Pengembangan Electronic Module Mathematics Berbasis Steam Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Himpunan Untuk Siswa MTs

Mustofa Mustofa, Fina Tri Wahyuni

Abstract


E-MOMATH berbasis STEAM dapat dipakai sebagai media bahan ajar yang dapat untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah materi himpunan. Himpunan merupakan materi pokok yang dipelajari di sekolah menengah pertama. Materi pokok himpunan dapat memberikan manfaat untuk peserta didik dalam kehidupan sehari – hari, namun beberapa peserta didik masih kesulitan dalam menyelesaikan soal himpunan. Maka dari itu tujuan peneliti yaitu mengembangan E-Modul Matematika berbasis digital. Penelitian R&D ini memakai model pengembangan 4D yaitu “Define, Design, Develop, and Desseminate”. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kevalidan atau kelayakan dengan memenuhi beberapa kriteria: uji kevalidan yang didapatkan dari hasil validasi ahli materi  memperoleh nilai 94,4%  dalam kategori sangat valid dan ahli media memperoleh nilai 73,16% dalam kategori valid. Uji Kepraktisan yang diperoleh dari guru dan peserta didik yaitu sebesar  83% dan 87,89%  keduanya dalam kategori sangat praktis. Serta uji untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dari nilai postest dan pretest mendapatkan nilai 0,44 dalam kategori sedang. Maka E-MOMATH berbasis STEAM untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah materi himpunan siswa MTs dapat digunakan dalam media pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


Ayni, M. N., Sari, A., & Fitraini, D. (2023). E-Modul Bercirikan Etnomatematika Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Suska Journal of Mathematics Education, 9(1), 83–94. https://doi.org/10.24014/sjme.v9i1.19021

Benyamin, B., Qohar, A., & Sulandra, I. made. (2021). Analysis of Critical Thinking Ability of Class X IPA High School Students in Solving Story Questions in terms of Gender and Mathematical Ability. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 11(01), 28–41. https://doi.org/10.22437/EDUMATICA.V11I01.12297

Ernawati, I., & Sukardiyono, T. (2017). Uji Kelayakan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Administrasi Server. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2(2), 204–210. https://doi.org/10.21831/ELINVO.V2I2.17315

Farera, D., Andriani, L., & Fitri, I. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis BerdasarkanSelf Efficacy Siswa SMPN 42 Pekanbaru. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(2), 169–180. https://doi.org/10.24014/juring.v3i2.9385

Haataja, E., Garcia Moreno-Esteva, E., Salonen, V., Laine, A., Toivanen, M., & Hannula, M. S. (2019). Teacher’s Visual Attention When Scaffolding Collaborative Mathematical Problem Solving. Teaching and Teacher Education, 86, 102877. https://doi.org/10.1016/J.TATE.2019.102877

Hadinurdina, H., & Kurniati, A. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Problem Solving untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Madrasah Tsanawiyah. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(3), 189–198. https://doi.org/10.24014/juring.v1i3.5398

Ibrahim, N., & Ishartiwi, I. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Mata Pelajaran IPA untuk Siswa SMP. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(1), 80–88. https://doi.org/10.24176/RE.V8I1.1792

Lathiifah, I., & Kurniasi, E. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Pembelajaran SPLDV Berbasis STEM. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1273–1281. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.354

Lestari, E., Nulhakim, L., & Suryani, D. I. (2022). Pengembangan E-modul Berbasis Flip Pdf Professional Tema Global Warming Sebagai Sumber Belajar Mandiri Siswa Kelas VII. PENDIPA Journal of Science Education, 6(2), 338–345. https://doi.org/10.33369/PENDIPA.6.2.338-345

Nasution, R. S., Muhammad, K., Fauzi, A., & Syahputra, E. (2019). Developing Mathematics Problem Based on PISA Level of Space and Shape Content to Measure Student’s Mathematics Problem Solving Ability. American Journal of Educational Research, 7(10), 660–669. https://doi.org/10.12691/EDUCATION-7-10-1

Pixyoriza, P., Nurhanurawati, N., & Rosidin, U. (2022). Development of Digital Modules Based on STEM to Develop Problem Solving Ability. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 76–87. https://doi.org/10.22437/EDUMATICA.V12I01.17541

Pratiwi, W. I., & Noviarni, N. (2022). Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau Dari Disposisi Matematis Siswa. Suska Journal of Mathematics Education, 8(1), 65–74. https://doi.org/10.24014/sjme.v8i1.14889

Rahma Dani, P., & Amir, Z. M. (2021). Efektivitas Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Model Creative Problem Solving untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Suska Journal of Mathematics Education, 7(2), 123–128. https://doi.org/10.24014/SJME.V7I2.14025

Rahmi, D., Putra, M. A., & Kurniati, A. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Adversity Quotient (AQ) Siswa SMA. Suska Journal of Mathematics Education, 7(2), 85–94. https://doi.org/10.24014/sjme.v7i2.13306

Sapitri, L., Syofni, S., & Suanto, E. (2021). Validitas Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Model Discovery Learning pada Materi Trigonometri untuk Kelas X SMK/MAK. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 4(1), 7–18. https://doi.org/10.24014/juring.v4i1.12378

Saputri, E. M. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts dan Mathematic) Dilengkapi Multimedia pada Materi Sistem Koordinasi Kelas XI MIPA SMA N 1 Rambatan (IAIN Batusangkar). IAIN Batusangkar.

Sriwahyuni, N. A., & Mardono, M. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukasi Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IIS SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 9(2), 116–127. https://doi.org/10.17977/UM014v09i22016p0116

Utami, R., Nugroho, A., & Dwijayanti, I. (2018). Pengembangan E-modul Berbasis Etnomatematika untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(2), 268. https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i2.1458

Wahyuni, F. T. (2019). Hubungan antara Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) dengan Technology Integration Self Efficacy (TISE) Guru Matematika di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 2(2), 109–122. https://doi.org/10.21043/JPM.V2I2.6358




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v6i3.21092

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter