Eksplorasi Etnomatematika Kerajinan Anyaman Bambu sebagai Sumber Belajar Matematika pada Materi Geometri di Dusun Malangan, Sumberagung, Moyudan, Sleman
Abstract
Pembelajaran berbasis etnomatematika dapat menjadi salah satu pendekatan pembelajaran yang menghubungkan antara budaya dan matematika dengan tujuan untuk mempermudah peserta didik dalam mempelajari materi matematika yang cukup abstrak. Contoh budaya lokal yang dapat diimplementasikan ke dalam pembelajaran berbasis etnomatematika adalah kerajinan anyaman bambu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan etnografis. Metode ini digunakan oleh penulis dengan tujuan dapat memahami dan mengkaji budaya, perilaku, dan pengalaman manusia yang berada di lingkungan sekitar sehingga nantinya dapat dihubungkan dengan matematika. Penulis mengumpulkan data dengan teknik wawancara dan kajian literatur. Instrumen berupa wawancara yang dilakukan secara langsung dengan salah satu pengrajin dan mengkaji beberapa artikel dan buku yang sesuai dengan penelitian sebagai bahan kajian literatur untuk mengumpulkan data. Data yang diperoleh selanjutnya direduksi oleh penulis sehingga lebih memudahkan dalam menuliskan pembahasan dan membuat kesimpulan. Motivasi dibalik ini adalah untuk menyelidiki hubungan antara anyaman bambu dan materi matematika. Di dalam kasus geometri, kerajinan tersebut dapat membantu peserta didik dalam memvisualkan bangun geometri karena dapat dilihat secara langsung. Bentuk konkret bangun geometri yang penulis temukan pada bentuk-bentuk kerajinan anyaman bambu, yaitu lingkaran pada cermin rotan, persegi pada tampah, tabung pada keranjang, kubus pada bangku bambu, balok pada tempat tisu, serta bola pada kap lampu. Temuan hasil eksplorasi ini diharapkan dapat mempermudah peserta didik dalam menganalisis sifat-sifat dan unsur-unsur bangun geometri. Selain itu diharapkan dapat membantu untuk lebih mengembangkan hasil belajar peserta didik, dan untuk menjaga budaya sekitar.
Full Text:
PDFReferences
Armella, R., & Rifdah, K. M. N. (2022). Kesulitan Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar. Sultan Idris Journal of Psychology and Education, 2(1), 14–27. https://doi.org/10.21093/sijope.v2i1.5130
Cahyadi, A. (2019). Pengembangan Media dan Sumber Belajar: Teori dan Prosedur (Serang). Laksita Indonesia.
Creswell, J. W. (2017). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
d’Ambrosio, U. (1985). Ethnomathematics and Its Place in the History and Pedagogy of Mathematics on JSTOR. For the Learning of Mathematics, 5(1), 44–48.
Fitriyah, A. (2021). Kajian Etnomatematika terhadap Tradisi Weh-wehan di Kecamatan Kaliwungu Kendal. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 6(1), 50–59. https://doi.org/10.33369/jpmr.v6i1.14691
Irwandi, & Fajeriadi, H. (2020). Pemanfaatan Lingkungan sebagai Sumber Belajar untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa SMA di Kawasan Pesisir, Kalimantan Selatan. BIO-INOVED : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 1(2), 66–73. https://doi.org/10.20527/binov.v1i2.7859
Marlina, L. (2022). Peningkatan Pemahaman Siswa dalam Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Bangun Datar melalui Media Konkrit. Suluh: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 7(2), 20–24. https://doi.org/10.33084/suluh.v7i2.3392
Maryati, L. (2017). Integrasi Nilai-nilai Karakter Matematika melalui Pembelajaran Kontekstual. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 333–344. Diambil dari https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv6n3_3
Novitasari, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 2(2), 8–18. https://doi.org/10.24853/fbc.2.2.8-18
Nurdin, E., Muhandaz, R., Fitri, I., Kurniati, A., & Irma, A. (2018). Aplikasi Refleksi dalam Motif Tenun Melayu Riau. Seminar Nasional Pendidikan Matematika FKIP UIR, 107–117. Pekanbaru: UIR Press. Diambil dari https://snpm.uir.ac.id
Puspasari, R., Rinawati, A., & Pujisaputra, A. (2021). Pengungkapan Aspek Matematis pada Aktivitas Etnomatematika Produksi Ecoprint di Butik El Hijaaz. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 379–390.
Sanjani, M. A. (2021). Pentingnya Strategi Pembelajaran yang Tepat bagi Siswa. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 10(2), 32–37.
Sari, M. P., Kusuma, A., Hidayatullah, B., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2023). Penggunaan Metode Etnografi dalam Penelitian Sosial. Jurnal Pendidikan Sains dan Komputer, 3(1), 84–90. https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1956
Sunandar, M. A. (2016). Pembelajaran Matematika SMK Bernuansa Etnomatematika. Seminar Nasional Matematika X Universitas Negeri Semarang, 95–105. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v6i3.25521
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Indexed by: