Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIIB SMP IT Darul Huda Ukui

Sariati Ika Darma, Syofni Syofni, Elfis Suanto

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa karena siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep matematika dan siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran. Sehingga diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat membantu siswa belajar dan dapat merangsang siswa untuk memahami konsep untuk menyelesaikan matematika, salah satunya adalah dengan penerapan model Problem Based Learning (PBL). Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan proses belajar dan hasil belajar matematika siswa melalui penerapan model PBL. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIIB SMP IT Darul Huda Ukui pada semester genap tahun ajaran 2020/2021. Subjek penelitian ini adalah 29 siswa. Data penelitian ini terdiri dari data aktivitas guru-siswa serta data hasil belajar siswa. Data aktivitas guru dan siswa dikumpulkan dengan teknik observasi dan dianalisis dengan analisis deskriptif naratif, sedangkan data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes, dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif naratif. Analisis deskriptif statistik menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa meningkat dari nilai dasar ke ulangan harian I, ulangan harian I ke ulangan harian II. Persentase frekuensi siswa yang mencapai KKM meningkat dari nilai dasar dengan persentase 34, 48% (10 siswa) menjadi 55,17% (16 siswa) pada ulangan harian pertama dan 75,86% (22 siswa) pada ulangan harian kedua. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model PBL dapat meningkatkan proses belajar dan hasil belajar matematika siswa kelas VIIB SMP IT Darul Huda Ukui Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021. Implikasinya, penerapan model PBL berdampak positif terhadap pelaksanaan proses pembelajaran, yaitu siswa menjadi lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran sehingga pembelajaran tidak berpusat guru.

Full Text:

PDF

References


Amir, T. (2009). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Bagaimana Pendidik Memberdayakan Pemelajar Di Era Pengetahuan (Cetakan Ke-2). Kencana.

Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.

Asri, R. D. (2015). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Siswa Kelas VIID SMP N 1 Srandakan. Universitas PGRI.

Depdiknas. (2006). Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar Dan Menengah. BNSP.

Paloloang, M. F. B. (2014). Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Panjang Garis Singgung Persekutuan Dua Lingkaran Di Kelas VIII SMP Negeri 19 Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 2(1), Article 1. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JEPMT/article/view/3232

Permendikbud Nomor 22 tahun 2016. (2016). Kemendikbud.

Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian Pendidikan. (2016). Kemendikbud.

Permendikbud Nomor 58 Tahun 2014 Tentang kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah. (2014). Kemendikbud.

Permendikbud Nomor 59 Tahun 2014 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah. (2014). Kemendikbud.

Rahmawati, R., Heleni, S., & Armis, A. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII-B SMP PGRI Pekanbaru Tahun Pelajaran 2019/2020. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(4), 375–384. https://doi.org/10.24014/juring.v3i4.10218

Sanjaya, W. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana Prenada Media.

Sudjino, A. (2009). Pengantar Evaluasi Pendidikan. PT. Raja Grafindo Persada.

Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Prestasi Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v5i1.14367

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter