Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning

Indah Syafitri, Atma Murni, Syarifah Nur Siregar

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D). Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran berbasis Problem Based Learning yang memenuhi syarat valid dan praktis untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas XII SMA pada materi jarak dalam ruang. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4D. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini adalah lembar validasi dan angket respon siswa dan didukung oleh lembar observasi dan pedoman wawancara. Kevalidan produk dinilai oleh 3 orang validarot ahli. Kepraktisan produk diukur berdasarkan respon siswa SMA N 12 Pekanbaru. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran ini layak dan mudah digunakan untuk pembelajaran. Perangkat pembelajaran berupa silabus, RPP dan LAS ini dapat digunakan sebagai pedoman dan bahan ajar untuk pembelajaran jarak dalam ruang. Penelitian perlu dilanjutkan untuk menguji keefektivan perangkat pembelajaran ini terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

Full Text:

PDF

References


Akbar, S. (2017). Instrumen Perangkat Pembelajaran (5 ed.). Remaja Rosdakarya.

Aniswita, Saputra, Y., & Medika, G. H. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Kelas VII SMP N 1 V Koto Kampung Dalam Padang Pariaman Tahun Ajaran 2019/2020. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 4(1), 63–68. https://doi.org/10.33369/jkf.2.3.169-176

Annizar, A. M., Maulyda, M. A., Khairunnisa, G. F., & Hijriani, L. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA pada Topik Geometri. Jurnal Elemen, 6(1), 39–55. https://doi.org/10.29408/jel.v6i1.1688

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.

Armis, & Suhermi. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis problem based learning untuk siswa kelas VII semester 1 SMP/MTs materi bilangan dan himpunan. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 5(1), 25–42. https://doi.org/10.24256/akh.v5i1.367

Azizah, N. I., & Granita. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis ditinjau dari Self Confidence Siswa SMP/MTS. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(4), 1–12. http://repository.uin-suska.ac.id/27327/

Bistari, B. (2010). Pengembangan Kemandirian Belajar Berbasis Nilai untuk Meningkatkan Komunikasi Matematik. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 1(1), 11–23.

Daryanto, & Rahadjo. (2012). Model Pembelajaran Inovatif. Gava Media.

Faridah. (2019). Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Menyusun Silabus dan RPP melalui Supervisi Akademik Berkelanjutan di SMP Negeri 2 Sabang. Tadabbur: Jurnal Peradaban Islam, 1(2). https://doi.org/10.33578/pjr.v3i4.7490

Fatmasuci, F. W. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis masalah berorientasi pada kemampuan komunikasi dan prestasi belajar matematika siswa SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(1), 32. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i1.11325

Fitri, M., Yuanita, P., & Maimunah. (2020). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika terintegrasi keterampilan abad 21 melalui penerapan odel problem based learning (PBL). Jurnal Gantang, 5(1), 77–85. https://doi.org/10.31629/jg.v5i1.1609

Hermaini, J., & Nurdin, E. (2020). Bagaimana kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dari perspektif minat belajar? JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(2), 141–148. https://doi.org/10.24014/juring.v3i1.9597

Kadarisma, G., Priatna, N., & Dahlan, J. A. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Siswa dengan Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Software Geometer’s Sketchpad. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10(2), 299. https://doi.org/10.25273/jipm.v10i2.9330

Khairunnisa, Yusrizal, & Halim, A. (2017). Pengembangan LKS berbasis problem based learning bermuatan sikap spiritual pada materi pengukuran untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Pendidikan Fisika, 1(4), 284–291.

Mulyanti, N. R., Yani, N., & Amelia, R. (2018). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematik Siswa Smp Pada Materi Teorema Phytagoras. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 415. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p415-426

Mulyatiningsih, E. (2011a). Metode penelitian terapan bidang pendidikan. Alfabeta.

Mulyatiningsih, E. (2011b). Riset terapan bidang pendidikan dan teknik. UNY Press.

Paloloang, M. F. B. (2014). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Panjang Garis Singgung Persekutuan Dua Lingkaran di Kelas VIII SMP Negeri 19 Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 2(1), 67–77.

PH, S. (2014). Politik Pendidikan Indonesia dalam Abad Ke-21. Cakrawala Pendidikan, 23(3), 324–337.

Radeswandri. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis problem based learning (PBL) pada materi bilangan bulat. Suara Guru: Jurnal Pendidikan, Sosial, Sains dan Humaniora, 2(2), 101–110. https://doi.org/10.24014/suara%20guru.v2i2.2409

Rahmadani. (2019). Metode Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Lantanida Journal, 7(1), 76–86.

Rahyu, E., & Fahmi, S. (2018). Efektivitas Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) dan Inkuiri terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP N 1 Kasihan Kabupaten Bantul semester genap tahun ajaran. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(2), 147–152. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/juring.v1i2.5671

Reski, R., Hutapea, N., & Saragih, S. (2019). Peranan model problem based learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar siswa. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(1), 49–57. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/juring.v2i1.5360

Rofi’ah, N., Ansori, H., & Mawaddah, S. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan langkah penyelesaian polya. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 120–129. https://doi.org/10.20527/edumat.v7i2.7379

Rusman. (2012). Model-model pembelajaran. Raja Grafindo Persada.

Sari, S. M. (2020). Pengembangan perangkat pembelajaran problem based learning (PBL) dalam pembelajaran matematika di SMA. Serambi Ilmu: Journal of Scientific Information and Education Creativity, 21(2), 211–228.

Sugiyono. (2014). Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Yanti, A. H. (2017). Penerapan model problem based learning (PBL) terhadap kemampuan komunikasi dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sekolah menengah pertama Lubuklinggau. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 2(2), 118–129.

Yarmayani, A. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 6(2), 12–19. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v6i2.9

Yustianingsih, R., Syarifuddin, H., & Yerizon. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis problem based learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas VIII. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 258–274.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v6i1.17403

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter