Pengembangan Electronic Module Mathematics Berbasis Steam Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Himpunan Untuk Siswa MTs
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Ayni, M. N., Sari, A., & Fitraini, D. (2023). E-Modul Bercirikan Etnomatematika Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Suska Journal of Mathematics Education, 9(1), 83–94. https://doi.org/10.24014/sjme.v9i1.19021
Benyamin, B., Qohar, A., & Sulandra, I. made. (2021). Analysis of Critical Thinking Ability of Class X IPA High School Students in Solving Story Questions in terms of Gender and Mathematical Ability. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 11(01), 28–41. https://doi.org/10.22437/EDUMATICA.V11I01.12297
Ernawati, I., & Sukardiyono, T. (2017). Uji Kelayakan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Administrasi Server. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2(2), 204–210. https://doi.org/10.21831/ELINVO.V2I2.17315
Farera, D., Andriani, L., & Fitri, I. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis BerdasarkanSelf Efficacy Siswa SMPN 42 Pekanbaru. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(2), 169–180. https://doi.org/10.24014/juring.v3i2.9385
Haataja, E., Garcia Moreno-Esteva, E., Salonen, V., Laine, A., Toivanen, M., & Hannula, M. S. (2019). Teacher’s Visual Attention When Scaffolding Collaborative Mathematical Problem Solving. Teaching and Teacher Education, 86, 102877. https://doi.org/10.1016/J.TATE.2019.102877
Hadinurdina, H., & Kurniati, A. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Problem Solving untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Madrasah Tsanawiyah. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(3), 189–198. https://doi.org/10.24014/juring.v1i3.5398
Ibrahim, N., & Ishartiwi, I. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Mata Pelajaran IPA untuk Siswa SMP. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(1), 80–88. https://doi.org/10.24176/RE.V8I1.1792
Lathiifah, I., & Kurniasi, E. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Pembelajaran SPLDV Berbasis STEM. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1273–1281. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.354
Lestari, E., Nulhakim, L., & Suryani, D. I. (2022). Pengembangan E-modul Berbasis Flip Pdf Professional Tema Global Warming Sebagai Sumber Belajar Mandiri Siswa Kelas VII. PENDIPA Journal of Science Education, 6(2), 338–345. https://doi.org/10.33369/PENDIPA.6.2.338-345
Nasution, R. S., Muhammad, K., Fauzi, A., & Syahputra, E. (2019). Developing Mathematics Problem Based on PISA Level of Space and Shape Content to Measure Student’s Mathematics Problem Solving Ability. American Journal of Educational Research, 7(10), 660–669. https://doi.org/10.12691/EDUCATION-7-10-1
Pixyoriza, P., Nurhanurawati, N., & Rosidin, U. (2022). Development of Digital Modules Based on STEM to Develop Problem Solving Ability. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 76–87. https://doi.org/10.22437/EDUMATICA.V12I01.17541
Pratiwi, W. I., & Noviarni, N. (2022). Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau Dari Disposisi Matematis Siswa. Suska Journal of Mathematics Education, 8(1), 65–74. https://doi.org/10.24014/sjme.v8i1.14889
Rahma Dani, P., & Amir, Z. M. (2021). Efektivitas Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Model Creative Problem Solving untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Suska Journal of Mathematics Education, 7(2), 123–128. https://doi.org/10.24014/SJME.V7I2.14025
Rahmi, D., Putra, M. A., & Kurniati, A. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Adversity Quotient (AQ) Siswa SMA. Suska Journal of Mathematics Education, 7(2), 85–94. https://doi.org/10.24014/sjme.v7i2.13306
Sapitri, L., Syofni, S., & Suanto, E. (2021). Validitas Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Model Discovery Learning pada Materi Trigonometri untuk Kelas X SMK/MAK. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 4(1), 7–18. https://doi.org/10.24014/juring.v4i1.12378
Saputri, E. M. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts dan Mathematic) Dilengkapi Multimedia pada Materi Sistem Koordinasi Kelas XI MIPA SMA N 1 Rambatan (IAIN Batusangkar). IAIN Batusangkar.
Sriwahyuni, N. A., & Mardono, M. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukasi Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IIS SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 9(2), 116–127. https://doi.org/10.17977/UM014v09i22016p0116
Utami, R., Nugroho, A., & Dwijayanti, I. (2018). Pengembangan E-modul Berbasis Etnomatematika untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(2), 268. https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i2.1458
Wahyuni, F. T. (2019). Hubungan antara Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) dengan Technology Integration Self Efficacy (TISE) Guru Matematika di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 2(2), 109–122. https://doi.org/10.21043/JPM.V2I2.6358
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v6i3.21092
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Indexed by: