Petunjuk Praktikum Elektronik Aljabar Linear Berbasis Nilai-nilai Kesilaman Berbantuan Wolfram Mathematica

Mela Aziza, Asmara Yumarni

Abstract


Penelitian ini bertujuan melakukan pengembangan dan pengujian kelayakan petunjuk praktikum elektronik Aljabar Linear berbasis nilai-nilai keislaman berbantuan Wolfram Mathematica. Tahap pengembangan yang dilakukan menggunakan pengembangan model Plomp namun dibatasi hanya sampai empat fase yaitu fase investigasi awal, fase desain, fase realisasi, dan fase tes, evaluasi dan revisi.  Setelah dilakukan analsisis masalah dan kebutuhan serta dilakukan pengembangan, petunjuk praktikum diuji kelayakannya kepada lima ahli (ahli materi, bahasa, dan media). Dari uji kelayakan ini diperoleh data kuantitatif dan kualitatif. Analisis data kualitatif menunjukkan bahwa ada perubahan kategori kelayakan sebelum dan sesudah revisi prototype petunjuk praktikum yaitu dari kategori Layak menjadi Sangat Layak. Sedangkan dari data kualitatif, dilakukan sepuluh bagian revisi terhadap petunjuk praktikum sehingga dihasilkan produk Akhir yang bisa diakses secara offline maupun online.

Full Text:

PDF

References


Agustyaningrum, N., & Yusnita, Y. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Struktur Aljabar Berbasis Pendekatan Deduktif untuk Meningkatkan Hot Skill Mahasiswa Universitas Riau Kepulauan (UNRIKA) Batam. JURNAL DIMENSI, 6(2), 184–195. https://doi.org/10.33373/dms.v6i2.1045

Aprianka, S., Setiani, A., & Imswatama, A. (2021). Validitas E –Modul Berbasis Open Ended Meteri Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Pada Pembelajaran Daring untuk Siswa SMK. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 3111–3122. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.896

Arianatasari, A., & Hakim, L. (2018). Penerapan Desain Model Plomp Pada Pengembangan Buku Teks Berbasis Guided Inquiry. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 6(1), 36–40. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/35/article/view/24947

Arnila, R., Purwaningsih, S., & Nehru, N. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematic) pada Materi FLuida Statis dan FLuida Dinamis Menggunakan Software Kvisoft Flipbook Maker. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1). https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i1.1216

Atikah, N., Gistituati, N., Fitria, Y., & Syarifuddin, H. (2021). Validitas E-Modul Matematika Sekolah Dasar Berbasis Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Jurnal Basicedu, 5(6), 6103–6109. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1799

Aziza, M. (2021). Pengembangan E-Module Audiovisual Operasi Aritmatika Dasar Berbasis Pemahaman Konsep dan Nilai-Nilai Akhlak. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(2), 237–258. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v9n2.p237--258

Batubara, H. H. (2021). Media Pembelajaran Digital. PT Remaja Rosdakarya. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=Uo9DEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA66&dq=unsur+media+digital+yang+harus+dipertimbangkan&ots=kl--o4ZypW&sig=GV1t5gcPTXwdDbNv-S_7rhpKN_w&redir_esc=y#v=onepage&q=unsur media digital yang harus dipertimbangkan&f=false

Fourilla, F., & Fauzi, A. (2021). Validasi Emodul Fisika SMA Berbasis Inquiry Based Learning Terintegrasi Mitigasi Bencana Kekeringan. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 7(2), 113–120. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jppf/article/viewFile/114346/105524

Gufran, G., & Mataya, I. (2020). Pemanfaatan E-Modul Berbasis Smartphone Sebagai Media Literasi Masyakarat. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(2). https://doi.org/10.36312/jisip.v4i2.1060

Hikmah, N., & Haqiqi, A. K. (2021). Pengembangan E-Modul Matematika Terintegrasi Nilai-Nilai Islam Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Bentuk Aljabar. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 4(1), 125–140. https://doi.org/10.30762/factor_m.v4i1.3438

Jubaerudin, J. M., Supratman, & Satya, S. (2021). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Android Berbantuan Articulate Storyline 3 Pada Pembelajaran Matematika di Masa Pandemi. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 3(2), 178–189. https://doi.org/10.37058/jarme.v3i2.3191

Maulani, A., Hayati, S. S. N., & Surati, A. (2021). Pembelajaran Operasi dan Bentuk Aljabar Matematika Dengan Photomath di SMP Negeri 1 TERAS. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) - Aphelion, 2(1), 23–28. http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JPKA/article/view/12284

Muhammad, I., Yolanda, F., Andrian, D., & Rezeki, S. (2022). Pengembangan Media Interaktif Menggunakan Adobe Flash CS6 Profesional Pada Materi Relasi Dan Fungsi. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 4(1), 128–140. https://doi.org/10.37058/jarme.v4i1.3958

Mustaqim, I., & Kurniawan, N. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality. Jurnal Edukasi Elektro, 1(1), 36–48. http://journal.uny.ac.id/index.php/jee/

Novianti, Hartoyo, A., & Nursangaji, A. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Bersumber Al-Qur’an Berbentuk Modul Pada Materi Fungsi Kelas X. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 3(2), 217–232. https://doi.org/10.37058/jarme.v3i2.3357

Nugroho, A. A., Harun, L., & Rahmawati, N. D. (2017). Efektifitas Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Wolfram Mathematica Pada Mata Kuliah Aljabar Linier. Euclid, 3(1), 366–473. https://doi.org/10.33603/e.v3i1.326

Rahmawati, N. D., Nugroho, A. A., & Harun, L. (2019). Implementasi Pembelajaran Matematika Berbasis Bahan Ajar Wolfram Mathematica Pada Materi Aljabar Linear. Euclid, 6(1), 44–52. https://doi.org/10.33603/e.v6i1.1770

Rajagukguk, R., Febrian, F., & Ramadhona, R. (2020). Validitas Modul Berbasisi Exe-Learning Pada Materi Trigonometri Kelas X SMA. Student Online Journal, 1(2), 681–685. https://soj.umrah.ac.id/index.php/SOJFKIP/article/view/567

Ramadhani, R., & Fitri, Y. (2020). Validitas E-Modul Matematika Berbasis EPUB3 Menggunakan Analisis Rasch Model. Jurnal Gantang, 5(2). https://doi.org/10.31629/jg.v5i2.2535

Restina, R., Asmara, D. N., & Husni, R. (2021). Pengembangan E-Module Pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas V SD Negeri 14 Koto Baru. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 9(1). https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v9i1.1124

Rochmad. (2012). Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Diterbitkan Oleh Jurusan Matematika FMIPA UNNES, 3(1), 59–72. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreano/article/view/2613

Santosa, A. S. E., Santyadiputra, G. S., & Divayana, D. G. H. (2017). Pengembangan E-Modul Berbasis Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Administrasi Jaringan Kelas Xii Teknik Komputer Dan Jaringan Di Smk Ti Bali Global Singaraja. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 6(1), 62. https://doi.org/10.23887/karmapati.v6i1.9269

Sipayung, T. N., & Simanjuntak, S. D. (2017). Validitas Modul Matematika Kelas X SMA Dengan Menerapkan Variasi Model Pembelajaran Kooperatif. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 3(1), 30–36. https://doi.org/10.30743/mes.v3i1.217

Sugiharni, G. A. D. (2018). Pengembangan Modul Matematika Diskrit Berbentuk Digital Dengan Pola Pendistribusian Asynchronous Menggunakan Teknologi Open Source. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 7(1), 58. https://doi.org/10.23887/janapati.v7i1.12667

Syarmadi, Izzati, N., & Febrian. (2020). Validitas Modul Elektronik Matematika Sebagai Bahan Berbasis Augmented Reality Ajar Pada Materi Bangun Ruang Kubus dan Balok Kelas VIII SMP. Student Online Journal, 1(2), 701–708. https://soj.umrah.ac.id/index.php/SOJFKIP/article/view/572/495

Ulinuha, N., Khabibah, S., & Faizah, S. (2020). Analisis Validasi Pengembangan Modul Pembelajaran Kubus dan Balok Berbasis Contextual Teaching and Learning. Ed-Humanistics : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 698–702. https://doi.org/10.33752/ed-humanistics.v5i2.1070




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v6i1.19851

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter