Persepsi Siswa terhadap Pembelajaran Matematika yang Dilaksanakan secara Daring pada Masa Pandemi Covid -19 di SMK

Farij Imron, Isnaniah Isnaniah, M. Imamuddin

Abstract


Pembelajaran daring sudah biasa dilaksanakan di sekolah-sekolah pada masa pandemi covid -19. Mulai dari PAUD, TK, Sekolah Dasar sampai Perguruan Tinggi harus melaksanakan pembelajaran secara daring. Pembelajaran daring dilaksanakan dengan harapan dapat memutus matarantai penyebaran Covid -19. Hal yang sama juga dilakukan di SMKN Pakong, dimana pembelajaran dilaksanakan secara daring. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplor persepsi siswa SMKN Pakong terhadap pembelajaran matematika yang dilaksanakan secara daring di masa pendemi covid -19. Penelitian ini adalah penelitian survei yang termasuk pada penelitian kuantitatif. Penelitian ini melibatkan 30 orang siswa SMKN Pakong yang dipilih secara acak dan selanjutnya dijadikan sebagai subjek penelitian. Instrumen yang digunakan adalah angket dan data dianalisis secara deskriptif. Hasil analisis data persepsi siswa SMKN Pakong dalam penelitian ini anatara lain: 1) Pembelajaran daring yang dilakasanakan di SMKN Pakong  umumnya menggunakan aplikasi WhatsApp, 2) Pemahaman siswa terhadap materi pelajaran pada pembelajaran daring kurang baik, siswa yang melakukan persiapan untuk belajar daring hanya 37% siswa dan respon siswa terhadap pembelajaran daring yang dilaksanakan merasa ribet dengan persentase mencapai 49%, 3) Keuntungan belajar daring: tidak perlu persiapan pergi kesekolah, memperoleh pengalaman baru, dan materi pelajaran yang diberikan guru terdokumentasi secara otomatis dan dapat dipelajari kembali. Sedangkan kelemahan belajar daring: jaringan internet tidak stabil, konsentrasi menurun, tugas dari guru yang berlebihan, dan guru kurang interaktif dan komunikatif dalam pembelajaran, dan 4) Pelaksanaan pembelajaran matematika yang diharapkan siswa SMKN Pakong adalah pembelajaran luring.

Full Text:

PDF

References


Aminullah, A., Ikram, I., Chandra, F., Fitriani, N., Wasna, W., Misna, M., & Elihami, E. (2021). Proses pembelajaran selama masa pandemi COVID-19 (studi pelaksanaan PLP dasar). Maspul Journal of Community Empowerment, 3(1), 21–26.

Andiani, W., & Fitria, H. (2021). Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid -19 Pada Siswa SD Negeri 103 Palembang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 172–181.

Anggianita, S., Yusnira, Y., & Rizal, M. S. (2020). Persepsi Guru terhadap Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar Negeri 013 Kumantan. Journal of Education Research, 1(2), 177–182.

Anggina, A., Sesmiarni, Z., Zakir, S., & Iswantir, I. (2021). Analisis Pembelajaran Daring Melalui Sosial Media pada Prodi PTIK IAIN Bukittinggi. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(11), 1844–1852.

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, solusi dan harapan: Pembelajaran daring selama masa pandemi covid-19 oleh guru sekolah dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289.

de Melo, G. L., Brazaca, L. C., & Silva, L. F. (2022). Online teaching modality in a pandemic time: The opinion from a group of undergraduate physics students. Revista Brasileira de Ensino de Física, 44.

Gunandi, D., Khairunnas, M., Zulmuqim, Z., & Demina, D. (2021). Peran Tenaga Pendidik Dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Era COVID-19. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 6(1), 61–76.

Hidayah, A. A. F., Al Adawiyah, R., & Mahanani, P. A. R. (2020). Efektivitas pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. JURNAL SOSIAL Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 21(2), 53–56.

Imamuddin, M. (2020). Students’ Understanding of Mathematical Concepts Using Manipulative Learning Media in Elementary Schools. Journal of Physics: Conference Series, 1471(1), 012050. IOP Publishing.

Imamuddin, M., & Isnaniah, I. (2022). Perencanaan, Pelaksanaan, dan Pelaporan Penilaian Autentik oleh Guru Matematika Madrasah. KARIWARI SMART: Journal of Education Based on Local Wisdom, 2(1), 9–19.

Imamuddin, M., & Sepriyanti, N. (2022). Exploring Madrasah Students Mathematics Literacy Ability. International Journal Of Humanities Education and Social Sciences (IJHESS), 1(4).

Imamuddin, M., Zaharuddin, M., Susanti, W., & Nurdin, S. (2022). Mathematics Students’ Satisfaction In Carrying Out Online Thesis Advisory During The Covid-19 Pandemic at IAIN Bukittinggi. International Journal Of Humanities Education and Social Sciences (IJHESS), 1(5).

Imamuddin, Muhammad, Isnaniah, I., Rusdi, R., & Pedinal, P. (2019). Gender Based Perception On Understanding Mathematics Concept By Using PBL. HUMANISMA: Journal of Gender Studies, 3(1), 58–74.

Imron, F., Zaharuddin, M., Susanti, W., & Imamuddin, M. (2022). Mathematic Teachers And Online Learning In The Covid-19 Pandemic: A Survey Study. International Journal Of Humanities Education and Social Sciences (IJHESS), 1(5).

Intisari, I. (2017). Persepsi Siswa Terhadap Mata Pelajaran Matematika. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 1(01).

Isnaniah, Isna. (2018). Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Berdasarkan Gender. HUMANISMA: Journal of Gender Studies, 1(2), 13–23.

Isnaniah, Isnaniah, Imamuddin, M., Charles, C., Syahrul, S., & Zulmuqim, Z. (2021). Kemampuan Literasi Matematika Siswa Berdasarkan Gender. Lattice Journal: Journal of Mathematics Education and Applied, 1(2), 131–137.

Marwanto, A. (2021). Pembelajaran pada Anak Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal basicedu, 5(4), 2097–2105.

Meiwendika, C., Sesmiarni, Z., Iswantir, I., & Zakir, S. (2021). Korelasi Persepsi Siswa Tentang Pelaksanaan Pembelajaran Daring Dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran TIK Kelas XI di SMA Negeri 1 Kecamatan Kapur Ix. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(11), 1853–1865.

Nurjanah, E., Reynaldi, M. R., Apsoh, S., & Patimah, S. (2021). Penerapan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. Jurnal Didactical Mathematics, 3(2), 49–58.

Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis proses pembelajaran dalam jaringan (daring) masa pandemi covid-19 pada guru sekolah dasar. Jurnal basicedu, 4(4), 861–870.

Rahmi, A. (2021). Utilization of Information Technology Media and Communication in Distance Learning During the Covid 19 Pandemic. Journal of Physics: Conference Series, 1779(1), 012043. IOP Publishing.

Samsinar, S., Azis, M., & Azis, F. (t.t.). Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 di SMK Negeri 7 Pangkep. Seminar Nasional LP2M UNM.

Surahman, E., Santaria, R., & Setiawan, E. I. (2020). Tantangan pembelajaran daring di Indonesia. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 5(2), 89–98.

Surani, D., & Hamidah, H. (2020). Students perceptions in online class learning during the Covid-19 pandemic. International Journal on Advanced Science, Education, and Religion, 3(3), 83–95.

Trisanti, A. S. (2021). Efektifitas pembelajaran daring dalam pandangan siswa SMP Negeri 1 Bantul Kelas VIII A. Jurnal Genre (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya), 3(1), 48–53.

Wahyuni, A., Bayti, C. S., Purnama, A. R., & Wahyundari, L. (2021). Dampak Implementasi Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Biogenesis, 17(2), 88–93.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v5i2.16635

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter