajaran Matematika Ditinjau dari Perbedaan Gaya Kognitif dan Gender. Suska Journal of Mathematics Education, 7(2), 129. https://doi.org/10.24014/sjme.v7i2.13996

Fauzan, A., Tasman, F., & Fitriza, R. (2020). Exploration of Ethnomathematics at Rumah Gadang Minangkabau to Design Mathematics Learning Based on RME in Junior High Schools. 504(ICoIE), 279–283.

Fitriza, R., & Gunawan, I. (2019). Tabuik dalam Pembelajaran Bangun Ruang dengan Pendidikan matematika Realistik (PMR). Math Educa Journal, 2(1), 13–22. https://doi.org/10.15548/mej.v2i1.31

Hartono. (2010). Analisi Item Instrumen. Bandung: Zanafa Publishing.

Hasanuddin. (2017). Etnomatematika melayu: Pertautan antara matematika dan budaya pada masyarakat melayu Riau. Sosial budaya, 14(2), 136–149.

Hasbi, M., Lukito, A., & Sulaiman, R. (2019). The realistic of mathematic educational approach to enhancing ability mathematical connections. International Journal of Trends inMathematics Education Research, 2(4), 179–183. https://doi.org/10.33122/ijtmer.v2i4.

Hastjarjo, T. D. (2019). Rancangan Eksperimen-Kuasi Quasi-Experimental Design. Buletin Psikologi, 27(2), 187–203. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.38619

Heuvel-panhuizen, M. Van den, & Drijvers, P. (2014). Realistic Mathematics Education. Dalam Encyclopedia ofMathematics Education (hlm. 521–525). Springer Science+Business Media. https://doi.org/10.1007/978-94-007-4978-8

Hidayat, F., Akbar, P., & Bernard, M. (2019). Analisis kemampuan berfikir kritis matematik serta kemandiriaan belajar siswa smp terhadap materi SPLDV. Journal on Education, 1(2), 515-523.

Hulukati, E. (2012). Matematika Realistik. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Irawan, A., Lina, I. M., Adnyani, L., Pinahayu, E., ALamsyah, N., Sulistyaningsih, E., … Rangka, I. B. (2019). Designing of realistic mathematics learning based on ethnomathematics and plane figure. IOP Conf. Series: Journal of Physics. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1175/1/012050

Ismail, N. S., Salleh, S. M., Zakaria, M. A. Z. M., & Harun, J. (2017). Cultivating higher order thinking skills in a science classroom through Mobile-Problem based science dictionary application. Advanced Science Letter, 23(9), 8290–8297. https://doi.org/10.1166/asl.2017.9879

Isrok’atun, & Rosmala, A. (2018). Model-model pembelajaran matematika. Jakarta: Bumi Aksara.

Jannah, Rodiyatul, S., Isrok’atun, & Sun

aengsih, C. (2017). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education Berbasis Budaya Lokal Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 1–10.

Juandi, D., Kusumah, Y. S., & Tamur, M. (2022). A Meta-Analysis of the Last Two Decades of Realistic Mathematics Education Approaches. International Journal of Instruction, 15(1), 381–400.

Ngalimun. (2017). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Pramana Ilmu.

Nopiyani, D., Prabawanto, S., Nopiyani, D., Indonesia, U. P., Indonesia, U. P., Prabawanto, S., & Indonesia, U. P. (2010). Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik Berbantuan GeoGebra untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. 1–8.

Nurdin, E., Muhandaz, R., Fitri, I., Kurniati, A., & Irma, A. (2018). Aplikasi refleksi dalam motif tenun Melayu Riau. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 107–117. Pekanbaru: Pendidikan Matematika FKIP Universitas Islam Riau.

Pertiwi, W. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik SMK Pada Materi Matriks. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(4), 793–801.

Prahmana, R. C. I. (2022). Ethno-Realistic Mathematics Education: The Promosing Learning Approach in The City of Culture. SN Social Science, 2(257), 1–19. https://doi.org/10.1007/s$3545-022-00571-w

Prahmana, R. C. I., Arnal-palacián, M., Risdiyanti, I., & Ramadhani, R. (2023). Trivium curriculum in Ethno-RME approach: An impactful insight from ethnomathematics and realistic mathematics education. Jurnal Elemen, 9(1), 298–316. https://doi.org/10.29408/jel.v9i1.7262 Trivium

Putri, A. E., & Warmi, A. (2022). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa pada Materi Relasi dan Fungsi. Jurnal Theorems (The Original Research of Mathematics), 7(1), 1–12.

Putri, R. D., Yuanita, P., Kartini, & Roza, Y. (2022).

Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis (KBKM) Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Lingkaran. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 223–235. https://doi.org/10.33654/math.v8i3.1944

Rani, F. N., Napitupulu, E., & Hasratuddin. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Melalui Pendekatan Realistic Mathematic Education di SMP Negeri 3 Stabat. Paradikma Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 1–7.

Risdiyanti, I., & Prahmana, R. C. I. (2014). Ethnomatematics (teori dan implementasinya: Suatu pengantar). Yogyakarta: UAD Press.

Sa’dijah, C., Murtafiah, W., Anwar, L., Nurhakiki, R., & Cahyowati, E. T. D. (2021). Teaching Higher Order Thinking Skills in Mathematics Classrooms: Gender Differences. Journal of Mathematics Education, 12(1), 159–180. https://doi.org/10.22342/jme.12.1.13087

Saleh, M., Prahmana, R. C. I., Isa, M., & Murni. (2018). Improving The Reasoning Ability of Elementary School Student Through The Indonesian Realistic Mathematics Education. Journal of Mathematics Education, 9(1), 41–54.

Sari, A., & Yuniati, S. (2018). Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 71–80.

Sari, N., Destiniar, & Octaria, D. (2022). Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA Ditinjau dari Gender Pada Materi Trigonometri. Suska Journal of Mathematics Education, 8(2), 97. https://doi.org/10.24014/sjme.v8i2.17933

Silviana, D., Jauhari, R. S., & Furqon, M. (2021). Penerapan Realistic Mathematics Education untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama Pada Materi Pokok Fungsi. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 1(1), 21–35.

Su, H. F. H. A., Ricci, F. A., & Mnatsakanian, M. (2016). Mathematical Teaching Strategies: Pathways to Critical Thinking and Metacognition. Journal of Research in Education and Science (IJRES), 2(1), 190–200. https://doi.org/10.21890/ijres.57796

Sumirattana, S., Makanong, A., & Thipkong, S. (2017). Kasetsart Journal of Social Sciences Using realistic mathematics education and the DAPIC problem-solving process to enhance secondary school students ’ mathematical literacy. Kasetsart Journal of Social Sciences, 38(3), 307–315. https://doi.org/10.1016/j.kjss.2016.06.001

Susanti, S. (2017). Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self efficacy siswa MTs melalui pendekatan pendidikan matematika realistik. Suska Journal of Mathematics Education, 3(2), 92–101. https://doi.org/10.24014/sjme.v3i2.4148

Wulandari, D., Yunianti, V. D., & Wahyuningsih, Y. (2023). Analisis Ketertarikan Siswa Sekolah Dasar terhadap Kebudayaan Indonesia. Journal On Education, 05(02), 2376–2382.

Yuliantri, Ema, & Sahono, B. (2021). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa. Educate: Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(2), 1–8. https://doi.org/10.32832




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v6i3.25754

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter