Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Problem Based Learning pada Materi Transformasi untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas IX SMP/MTs

Seprianti Seprianti, Kartini Kartini, Susda Heleni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berbasis Problem Based Learning  yang valid dan praktis untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas IX SMP/MTs pada materi transformasi. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yang terdiri dari 4 tahap yaitu Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan), dan Disseminate (penyebaran). Perangkat pembelajaran yang dikembangkan kemudian divalidasi oleh validator. Berdasarkan hasil analisis data validasi disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran matematika yang dikembangkan sudah valid dengan skor rata-rata untuk validasi silabus 3,79 dengan kategori sangat valid, validasi RPP 3,74 dengan kategori sangat valid dan validasi LAS 3,75 dengan kategori sangat valid. Berdasarkan hasil validasi tersebut maka perangkat pembelajaran matematika sudah dapat diujicobakan. Kemudian perangkat pembelajaran diujicobakan pada 8 orang siswa kelas IX MTs Negeri 3 Inuman dengan hasil uji coba yang diperoleh yaitu perangkat pembelajaran matematika memenuhi syarat praktis dengan skor rata-rata dari angket respon siswa terhadap LAS adalah 3,74 kategori sangat praktis. Sehingga dapat disimpulkan perangkat pembelajaran matematika dapat digunakan dalam proses pembelajaran.

Kata kunci: perangkat pembelajaran matematika, model problem based learning, kemampuan pemecahan masalah matematis, transformasi, model pengembangan 4-D


Full Text:

PDF

References


Albab, I. U., Hartono, Y., & Darmawijoyo, D. (2014). Kemajuan Belajar Siswa Pada Geometri Transformasi Menggunakan Aktivitas Refleksi Geometri. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3), 338–348. https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.2378

Arikunto, S. (2012). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Daryanto, & Dwicahyono, A. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran (Silabus, RPP, PHB, Bahan Ajar). Yogyakarta: Gava Media.

Derniati, R., Roza, Y., & Maimunah. (2020). Analisis kemampuan Pemecahan masalah matematis siswa MTsN 3 Kuantan Singingi. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran MIPA, 5(1), 1–12.

Fitry Wahyuni. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model PembelajaranBerdasarkan Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Negri 3 Sunggal. Jurnal Pendidikan Matematika. 2(2), 17–29.

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarno, U. (2018). Hard Skill dan Soft Skill Matematika Siswa. Bandung: Refika Aditama.

Noviantii, E., Yuanita, P., & Maimunah, M. (2020). Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Journal of Education and Learning Mathematics Research (JELMaR), 1(1), 65–73. https://doi.org/10.37303/jelmar.v1i1.12

Nuraini, Maimunah, & Roza, Y. (2020). Perangkat Pembelajaran Model Problem Based Learning Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 799–808.

Polya, G. (2004). How to Solve It. New Jersey: Priceton University Press.

Silalahi, F. C. G., Kartini, & Hutapea, N. M. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Model Problem Based Learning untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 113–124. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.366

Sudijono, A. (2011). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.

Sulfemi, wahyu bagja. (2015). Kemampuan Pendagogik Guru. Administrasi Pendidikan, 1(1), 75–86.

Trianto. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual. Jakarta: Kencana.

Ulva, E., Maimunah, & Murni, A. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII SMPN Se-Kabupaten Kuantan Singingi Pada Materi Aritmetika Sosial. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1230–1238. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.356

Wahyuningsih, E. (2019). Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Problem Based Learning Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika. I(2), 1–10.

Yanti, D., & Haji, S. (2019). Studi Tentang Konsep-Konsep Transformasi Geometri Pada Kain Besurek Bengkulu. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(2), 265. https://doi.org/10.33603/jnpm.v3i2.1744

Yustianingsih, R., Syarifuddin, H., & Yerizon, Y. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas VIII. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 258. https://doi.org/10.33603/jnpm.v1i2.563

Zarkasyi, W. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v5i1.14431

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter