Menilik Kecemasan Matematika dari Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMA

Edy Saputra, Rahmy Zulmaulida, Ema Santiara

Abstract


Pendidikan merupakan usaha sadar untuk meningkatkan kualitas seseorang akan tetapi usaha sadar dapat menurun jika munculnya tidak percaya diri atau kecemasan. Kecemasan merupakan perilaku yang dapat menjadi penghambat dalam kegiatan pembelajaran. Kecemasan dapat diakibatkan oleh beberapa penyebab salah satunya adalah rendahnya koneksi matematis kemampuan matematis dalam mengenali hubungan pokok bahasan yang berbeda dalam matematika, menggunakan matematika dalam studi lainnya, dan menggunakan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Kemampuan Koneksi Matematis (dalam Materi SPLTV) terhadap Kecemasan Matematika Siswa SMA N 8 Takengon. Pendekatan penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian kausal dengan metode korelasional, yang menjadi populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMA N 8 Takengon yang berjumlah 97 siswa. Sampel yang diambil peneliti adalah kelas X Karena materi SPLTV dibahas atau dikaji hanya di kelas X, pengambilan sampel dengan metode purposive sampling. Jumlah responden yang diteliti 34 siswa. Teknik penggambilan data menggunakan soal uraian materi SPLTV dan angket kecemasan matematika. Dan data ini dianalisis dengan pengujian yaitu uji prasyarat dan analisis regresi. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menggunakan uji regresi dengan persamaan regresi  = 39,373 + (-0,887) (x), hal ini berarti Ha diterima pada taraf signifikan  = 0,05 dengan demikian regresi x dan y adalah signifikan kesimpulan hasil signifikansi regresi yaitu terdapat Pengaruh Kemampuan Koneksi Matematis Terhadap Kecemasan Matematika Siswa SMA N 8 Takengon. Setelah dilakukan perhitungan koefisien determinan diperoleh R =  adalah 0,247 yang berarti bahwa besarnya pengaruh koneksi matematis (materi SPLTV) terhadap kecemasan matematika siswa SMA N 8 Takengon sebesar 0,247 atau 24,7% dan sisanya 75,3% disebabkan oleh faktor lain. Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa siswa memiliki ketakutan, kewas-wasan terhadap materi matematika salah satunya materi SPLTV

Full Text:

PDF

References


Anita, I. W. (2014). Pengaruh Kecemasan Matematika (Mathematics Anxiety) Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Smp. Infinity Journal, 3(1), 125-132. https://doi.org/10.22460/infinity.v3i1.43

Astuti, J., & Caswita, C. (2021). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMA Berdasarkan Kecemasan Matematika. Media Pendidikan Matematika, 9(2), 95-107. https://doi.org/10.33394/mpm.v9i2.4476

Auliya, R. N. (2016). Kecemasan Matematika dan Pemahaman Matematis. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 12–22. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.748

Dzulfikar, A. (2016). Kecemasan Matematika Pada Mahasiswa Calon Guru Matematika. JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(1), 34-44. https://doi.org/10.26594/jmpm.v1i1.508

Fauzi, M. M., & Budiarto, M. T. (2018). Identifikasi Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Smk Dengan Kemampuan Matemtika Tinggi Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika …. MATHEdunesa, 7(2), 380–387.

Hadi, F. Z., Fathurrohman, M., & Hadi, C. A. (2020). Kecemasan Matematika Dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Di Sekolah Menengah Pertama. ALGORITMA: Journal of Mathematics Education, 2(1), 59–72. https://doi.org/10.15408/ajme.v2i1.16312

Hamdani, M. F., & Nurdin, E. (2020). Kemampuan Koneksi Matematis Berdasarkan Minat Belajar Siswa. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(3), 275–282. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/juring.v3i3.10346

Ichi, I. (2021). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Kepribadian Anak. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 1(1), 28–31. https://doi.org/10.31004/innovative.v1i1.2032

Indriani, N. D., & Noordyana, M. A. (2021). Kemampuan Koneksi Matematis Melalui Model Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, and Extending dan Means Ends Analysis. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 339–352. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i2.1266

Izzati, N. (2017). Pengaruh kemampuan koneksi dan disposisi matematis terhadap hasil belajar geometri bidang datar mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon. EduMa, 6(2), 33-40. https://doi.org/10.24235/eduma.v6i2.2231

Nugraha, A. A. (2018). Analisis kemampuan koneksi matematis siswa SMP pada materi sistem persamaan linear dua variabel ( SPLDV ). Suska Journal of Mathematics Education, 4(1), 59–64. https://doi.org/10.24014/sjme.v3i2.3897

Nurainah, N., Maryanasari, R., & Nurfauziah, P. (2018). Analisis Kesulitan Kemampuan Koneksi Matematis Siwa Smp Kelas Viii Pada Materi Bangun Datar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(1), 61-68. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i1.p61-68

Nurdin, E., Nufus, H., & Hasanuddin. (2018). Pengaruh pendekatan visual thinking terhadap kemampuan koneksi matematis. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 17–26. https://doi.org/https://doi.org/10.22236/KALAMATIKA.vol3no1.2018pp17-26

Saleh, A. A. (2018). Pengantar Psikologi. Aksara Timur.

Saputra, E., Wahyudin, & Dahlan, J. A. (2018). The enhancement of spatial levels reviewed from students’ cognitive styles. Journal of Physics: Conference Series, 1028(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1028/1/012093

Setiawan, M., Pujiastuti, E., & Susilo, B. E. (2021). Tinjauan Pustaka Systematik: Pengaruh Kecemasan Matematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 13(2), 239–256. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.870

Susanto, H. P. (2016). Analisis Hubungan Kecemasan, Aktivitas, dan Motivasi Berprestasi dengan Hasil Belajar Matematika Siswa. Beta Jurnal Tadris Matematika, 9(2), 134-147. https://doi.org/10.20414/betajtm.v9i2.10

Yusuf, A. A., Bito, N., Nurwan, N., & Zakaria, P. (2022). Deskripsi Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Pada Materi Teorema Pythagoras. Jambura Journal of Mathematics Education, 3(1), 10–17. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v3i1.11028




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v5i4.20590

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter