Pemahaman Konsep Matematika Siswa Berdasarkan Jenis Kelamin

Novia Rahmatul Azizah, M. Imamuddin, Aniswita Aniswita, Tasnim Rahmat

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep matematika siswa berdasarkan jenis kelamin. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X IPA SMA N 1 Kecamatan Mungka yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan tes. Hasil penelitian dari 8 siswa laki-laki sebanyak 5 siswa memperoleh kriteria pemahaman konsep sangat rendah dengan presentase sebesar 62%, 2 siswa berkriteria pemahaman konsep rendah dengan presentase sebesar 25%, dan 1 siswa memperoleh kriteria pemahaman konsep cukup dengan presentase sebesar 13%. Sedangkan kemampuan pemahaman konsep siswa perempuan dari 13 siswa adalah sebagai berikut: 5 siswa memperoleh kriteria pemahaman konsep sangat baik dengan presentase sebesar 38.46%, 5 siswa memperoleh kriteria pemahaman konsep baik dengan presentase sebesar 38.46%, 2 siswa memperoleh kriteria pemahaman konsep cukup dengan presentase sebesar 15.38%, dan 1 siswa memiliki kriteria pemahaman konsep sangat rendah dengan presentase sebesar 7.7%. Berdasarkan hasil penelitian terdapat perbedaan pemahaman konsep antara siswa laki-laki dan perempuan, dimana pemahaman konsep siswa perempuan lebih unggul dari siswa laki-laki. Hal ini dapat dilihat dari kriteria presentase pemahaman konsep siswa. Rendahnya pemahaman konsep sebagian siswa disebakan karena adanya kesulitan yang dihadapi siswa dalam memahami konsep 


Full Text:

PDF

References


Agustin, S., Fitraini, D., Rahmi, D., & Fitri, I. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Search Solve Create Share (SSCS) terhadapa Pemahaman Konsep Matematis ditinjau dari Pengetahuan Awal siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 12.

Aulia, J., Fitraini, D., & Risnawati, R. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Scaffolding terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Berdasarkan Self Efficacy Siswa SMP/MTs. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(4), 367–374. doi: 10.24014/juring.v3i4.10647

Azizah, N., & Imamuddin, M. (2022). Level Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika. Kariwari Smart : Journal of Education Based on Local Wisdom, 2(2), 76–87. doi: 10.53491/kariwarismart.v2i2.298

Febrianti, S., & Imamuddin, M. (2022). Deskripsi Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Berdasarkan Gender. Ar-Riyadhiyyat: Journal of Mathematics Education, 3(1), 21–30. doi: 10.47766/arriyadhiyyat.v3i1.483

Ilyas, M., & Basir, F. (2016). Analysis of Students Conceptual Understanding of Mathematics On Set at Class VII SMP Frater Palopo. Proceeding International Conference on Mathematic, Science, Technology, Education and Their Applications, 1(1). Retrieved from https://ojs.unm.ac.id/icmstea/article/view/2631

Imamuddin, M. (2016). Implementasi Model Pencapaian Konsep pada Pembelajaran Matematika. Prosiding Semnasdik 2016 Prodi Pend. Matematika FKIP Universitas Madura, (1), 284–291.

Imamuddin, M. (2018). Kemampuan Spasial Mahasiswa Laki-Laki dan Perempuan dalam Menyelesaikan Masalah Geometri. Humanisma: Journal of Gender Studies, 1(2), 38–47. doi: 10.30983/jh.v1i2.223

Imamuddin, Muhammad, Isnaniah, I., Rusdi, R., & Pedinal, P. (2019). Gender Based Perception on Understanding Mathematics Concept by Using PBL. Humanisma : Journal of Gender Studies, 3(1), 58–74. doi: 10.30983/humanisme.v3i1.1061

Isnaniah, I. (2018). Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Berdasarkan Gender. Humanisma : Journal of Gender Studies, 1(2), 13–23. doi: 10.30983/jh.v1i2.254

Isnaniah, & Imamuddin, M. (2020). Students’ Understanding of Mathematical Concepts Using Manipulative Learning Media in Elementary Schools. Journal of Physics: Conference Series, 1471(1), 012050. doi: 10.1088/1742-6596/1471/1/012050

Jati, H. S., Amalia, H., Putri, A. A., Faradillah, A., & Siswanto, R. D. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Ditinjau dari Gender dalam Menyelesaikan Soal Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pattimura, 1–8. doi: 10.30598/snpmunpatti.2021.pp1-8

Khasanah, M., Utami, R. E., & Rasiman, R. (2020). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMA Berdasarkan Gender. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(5), 347–354. doi: 10.26877/imajiner.v2i5.6517

Kurniasi, E. R. (2016). Profil Pemahaman Matematis Mahasiswa Pendidikan Matematika Ditinjau dari Jenis Kelamin. Jurnal Prima, V(II), 1–7.

Marwiyah, S., Sari, A., & Fitraini, D. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran REACT Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa MTs Darul Hikmah Pekanbaru. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(1), 043–052. doi: 10.24014/juring.v3i1.8902

Mulyono, B., & Hapizah, H. (2018). Pemahaman Konsep dalam Pembelajaran Matematika. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 103–122. doi: 10.22236/KALAMATIKA.vol3no2.2018pp103-122

Putri, W. O. R. E., Samparadja, H., & Jazuli, L. O. A. (2021). Perbandingan Kemampuan Pemahamn Matematis Peserta Didik Ditinjau dari Jenis Kelamin Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 9(2), 309–322. doi: 10.36709/jppm.v9i2.17523

Rahmah, N., M.Imamuddin, & Rahmat, T. (2020). Aktivitas Belajar dan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Di Kelas Xi Mipa Sma N 5 Bukittinggi Tahun Pelajaran 2019/2020. MATH EDUCA Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 81–94.

Rifa’i, R., & Dahliyah, C. (2018). Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Smpn Satu Atap 8 Banjarsari Melalui Pendidikan Matematika Realistik Indonesia. BIORMATIKA Jurnal Ilmiah FKIP Universitas Subang, 4(01), 2580–6335.

Suherman, E. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Suraji, S., Maimunah, M., & Saragih, S. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Suska Journal of Mathematics Education, 4(1), 9–16. doi: 10.24014/sjme.v4i1.5057

Turmuzi, M., Kurniati, N., & Azmi, S. (2021). Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar Ditinjau dari Gender dan Gaya Belajar. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 25–37. doi: 10.20527/edumat.v9i1.10371

Utami, C., & Anitra, R. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Berdasarkan Gender pada Pembelajaran Realistic Mathematics Education Berbantuan Alat Peraga PANDU. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(3), 475. doi: 10.33394/jk.v6i3.2872

Winata, R., & Friantini, R. N. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Ditinjau dari Minat Belajar dan Gender. AlphaMath : Journal of Mathematics Education, 6(1), [1-18]. doi: 10.30595/alphamath.v6i1.7385

Yuberta, K. R., Setiawati, W., & Kurnia, L. (2020). Pengaruh Math Anxiety Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Berdasarkan Gender. AGENDA: Jurnal Analisis Gender Dan Agama, 2(1), 81–87. doi: 10.31958/agenda.v2i1.1995

Zarkasyi, W. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v5i3.19105

Refbacks



Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter