Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Model Realistic Mathematics Education (RME) Pada Materi Statistika

Indun Ariningsih, Depi Fitraini, Arnida Sari, Ade Irma

Abstract


Pentingnya bahan ajar dalam keberhasilan proses pembelajaran merupakan hal yang melatarbelakangi penelitian ini, oleh karena itu guru harus selalu melakukan inovasi dalam pembelajaran agar pembelajaran menjadi lebih menarik. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis model Realistict Mathematics Eduacation (RME) yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Siswa MTs Pondok Pesantren Sultan Syarif Kasim Tuah Indrapura sebagai subjek dalam penelitian ini dan LKS berbasis model RME pada materi Statistika sebagai objek penelitian. Teknik pengumpulan data terdiri dari teknik tes dan non tes. Teknik tes berupa lembar soal posttest, Teknik nontes berupa angket uji validitas dan uji praktikalitas. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Berdasarkan uji validitas LKS diperoleh hasil sangat valid, hasil uji praktikalitas baik kelompok kecil maupun kelompok terbatas diperoleh hasil sangat praktis dan hasil uji post-test menyatakan bahwa terdapat perbedaan signifikan dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil tersebut menyatakan bahwa LKS yang telah dikembangkan pada materi statistika memberi dampak yang positif terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hal itu, dapat dinyatakan bahwa LKS yang telah dikembangkan layak untuk digunakan karena memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.


Full Text:

PDF

References


A. Pribadi, B. (2010). Model Desain Sistem Pembelajaran. Dian Rakyat.

Amir, Z., & Risnawati. (2015). Psikologi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Aswaja Pressindo. Diambil dari http://repository.uin-suska.ac.id/10388/

Andari, T., & Komsiatun, E. (2018). Pengembangan LKS Berbasis Pendekatan Realistic Mathematics Education untuk Meningkatkan Kemampuan Matematis Siswa. AKSIOMA: Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro, 7(1), 155–160. http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v7i1.1362

Anggraini, R., Wahyuni, S., & Lesmono, A. D. (2016). Pengembangan lembar kerja siswa (Lks) berbasis keterampilan proses di SMAN 4 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(4), 350–365.

Atika, N., & Mz, Z. A. (2016). Pengembangan LKS Berbasis Pendekatan RME untuk Menumbuhkembangkan Kemampuan Berfikir Kritis Matematis Siswa. Suska Journal of Mathematics Education, 2(2), 103–110. http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v2i2.2126

Faizah, H., & Astutik, E. P. (2017). Efektivitas lembar kerja siswa (LKS) berbantuan software geogebra pada materi program linier. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 3(2), 103–110.

Halija, H., Khasna, F. T., & Arifin, A. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Siswa Kelas IV MI Nurul Huda Kupang. Jurnal Elementary : Kajian Teori Dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 4(1), 49–52. https://doi.org/10.31764/elementary.v4i1.3786

Haryonik, Y., & Bhakti, Y. B. (2018). Pengembangan bahan ajar lembar kerja siswa dengan pendekatan matematika realistik. MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 6(1), 40–55.

Hidayat, A., & Irawan, I. (2017). PENGEMBANGAN LKS BERBASIS RME DENGAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 51–63. https://doi.org/10.31004/cendekia.v1i2.20

Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Nasrullah, N., & Amalia, D. A. (2020). Analisis bahan ajar. Nusantara, 2(2), 311–326.

Nababan, S. A. (2018). PENGEMBANGAN BUKU AJAR PENDIDIKAN MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN RME TERINTEGRASI ICT UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MAHASISWA PGSD. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 140–148.

Rengganis, P. (2018). Efektivitas Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berbasis Pendekatan Realistics Mathematic Education (RME) Materi Statistika Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(3), 1838–1844. https://doi.org/10.31004/jptam.v2i3.177

Riduwan. (2020). Belajar Mudah Penelitian untuk guru-karyawan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Sampurno, P. J., Maulidiyah, R., & Puspitaningrum, H. Z. (2015). Implementasi Kurikulum 2013: MOODLE (Modular Object Oriented Dynamic Learning Environment) dalam pembelajaran fisika melalui lembar kerja siswa pada materi optik di SMA (Halaman 54 sd 58). Jurnal Fisika Indonesia, 19(56).

Sari, P. P., & Mz, Z. A. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Model Pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 4(3), 269–276. https://doi.org/10.24014/juring.v4i3.14024

Siahaan, T. M. (2020). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 5(2), 50–57. https://doi.org/10.30743/mes.v5i2.2549

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D). Bandung: ALFABETA.

Yusdiana, B. I., & Hidayat, W. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMA pada Materi Limit Fungsi. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 409–414.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v6i1.19150

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter