Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar Peserta Didik

Yulpa Nur Arsy, Depriwana Rahmi, Annisah Kurniati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis yang dimiliki peserta didik ditinjau dari gaya belajar pada materi bangun ruang sisi datar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 9 peserta didik kelas IX B MTs Diniyah Puteri Pekanbaru yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik triangulasi data yang terdiri dari teknik angket, teknik tes, dan teknik wawancara. Instrumen yang digunakan berupa lembaran angket gaya belajar, soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis, dan pedoman wawancara. Pengolahan dan analisis data menggunakan teknik Miles dan Huberman yang terdiri dari 3 tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis seluruh peserta didik berada pada ketegori cukup. Kemampuan pemecahan masalah matematis subjek dengan gaya belajar visual berada pada kategori cukup, subjek dengan gaya belajar auditorial berada pada kategori kurang sekali, serta subjek dengan gaya belajar kinestetik berada pada kategori cukup.

Full Text:

PDF

References


Fitria, N. F. N., Hidayani, N., Hendriana, H., & Amelia, R. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP dengan Materi Segitiga dan Segiempat: Problem Solving Skills. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(01), 49–57. https://doi.org/10.22437/edumatica.v8i01.4728

Ghufron, M. N., & Suminta, R. R. (2013). Gaya Belajar Kajian Teoritik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hadinurdina, & Kurniati, A. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Problem Solving untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Madrasah Tsanawiyah. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(3). https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v1i3.5398

Hidayat, W., & Sariningsih, R. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Adversity Quotient Siswa SMP Melalui Pembelajaran Open Ended. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 109–118. https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i1.1027

Himmah, W. I., & Istiqlal, M. (2019). Keefektifan Pembelajaran Problem Posing Tipe Post Solution Posing terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 78–85. (Siswa SMP). https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.12695

Hudoyo, herman. (1990). Mengajar Belajar Matematika. Malang: IKIP.

Jumroidah, S., Kadir, K., & Suhar, S. (2019). Pengaruh Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Unaaha. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 6(3), 57–70. https://doi.org/10.36709/jppm.v6i3.9140

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.

Noviarni. (2014). Perencanaan Pembelajaran Matematika dan Aplikasinya. Pekanbaru: Benteng Media.

Nugraha, A., & Zanthy, L. S. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA pada Materi Sistem Persamaan Linear. Journal on Education, 1(2), 179–187. https://doi.org/10.31004/joe.v1i2.45

OECD. (2019). PISA 2018 PISA Result In Focus. Paris: OECD.

Porter, B. D., Hernacki, M., & Abdurrahman, A. (2015). Quantum learning: Membiasakan belajar nyaman dan menyenangkan / Bobbi

De Porter & Mike Hernacki ; penerjemah, Alwiyah Abdurrahman | OPAC Perpustakaan Nasional RI. Bandung: Kaifa Learning. Diambil dari https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=947148

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Komunikasi Matematis Siswa Sma Negeri 3 Kuala Kabupaten Nagan Raya. Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(2). Diambil dari https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/gm/article/view/352

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam KTSP. Jakarta: Bumi Aksara.

Umrana, U., Cahyono, E., & Sudia, M. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika (Journal of Mathematics Thinking Learning), 4(1). https://doi.org/10.33772/jpbm.v4i1.7102

Utami, R. W., & Wutsqa, D. U. (2017). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika dan self-efficacy siswa SMP negeri di Kabupaten Ciamis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 166–175. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.14897

Wardhani, S. (2008). Analisis SI dan SKL Mata Pelajaran Matematika SMP/ MTs Untuk Optimalisasi Tujuan Mata Pelajaran Matematika. Yogyakarta: PPPPTK.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v5i2.15775

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter