Validitas dan Praktikalitas Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Model Problem Based Learning untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas IX Materi Persamaan Kuadrat
Abstract
Perangkat pembelajaran dapat ditentukan dengan cara guru bidang studi mengemas perangkat pembelajarannya, karena untuk mencapai tujuan dari pembelajaran yang salah satunya memfasilitasi KPMM merupakan fungsi dari perangkat pembelajaran dalam memandu proses pelaksanaan pembelajaran. Perangkat pembelajaran (Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Aktivitas Siswa (LAS)) matematika menerapkan model Problem Based Learning untuk memfasilitasi KPMM siswa pada materi persamaan kuadrat untuk dipakai siswa kelas IX SMP/MTs yang valid dan praktis merupakan tujuan penelitian ini. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menerapkan model pengembangan 4-D (define, design, develop, disseminate). Instrumen pengumpulan data yang dipakai pada penelitian ini adalah lembar validasi silabus, RPP dan LAS serta menggunakan angket respon siswa. Hasil penelitian pengembangan ini memperlihatkan bahwa silabus dan RPP yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat valid diperoleh rata-rata silabus 91,32% dan RPP 89,21%. Sementara LAS yang dikembangkan valid dengan rata-rata LAS 79,40%. Selain itu, LAS memiliki kriteria sangat praktis diperoleh rata-rata LAS 94,90%.
Full Text:
PDFReferences
Akbar, S. (2017). Instrumen Perangkat Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya Offset.
Akbarita, R., & Narendra, R. (2019). Pengembangan modul pembelajaran berbasis masalah untuk membantu meningkatkan kemampuan penalaran siswa SMK pada materi fungsi, persamaan fungsi linier dan fungsi kuadrat. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 4(1), 1–4.
Andi, P., Ariswoyo, S., & Mujib, A. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa antara Model Problem Based Learning (PBL) dengan Model Think Pair Share (TPS) Berbantu Autograph. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 31–39.
Eggen, P., & Kauchak, D. (2016). Strategi dan Model Pembelajaran (Mengajarkan Konten dan Keterampilan Berpikir) Edisi Keenam. PT Indeks.
Farera, D., & Fitri, I. (n.d.). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis BerdasarkanSelf Efficacy Siswa SMPN 42 Pekanbaru. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(2), 169–180.
Fitri, M., Yuanita, P., & Maimunah, M. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Terintegrasi Keterampilan Abad 21 Melalui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL). Jurnal Gantang, 5(1), 77–85.
Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. PT Refika Aditama.
Kesumyanti, N. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Materi Persamaan Kuadrat Berbantuan Rumus Cepat. UIN Raden Intan Lampung.
Nasution, M. D., & Oktaviani, W. (2020). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP Pab 9 Klambir V TP 2019/2020. Journal Mathematics Education Sigma [JMES], 1(2), 46–54.
Novrini, N., Siagian, P., & Surya, E. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Visual Thinking dalam Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII SMP. Paradikma: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1).
Nurhayati, F., Widodo, J., & Soesilowati, E. (2015). Pengembangan LKS berbasis problem based learning (PBL) pokok bahasan tahap pencatatan akuntansi perusahaan jasa. Journal of Economic Education, 4(1).
Purwasi, L. A., & Fitriyana, N. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Open-Ended Untuk Melatih Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 18–26.
Rusmono. (2017). Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning Itu Perlu untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru Edisi Kedua. Ghalia Indonesia.
Sabirin, M. (2014). Representasi dalam pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 33–44.
Saputri, L. D., Jamiah, Y., & Ijuddin, R. (2018). Kemampuan penyelesaian masalah matematis siswa dalam materi faktorisasi persamaan kuadrat di sekolah menengah pertama. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(2).
Sari, S. M. (2020). Pengembangan perangkat pembelajaran problem based learning (PBL) dalam pembelajaran matematika di SMA. Jurnal Serambi Ilmu, 21(2), 211–228.
Sawilda, K., Yuanita, P., & Sakur, S. (n.d.). Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Problem Based Learning untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 5(1), 89–98.
Simanungkalit, R. H. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Self Efficacy Siswa Smp Negeri 12 Pematangsiantar. UNIMED.
Yanti, A. H. (2017). Penerapan model problem based learning (PBL) terhadap kemampuan komunikasi dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sekolah menengah pertama Lubuklinggau. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 2(2).
Yustianingsih, R., Syarifuddin, H., & Yerizon, Y. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas VIII. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 258–274.
Zakiamani, A., Zulkarnain, Z., & Maimunah, M. (2020). Validitas dan praktikalitas perangkat pembelajaran matematika: studi pengembangan di SMPN Islam Teknologi Rambah. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(3), 211–224.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v5i3.18296
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Indexed by: