Validitas Aplikasi Android dengan Pendekatan Kontekstual untuk Memfasilitasi Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Kesebangunan dan Kekongruenan

Anistyatun Nur Azizah, Sumbaji Putranto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis aplikasi android yang valid untuk memfasilitasi pemahaman konsep siswa dengan pendekatan kontekstual. Media pembelajaran ini memuat materi kesebangunan dan kekongruenan yang ditujukan untuk siswa SMP/MTs kelas IX. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan R&D (Research and Development) dengan menggunakan model PPE. Tahap PPE meliputi planning (perencanaan), production (produksi), dan evaluation (evaluasi). Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini yaitu aplikasi android yang diberi nama SEBANGKU (Senang Belajar Kesebangunan dan Kekongruenan). Aplikasi SEBANGKU divalidasi oleh para ahli dan kemudian direvisi oleh peneliti. Penilaian validitas dilakukan oleh tiga ahli materi dan ahli media. Penilaian oleh ahli materi dan media menyimpulkan bahwa aplikasi android SEBANGKU valid. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi android SEBANGKU layak disebut sebagai aplikasi android untuk memfasilitasi pemahaman konsep siswa.


Full Text:

PDF

References


Agustin, P. R., & Yuliastuti, R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Pencapaian Konsep dengan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Jurnal Silogisme: Kajian Ilmu Matematika Dan Pembelajarannya, 3(2), 63–70.

Basya, Y. F., Rifa’i, A. F., & Arfinanti, N. (2019). Pengembangan Mobile Apps Android Sebagai Media Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Kontekstual untuk Memfasilitasi Pemahaman Konsep. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika, 1(1), 1–9.

Cholifah, S. N., Rahayu, W., & Meiliasari, M. (2021). Pengembangan Aplikasi Berbasis Android menggunakan Adobe Animate CC dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) sebagai Media Pembelajaran pada Materi Bentuk Aljabar untuk Siswa SMP Kelas VII. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 5(1), 64–73.

Chusniah, E. R., & Setyaningsih, R. (2019). Pengembangan Komik Matematika Berbasis Kontekstual Untuk Materi Lingkaran. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains, 3(2).

Databoks. (2021). Pengguna Smartphone Diperkirakan Mencapai 89% Populasi pada 2025. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/09/15/pengguna-smartphone-diperkirakan-mencapai-89-populasi-pada-2025.

Dwiranata, D., Pramita, D., & Syaharuddin. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Android pada Materi Dimensi Tiga Kelas X SMA. Jurnal Varian, 3(1), 1–5.

Firdaus, F., Suherman, S., & Fadlullah, F. (2022). Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Berbasis Android dalam Pembelajaran Kontekstual Materi Kegiatan Ekonomi di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5176–5185. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3160

Hidayati, I., Deciku, B., & Azizah, T. (2022). Hypothetical Learning Trajectory Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berbasis Realistic Mathematics Education. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 5(2), 109–118. https://doi.org/10.24014/juring.v5i2.14933

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Ghalia Indonesia.

Irawan, A., Kencanawaty, G., & Febriyanti, C. (2022). Pengembangan Aplikasi Android pada Materi Phytagoras Sebagai Media Pembelajaran Matematika. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2778–2784. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2498

Islami, A. N., Rahmawati, N. K., & Kusuma, A. P. (2019). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Materi Kekongruenan dan Kesebangunan. Simposium Nasional Ilmiah & Call for Paper UNINDRA (Simponi), 1(1), 158–170. https://doi.org/10.30998/simponi.v1i1

Komalasari, K. (2017). Pembelajaran kontekstual, konsep dan aplikasi. Reflika Aditama.

Mu’min, U. A. (2019). Peran Teknologi Informasi Dalam Bidang Pendidikan (E-Education). al-Afkar, Journal for Islamic Studies, 2(1), 104–113. https://doi.org/10.5281/zenodo.3554070

MZ, Z. A., Supriyanto, D. P., Andriani, L., & Nurdin, E. (2021). The effect of application of contextual teaching and learning model on mathematical problem solving ability based on self regulated learning of high school students in Pekanbaru. IOP Conf. Series: Journal of Physics, 1–12. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1776/1/012038

Novitasari, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(2), 8–18.

Nurdin, E., Ma’aruf, A., Amir, Z., Risnawati, R., Noviarni, N., & Azmi, M. P. (2019). Pemanfaatan video pembelajaran berbasis Geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMK. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 87–98. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.18421

Nurdin, E., Saputri, I. Y., & Kurniati, A. (2020). Development of comic mathematics learning media based on contextual approaches. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 8(2), 85–97. https://doi.org/10.25273/jipm.v8i2.5145

Rahim, E. P., Kurniati, A., & Rahmi, D. (2022). Analisis Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau dari Kebiasaan Belajar. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning, 5(3), 207–212. https://doi.org/10.24014/juring.v5i3.16359

Rahmayani, I. (2015). Indonesia Raksasa Teknologi Digital Asia. Kementrian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia. https://www.kominfo.go.id/content/detail/6095/indonesia-raksasa-teknologi-digital-asia/0/sorotan_media

Savitri, D., Karim, A., & Hasbullah. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android di Kelas 4 Sekolah Dasar. Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, 1(2), 63–75. https://doi.org/10.46306/lb.v1i2

Septia, Y. L., Nurcahyono, N. A., & Balkist, P. S. (2021). Pengembangan Media Baret Berbasis Android untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMK. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 35–47. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.986

Setiadi, M. E., & Ghofur, M. A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android dengan Pendekatan Kontekstual Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 20(3), 291–307.

Statcounter. (2021). Mobile Operating System Market Share Indonesia. https://gs.statcounter.com/os-market-share/mobile/indonesia.

Sugiyono, M. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). In Bandung: Alfabeta.

Supardi. (2013). Hasil Belajar Matematika ditinjau dari Tes Formatif Uraian dan Kecerdasan Emosional. Jurnal Informatif, 3(2), 78–96.

Yadin, M., Rohaeti, E. E., & Zanthy, L. S. (2019). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP dengan Pendekatan Kontekstual. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(5), 337. https://doi.org/10.22460/jpmi.v2i5.p337-344

Yulianis, Y. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Kesebangunan dan Kekongruenan melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) dengan Pendekatan Scientific pada Peserta Didik. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika (GeoScienceEd Journal), 2(2), 35–40. https://doi.org/10.29303/goescienceedu.v2i2.138

Yunita Wardianti, R. D. J. (2018). Validitas Modul Biologi Berbasis Kearifan Lokal. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains, 1(2), 136–142. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v1i2.366




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v6i2.16240

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter