Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Model Creative Problem Solving (CPS) Untuk Memfasilitasi Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP/MTs Pada Materi SPLDV

Afdhal Fauzan, Suhandri Suhandri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS berbasis model creative problem solving dengan materi SPLDV pada jenjang SMP/MTs untuk Memfasilitasi Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang memuat lima tahapan yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Subjek penelitian terdiri dari ahli materi pembelajaran yang melibatkan dua orang dosen dan seorang guru, sementara ahli teknologi pendidikan melibatkan seorang guru dan dua dosen, serta beberapa siswa sebagai responden. Objek penelitian adalah LKS matematika berbasis model creative problem solving pada materi SPLDV. Tahap awal adalah analisis terhadap kinerja dan kebutuhan siswa, kemudian berdasarkan analisis tersebut dirancang sebuah LKS yang selanjutnya dikembangkan, diimplementasikan serta diujikan. Berdasarkan analisis diperoleh bahwa untuk dapat mengasah kemampuan komunikasi matematis siswa, guru membutuhkan bahan ajar yang dapat membantu siswa untuk melatih dan mengembangkan kemampuan komunikasi matematisnya. Melalui hasil penelitian pengembangan ini LKS yang terbukti valid, prakti, dan efektif diharapkan dapat membantu siswa meningkatkan kemampuan komunikasi matematisnya.


Full Text:

PDF

References


Anggraini, D., Testiana, G., & Wardani, A. K. (2020). Pembelajaran Matematika Materi SPLDV Menggunakan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS). Suska Journal of Mathematics Education, 6(2), 119–128. https://doi.org/10.24014/SJME.V6I2.9124

Darmadi, Suprapto, E., Krisdiana, I., & Setyansah, R. K. (2022). Inovasi Pembelajaran Matematika Abad 21. Magetan: Ae Media Grafika.

Fitraini, D., Rahmayani, I., & Irma, A. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Self Esteem Siswa SMK/SMA. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 5(2), 177–186. https://doi.org/10.24014/JURING.V5I2.16856

Hestika, S., Zulkifli, Z., & Nufus, H. (2021). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis berdasarkan Self Efficacy Siswa. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 4(1), 29–40. https://doi.org/10.24014/JURING.V4I1.12025

Hidayanti, T., & Ain, S. (2021). Lembar Kerja Siswa (LKS) Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Bangun Datar Kelas IV. Mimbar Ilmu, 26(2), 186–192. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.37261

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2014. Jakarta.

Khairani, M., & Yenti, F. (2018). Efektifitas Bahan Ajar Mata Kuliah Matematika Diskrit Berbasis Konstruktivisme. Suska Journal of Mathematics Education, 4(2), 100–107. https://doi.org/10.24014/SJME.V4I2.5888

Maspupah, A., & Purnama, A. (2020). Analisis Kesulitan Siswa MTs Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Ditinjau dari Perbedaan Gender. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 237–246. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.193

The National Council of Teachers of Mathematics. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Amerika Serikat: NCTM.

Nayan, A. D., & Fitri, I. (2021). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 4(2), 171. https://doi.org/10.24014/JURING.V4I2.11803

Nurjannah, Z., & Irma, A. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembeljaran Creative Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa SMP Negeri 40 Pekanbaru. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(3), 227–235. https://doi.org/10.24014/JURING.V1I3.4776

Rahma Dani, P., & Amir, Z. M. (2021). Efektivitas Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Model Creative Problem Solving untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Suska Journal of Mathematics Education, 7(2), 123–128. https://doi.org/10.24014/SJME.V7I2.14025

Riduwan. (2020). Belajar mudah Penelitian untuk Guru Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Saputra, E., & Zulmaulida, R. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran Deduktif Siswa pada Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS). Suska Journal of Mathematics Education, 7(2), 113–122. https://doi.org/10.24014/SJME.V7I2.14788

Shella, M., Iriani, B., & Rilia, I. (2021). Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Vidya Karya, 33(1), 1–20. Diambil dari http://eprints.ulm.ac.id/10180/

Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Diambil dari https://scholar.google.com/scholar?hl=en&as_sdt=0%2C5&q=Metodologi+Penelitian+kuantitatif%2C+kualitatif%2C+dan+R%26D&btnG=

Triana, C. R., & Rahmi, D. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Materi Lingkaran: Analisis Deskriptif Berdasarkan Self Confidence Siswa SMP IT Insan Utama 2. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 4(1), 19–28. https://doi.org/10.24014/JURING.V4I1.10491

Yuliani, D., Andriani, L., & Fitri, I. (2020). Pengaruh Penerapan Pendekatan RME (Realistic Mathematic Education) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Berdasarkan Self Efficacy Siswa SMPN 18 Pekanbaru. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(2), 193–200. https://doi.org/10.24014/juring.v3i2.9386

Zubainur, C. M., & Bambang, R. M. (2020). Perencanaan Pembelajaran Matematika. Banda Aceh: Syiah Kuala University Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v6i1.20002

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter