Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning pada Materi Perbandingan untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII SMP/MTs
Abstract
Tujuan penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berupa silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Aktivitas Siswa (LAS) berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis yang memenuhi syarat valid dan praktis pada materi perbandingan kelas VII. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan 4D (define, design, develop, desseminate). Instrumen penelitian utama meliputi lembar validasi perangkat pembelajaran dan lembar angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan sangat valid dengan nilai rata-rata silabus 3,55, RPP 3,57, dan LAS 3,37. Selain itu, LAS memiiki kategori sangat praktis dengan nilai rata-rata 3,45.
Full Text:
PDFReferences
Abdullah Sani, R. (2013). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Bumi Aksara.
Fitriani, D., & Fitri, I. (2018). Penerapan Pembelajaran Kooperatif dengan Pendekatan Struktural Think Pair Share untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 88–96. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.35
Gunantara, G., Drs. I Made Suarjana, M. P., & Putu Nanci Riastini, S. P. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V. Mimbar PGSD Undiksha, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2058
Mahanani, L. G., & Budi Murtiyasa. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Aljabar Berbasis Timss Pada Siswa Smp Kelas VIII. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1–9.
Nurhayati, E., Mulyana, T., & Martadiputra, B. A. P. (2016). Penerapan Scaffolding Untuk Pencapaian Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika, 2(2), 107–112.
Pranata, D. P., Prima, A., & Egok, A. S. (2021). Pengembangan LKS Matematika Berbasis Problem Based Learning pada Materi Bangun Datar Sekolah Dasar | Pranata | Jurnal Basicedu. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1183
Rahmawati, Somakim, & Susanti, E. (2016). Kertas Berpetak pada Pembelajaran Perbandingan Senilai,. Jurnal Elemen. http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jel/article/view/181/pdf_43
Redhana, I. W. (2013). Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Peningkatan Keterampilan Pemecahan Masalah dan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPP/article/view/1694
Richardo, R. (2017). Peran Ethnomatematika Dalam Penerapan Pembelajaran Matematika Pada Kurikulum 2013. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 7(2), 118. https://doi.org/10.21927/literasi.2016.7(2).118-125
Sma, K. X. M. I. A. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning. 4(2), 64–71.
Sukma Dewi, P., & Windya Septa, H. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Disposisi Matematis Siswa Dengan Pembelajaran Berbasis Masalah. Mathema: jurnal pendidikan matematika. https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/jurnalmathema/article/view/352
Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv5n2_12
Susanti, Susilowibowo, J., Rochmawati, Widayati, I., & Hardini, H. T. (2019). Pelatihan Penyusunan Perangkat Pembelajaran Bagi Guru SMK Program Keahlian Akuntansi Di Bangkalan. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 3(2), 244–261.
Trianto. (2011). Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi dan Implementasinya Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Bumi Aksara.
Wahyuni, F. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP Negeri 3 Sunggal. Journal of Mathematics Education and Science, 2(2), 17–29.
Yusri, A. Y. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII dI SMP Negeri Pangkajene. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 51–62. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.341
Yustianingsih, R., Syarifuddin, H., & Yerizon, Y. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas VIII. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 258–274. https://doi.org/10.33603/jnpm.v1i2.563
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v5i1.15076
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Indexed by: