Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII SMP/MTs

Rini Dian Anggraini, Titi Solfitri, Maya Angraini

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang masih rendah dan kesulitan guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum 2013. Sehubungan dengan hal ini maka perlu upaya untuk membantu guru dalam menyediakan perangkat pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013. Tujuan penelitian adalah menghasilkan perangkat pembelajaran matematika yang terdiri dari Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan Lembar Aktivitas Siswa (LAS) berbasis Problem Based Learning materi sistem persamaan linear dua variabel untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP/MTs yang valid dan praktis. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4D yang terdiri dari tahap define (pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi perangkat pembelajaran, dan angket respon siswa. Perangkat pembelajaran yang telah disusun kemudian divalidasi oleh 3 validator dan direvisi sesuai saran dari validator.  Berdasarkan hasil analisis data diperoleh rata-rata hasil validasi silabus adalah 3.84, rata-rata hasil validasi RPP adalah 3.73, dan rata-rata hasil validasi LAS adalah 3.75 dari skala 4.00, sehingga perangkat yang dihasilkan dikategorikan sangat valid. Perangkat pembelajaran yang telah valid kemudian diuji coba kelompok kecil dengan subjek 6 siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pangean menggunakan LAS. Hasil analisis data kepraktisan terhadap LAS adalah 91.63% yang dikategorikan sangat praktis.

 

Kata Kunci: Perangkat pembelajaran, Problem Based Learning, Validasi, Praktis.


Full Text:

PDF

References


Akbar, S. (2015). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya

Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Atika, N., Roza, Y., & Murni, A. (2020). Development of Learning Tools by Application of Problem Based Learning Models to Improve Mathematical Communication Capabilities of Sequence and Series Materials. Journal of Educational Sciences, 4(1), 62–72.

Fitria, R., Hutapea, N. M., & Zulkarnain. (2020). Development of Mathematics Learning Devices by Applying Problem Based Learning to Increase Students Mathematical Solving Skills of Class VII Junior High School. Journal of Educational Sciences, 4(2), 368–379.

Hamidy, A & Jailani, J. (2019). Kemampuan Proses Matematis Siswa Kalimantan Timur dalam Menyelesaikan Soal Matematika Model PISA. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(2), 133-149.

Junitasari, Roza, Y., & Yuanita, P. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Model Core untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 744-758.

Nurzazili, Irma, A. & Rahmi, D. (2018). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berbasis Problem Based Learning (PBL) Untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di SMA Negeri 10 Pekanbar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 172-179.

Putri, A., Roza, Y., & Maimunah. (2020). Development of Learning Tools with the Discovery Learning Model to Improve the Critical Thinking Ability of Mathematics. Journal of Educational Sciences, 4(1), 83–92.

Radeswandri. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Materi Bilangan Bulat. Suara Guru: Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, dan Humaniora, 2(2).

Sudijono, A. (2011). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.

Sumartini, T.S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2).

Trianto. (2015). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, dan kontekstual. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Ulya, H. (2016). Profil kemampuan pemecahan masalah siswa bermotivasi belajar tinggi berdasarkan ideal problem solving”. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(1).

Yustianingsih R., Syarifuddin H. & Yerizon. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII. Jurnal JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 258-274.

Zulkarnain & Susda. (2014). Strategi Pembelajaran Matematika. Pekanbaru: Cendika Insani.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v6i1.18464

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter