Validitas Perangkat Pengajaran dengan Model Pengajaran Berbasis Masalah untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Kelas X SMA/MA

Sarafina Rezki, Sakur Sakur, Elfis Suanto

Abstract


Studi riset pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan silabus, RPP, serta LKPD dengan model pengajaran berdasarkan pada masalah untuk memfasilitasi penguasaan memecahkan permasalahan secara matematis pada kelas X SMA/MA pada materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Studi riset pengembangan berikut menggunakan model pengembangan 4-D (define, design, develop, disseminate). Instrumen yang digunakan pada studi riset berikut ialah intrumen validitas berupa lembar validasi untuk menilai kelayakan silabus, RPP, serta LKPD. Perangkat pengajaran divalidasi oleh tiga orang validator dan dari hasil validasi diperoleh nilai rata-rata penilaian untuk silabus ialah 3,67, RPP ialah 3,62, serta  LKPD ialah 3,65. Berdasarkan hasil analisa data bisa disimpulkan bahwa silabus, RPP, serta LKPD yang dikembangkan pada studi riset berikut telah memenuhi kriteria valid.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2004). Evaluasi Program Pendidikan. Bumi Aksara.

Badrulaini, B., Zulkarnain, Z., & Kartini, K. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Memfasilitasi Kemamapuan Pemecahan Masalah matematis pada Materi Barisan dan Deret Kelas XI SMA. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(4), 343–356. https://doi.org/10.24014/juring.v3i4.10454

Benyamin, B., Qohar, A., & Sulandra, I. M. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Kelas X Dalam Memecahkan Masalah SPLTV. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 909–922. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.574

Daryanto, & Dwicahyono, A. (2014). Pengembangan Perangkat Pengajaran (Silabus, RPP, PHB, Bahan Ajar). Gava Media.

Hadi, S., & Novaliyosi. (2019). (Trends In International Mathematics And Science Study). 8.

Hendriana, Heris, & Rohati, E. E. (2017). Hard Skills serta Soft Skills Matematika Anak didik. Refika Aditama.

IEA (International Association for the Evaluation of Educational Achievement). 2015. “About TIMSS 2015”, https://www.timss.org

Julita, J. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Problem Based-Learning. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 143–154. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.350

Kosasih, E. (2018). Strategi Belajar serta Pengajaran Implementasi Kurikulum 2013. Yrama Widya.

OECD (Organization for Economic Co-operation and Development). 2019. “Indonesia-Country Note-PISA 2018 Result”, https://www.oecd.org.proxy.library.uu.nl/pisa/publications/PISA2018CNIDN.pdf

Permendikbud Nomor 22 tahun 2016. (2016). Kemendikbud.

Putri, R. S., Suryani, M., & Jufri, L. H. (2019). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 331–340. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.471

Reski, R., Hutapea, N., & Saragih, S. (2019). Peranan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(1), 049–057. https://doi.org/10.24014/juring.v2i1.5360

Setiawan, H., Handayani, T., & Muslimahayati, M. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di MTs Ahliyah 1 Palembang. Suska Journal of Mathematics Education, 7(1), 31–40. https://doi.org/10.24014/sjme.v7i1.9231

Sudijono, A. (2011). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Raja Grafindo Persada.

Suhandri, S., & Sari, A. (2019). Pengembangan Modul Berbasis Kontekstual Terintegrasi Nilai Keislaman untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Suska Journal of Mathematics Education, 5(2), 131–140. https://doi.org/10.24014/sjme.v5i2.8255

Tessmer, M. (1993). Planning and Conducting Formative Evaluations. Kogan Page.

Thiagarajan, Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Thiagarajan,

Dorothy S. Semmel serta Melvyn I. Semmel. 1974. Instructional Development for Traberikutng Teachers of Exceptional Children. National Center for Improvement Educational System: National Center for Improvement Educational System.

Yustianingsih, R., Syarifuddin, H., & Yerizon, Y. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas VIII. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 258–274. https://doi.org/10.33603/jnpm.v1i2.563




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v5i2.14678

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter