Analisis Media Pembelajaran Matematika Berbasis Macromedia Flash untuk Memfasilitasi Motivasi Belajar Siswa pada Materi Garis dan Sudut
Abstract
Rendahnya motivasi belajar siswa pada materi garis dan sudut disebabkan karena kurangnya keinginan siswa belajar terhadap pembelajaran yang tidak menarik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menciptakan media pembelajaran garis dan sudut yang valid dan praktis untuk siswa kelas VII SMP/MTs, dibuat dengan Macromedia Flash, untuk memfasilitasi motivasi belajar siswa. Model pengembangan yang digunakan adalah model Borg and Gall yang terdiri dari fase potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji produk, revisi produk dan uji pemakaian. Validasi desain dilakukan oleh 3 validator yaitu 2 orang dosen pendidikan matematika dan 1 orang guru matematika. Peserta uji coba pada uji coba produk terdiri dari 6 siswa dan pada uji coba pemakaian 24 siswa dari kelas VII SMPN 1 Rambah. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi, angket respon siswa dan angket motivasi belajar siswa. Hasil validasi ketiga validator menunjukkan rata-rata 3,72 dengan kategori “sangat valid”. Kepraktisan media pada uji coba produk sebesar 0,93 termasuk kategori sangat praktis dan rata-rata motivasi belajar siswa sebesar 88,75 termasuk kategori sangat baik. Kepraktisan media pembelajaran pada uji coba pemakaian sebesar 0,91 termasuk dalam kategori sangat praktis dan rata-rata motivasi belajar siswa sebesar 86,98% termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan sangat valid dan sangat praktis untuk digunakan dalam pembelajaran matematika garis dan sudut.
Full Text:
PDFReferences
Akmalia, R., & Ulfah, S. (2021). Kecemasan dan Motivasi Belajar Siswa SMP Terhadap Matematika Berdasarkan Gender di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2285–2293. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.846
Alifia, Z., & Pradipta, T. R. (2021). Analisis Motivasi Belajar Matematika Siswa dalam Penerapan Edmodo di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1062–1070. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.591
Alyusfitri, R., Ambiyar, A., Aziz, I., & Amdia, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash 8 dengan Pedekatan Contextual Teaching and Learning Pada Materi Bangun Ruang Kelas V SD. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1281–1296. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.371
Amelia, C., & Manurung, A. S. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Audiovisual Powtoon terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4346–4355. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2848
Amir, A. (2016). Penggunaan Media Gambar dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Eksakta, 1(2), 34–40.
Deli, M. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Search Solve Create Share (SSCS) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII-2 SMP Negeri 13. Jurnal Primary, 4(1), 71–78. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v4i1.2725
Gusmana, I., & Amir, Z. (2024). Pemahaman Konsep Matematika Siswa Ditinjau Dari Motivasi Belajar Melalui Penggunaan Media Corong Berhitung dan Kartu Pecahan (Studi Kajian Literatur). Juring: Journal for Research in Mathematics Learning, 7(3), 229–238. https://doi.org/10.24014/juring.v7i3.22992
Habibah, A., Roza, Y., & Zulkarnain, Z. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer Model Tutorial Ineraktif Untuk Materi Pokok Lingkaran Kelas VIII SMP/Mts. Journal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 4(2), 1–14.
Heriyati, H. (2017). Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(1), 22–32. https://doi.org/10.30998/formatif.v7i1.1383
Novianti, N., Maula, L. H., & Amalia, A. R. (2022). Penerapan Media Pembelajaran Takbar untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1682–1693. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1407
Nurhasanah, E. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Sejarah Perkembangan Islam Berbasis Macromedia Flash untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. Ainara Journal: Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan, 2(3), 148–153. https://doi.org/10.54371/ainj.v2i3.69
Nurrawi, A. E. P., Zahra, A. T., Aulia, D., Greis, G., & Mubarok, S. (2023). Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 29–38. https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i1.1220
Nurwahid, M. (2021). Korelasi antara Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Online dengan Hasil Belajar Matematika di Masa Pandemi. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1127–1137. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.596
Oktaviani, R., & Dewi, D. P. (2020). Analisis Motivasi Belajar Siswa SMPN 8 Cimahi Menggunakan Media Visual Basic for Application Berbasis Microsoft Excel pada Materi Pecahan. Juring: Journal for Research in Mathematics Learning, 3(2), 133–140. https://doi.org/10.24014/juring.v3i2.9433
Rahmawati, D., & Hidayati, Y. M. (2022). Pengaruh Multimedia Berbasis Website Pada Pembelajaran Matematika Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2367–2375. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1465
Riki, R., & Kusno, K. (2023). Analisis Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Phi: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 135. https://doi.org/10.33087/phi.v7i2.269
Rubhan, M., Nofrizal, N., & Syazali, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 177–186. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i2.2014
Sabrina, R., Fauzi, F., & Yamin, M. (2018). Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar Siswa dalam Proses Pembelajaran Matematika di Kelas V SD Negeri Garot Geuceu Aceh Besar. Elementary Education Research, 2(3), 108–118.
Siregar, A., Sitorus, M., & Reflina. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Canva untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Relevan: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 286–289.
Wardani, K. ., & Setyadi, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Macromedia Flash Materi Luas dan Keliling untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(1), 73–84. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p73-84
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v7i4.21204
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Indexed by: