Identifikasi Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dari Sudut Pandang Gaya Kognitif dalam Pembelajaran Matematika

Aisyah Amini, Hayatun Nufus, Eva Agustin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis (KBKM) siswa dari sudut pandang gaya kognitif (field independent dan field dependent). Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain studi kasus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII di salah satu SMP negeri yang ada di kabupaten Kuansing, Riau. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan teknik wawancara, menggunakan instrumen soal tes GEFT, instrumen soal tes kemampuan berpikir kreatif matematis dan naskah pedoman wawancara. Data dianalisis melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan tipe gaya kognitif Field Independent (FI) mampu memecahkan masalah lebih baik dan mempunyai tingkat kemampuan berpikir kreatif matematis lebih tinggi dari siswa dengan tipe gaya kognitif Field Dependent (FD), namun signifikansinya masih perlu diuji. Secara umum, siswa dengan tipe gaya kognitif FI dan FD mampu menyelesaikan soal pada indikator kelancaran yaitu memikirkan lebih dari satu jawaban dan kesulitan dalam menyelesaikan soal pada indikator elaborasi yaitu menambah atau merincikan detail-detail dari suatu gagasan, objek, atau situasi menjadi lebih menarik.


Full Text:

PDF

References


Adiastuty, N., Waluya, S. B., Junaedi, I., Masrukan, M., & Putri, C. M. (2022). Pengaruh Gaya Kognitif dan Gender terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (Prosnampas), 5(1), 756–764.

Febrianingsih, F. (2022). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 119–130. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i1.1174.

Gunawan, Kartono, Wardono, & Kharisudin, I. (2022). Analysis of Mathematical Creative Thinking Skill: In Terms of Self Confidence. International Journal of Instruction, 15(4), 1011–1034. https://doi.org/10.29333/IJI.2022.15454A.

Hadar, L. L., & Tirosh, M. (2019). Creative Thinking in Mathematics Curriculum: An Analytic Framework. Thinking Skills and Creativity, 33, 100585. https://doi.org/10.1016/J.TSC.2019.100585.

Hestika, S., Zulkifli, Z., & Nufus, H. (2021). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis berdasarkan Self Efficacy Siswa. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 4(1), 29–40. https://doi.org/10.24014/juring.v4i1.12025.

Leung, Shuk-kwan S. (1997). On the role of Creative Thinking in Problem Posing. ZDM-Mathematics Education, 29, 81–85. https://doi.org/10.1007/s11858-997-0004-9.

Leung, Shukkwan S., & Silver, E. A. (1997). The Role of Task Format, Mathematics Knowledge, and Creative Thinking on The Arithmetic PElementary School Teachers. Mathematics Education Research Journal, 9(1), 5–24.

Loka Son, A., Darhim, & Fatimah, S. (2020). Students’ Mathematical Problem-Solving Ability based on Teaching Models Intervention and Cognitive Style. Journal on Mathematics Education, 11(2), 209–222. https://doi.org/10.22342/jme.11.2.10744.209-222.

Munahefi, D. N., Kartono, Waluya, B., & Dwijanto. (2022). Analysis of Self-Regulated Learning at Each Level of Mathematical Creative Thinking Skill. Bolema: Boletim de Educação Matemática, 36(72), 580–601. https://doi.org/10.1590/1980-4415V36N72A26.

Napfiah, S. (2018). Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif dalam Pemecahan Masalah Matematika ditinjau dari Gaya Kognitif. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika (JP2M), 4(1), 80–91. https://doi.org/10.29100/jp2m.v4i1.1781.

Paul, R. W. (1993). The Logic of Creative and Critical Thinking. The American Behavioral Scientist, 37(1), 21–39.

Putri, A. S., Prasetyo, Z. K., Purwastuti, L. A., Prodjosantoso, A. K., &

Putranta, H. (2023). Effectiveness of STEAM-based Blended Learning on Students’ Critical and Creative Thinking Skills. International Journal of Evaluation and Research in Education, 12(1), 44–52. https://doi.org/10.11591/IJERE.V12I1.22506.

Rahmawati, L., Juandi, D., & Nurlaelah, E. (2022). Implementasi STEM dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 2002–2014. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.5490.

Rozi, F. A., & Afriansyah, E. A. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis berdasarkan Disposisi Matematis Siswa. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 4(2), 172–185. https://doi.org/10.37058/jarme.v4i2.4880.

Runco, M. A., & Acar, S. (2012). Divergent Thinking as an Indicator of Creative Potential. Creativity Research Journal, 24(1), 66–75. https://doi.org/10.1080/10400419.2012.652929

Sa’adah, A. N., Nizaruddin, & Rahmawati, N. D. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Pembelajaran Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif Siswa. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(5), 217–223. https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i5.4472.

Septantiningtyas, N., & Subaida. (2023). Gaya Kognitif Field Independent Sebagai Ikhtiyar Kontrol Fokus Siswa dalam Pembelajaran. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 48–56. https://doi.org/10.54069/attadrib.v6i1.378.

Shofia, E. A. L., Hobri, & Randi, P. M. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Aritmetika Sosial berbasis Jumping Task ditinjau dari Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent. Kadikma, 9(3), 171–182. https://doi.org/10.19184/kdma.v9i3.11551.

Siswono, T. Y. E. (2011). Level of Student’s Creative Thinking in Classroom Mathematics. Educational Research and Review, 6(7), 548–553.

Suherman, S., & Vidákovich, T. (2022). Assessment of Mathematical Creative Thinking: A Systematic Review. Thinking Skills and Creativity, 44, 1–13. https://doi.org/10.1016/J.TSC.2022.101019.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v6i3.25627

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter