Analisis E-LKPD Berbantuan Liveworksheets Berbasis PBL Materi Barisan dan Deret untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemahaman Matematis

Dhea Ika Putri, Sehatta Saragih, Syarifah Nur Siregar

Abstract


Rendahnya kemampuan pemahaman matematis peserta didik pada materi Barisan dan Deret disebabkan karena kurangnya ketersediaan bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik (E-LKPD) berbantuan Liveworksheets dengan model Problem Based Learning pada materi Barisan dan Deret kelas X SMK/MAK yang valid dan praktis. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) menggunakan model ADDIE yang meliputi tahapan Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini adalah lembar wawancara, lembar observasi, lembar validasi, dan angket respon peserta didik. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis validitas dan analisis praktikalitas. E-LKPD divalidasi oleh tiga validator dan direvisi sesuai saran validator, serta dilakukan uji coba kelompok kecil dan kelompok besar di SMK Multi Mekanik Masmur Pekanbaru untuk melihat kepraktisan E-LKPD. Hasil validasi E-LKPD 99,13% dengan kategori sangat valid. Hasil uji coba produk pada kelompok kecil 85,08% dengan kategori sangat praktis dan hasil uji coba produk pada kelompok besar 82,79% dengan kategori praktis. Hasil analisis data menunjukkan bahwa E-LKPD yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid dan praktis untuk digunakan peserta didik kelas X SMK/MAK


Full Text:

PDF

References


Anas, A., & A, F. (2018). Penerapan Model Pembelajaran REACT dalam Peningkatan Pemahaman Konsep Siswa. Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 6(2), 157–166. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v6i2.338

Firtsanianta, H., & Khofifah, I. (2022). Efektivitas E-LKPD Berbantuan Liveworksheet untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Proceeding UMSURABAYA, 1(1), 140–149.

Gazali, R. Y. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Matematika untuk Siswa SMP Berdasarkan Teori Belajar Ausubel. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 182. https://doi.org/10.21831/pg.v11i2.10644

Izzuddin, A. (2021). Implementasi Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 di Lembaga Pendidikan Dasar. AS_SABIQUN: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 45–63. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v3i1.1313

Kurniati, A., Jannah, N., & Fitraini, D. (2021). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 4(1), 51–62. http://dx.doi.org/10.24014/juring.v4i1.11334

Martiasari, A., & Kelana, J. B. (2022). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Manipulatif Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Profesi Pendidikan (JPP), 1(1), 1–10. https://doi.org/10.22460/jpp.v1i1.10356

Masjudin, M. (2016). Pembelajaran Kooperatif Investigatif Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Materi Barisan dan Deret. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 4(2), 76–84. https://doi.org/10.25273/jems.v4i2.687

Muharni, L. P. J., Roza, Y., & Maimunah, M. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis TIK Menggunakan Peta Wilayah untuk Menfasilitasi Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 148–163. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.395

Mustika, I., Latifah, L., & Primandhika, R. B. (2020). Pembelajaran Saintifik Berbasis ICT untuk Meningkatkan Kualitas Mengajar Guru di Kecamatan Gagak Kabupaten Subang Jawa Barat. Abdimas Siliwangi, 3(2), 339–350. https://doi.org/10.22460/as.v3i2p%25p.3593

Novitasari, D., Ms, A. T., Hamdani, D., Junaidi, J., & Arifin, S. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis Geogebra untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (JES-MAT), 7(1), 1–16. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v7i1.3916

Septiahani, A., Melisari, M., & Zanthy, S. (2020). Analisis Kesalahan Siswa SMK dalam Menyelesaikan Soal Materi Barisan dan Deret. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 311–322. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i2.644

Sofianti, F., & Afrilianto, M. (2021). Penerapan Pend

ekatan Saintifik untk Menumbuhkan Kemandirian Belajar pada Siswa SMK Kelas XI. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(3), 667–674. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i3.p%25p

Surani, D. (2019). Studi Literatur: Peran Teknolog Pendidikan Dalam Pendidikan 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 456–469.

Wahyuni, T., Makmur, A., & Rhamayanti, Y. (2020). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kubus dan Balok Kelas VIII-1 SMP Muhammadiyah 29 Padangsidimpuan. PeTeKa; Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengembangan Pembelajaran, 3(2), 170–179. http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v3i2.170-179

Wahyuningati, N. R., Sa’dijah, C., & Akbar, S. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Problem Based Learning Berbantuan Papan Lipat untuk Mendukung Pemahaman Konsep Pecahan Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(12), 1738–1748. http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v5i12.14314

Widodo, S. (2017). Development Of Student Activity Sheet Based on Scientific Approach to Improve Problem Solving Skill of Surrounding Environment in Elementary School Students. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(2), 189–204. https://doi.org/10.17509/jpis.v26i2.2270

Yanti, R., Laswadi, L., Ningsih, F., Putra, A., & Ulandari, N. (2019). Penerapan Pendekatan Saintifik Berbantuan Geogebra dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(2), 180–194. https://doi.org/10.26877/aks.v10i2.4399

Zebua, V., Rahmi, R., & Yusri, R. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Barisan Dan Deret Ditinjau Dari Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. LEMMA: Letters of Mathematics Education, 6(2). https://doi.org/10.22202/jl.2020.v6i2.4088




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v6i2.20948

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter