Pengembangan Instrumen Tes HOTS dalam Mengukur Kemampuan Berpikir Analitis Siswa pada Materi Program Linear di Kelas XI SMA Sungai Kehidupan

Anselmus Anselmus, Dewi Risalah, Sandie Sandie

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengembangkan instrumen tes HOTS yang digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir analitis siswa pada materi program linear. Penelitian ini dilakukan di SMA Sungai Kehidupan menggunakan motode  penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan rancangan penelitian Borg and Gall dengan 10 tahapan yaitu, potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk dan produk masal. Namun, dalam penelitian ini hanya sampai pada tahap 8 yaitu, uji coba pemakaian. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil validasi instrumen tes HOTS dari ketiga ahli dengan kategori valid. Sedangkan nilai kepraktisan dilihat dari nilai angket yang diisi oleh guru dan siswa yang diakumulasi diperoleh nilai kepraktisan dalam pesentase yaitu, 83,61% dengan kategori sangat praktis. Bentuk akhir produk dari penelitian ini adalah instrumen tes HOTS sebanyak 4 butir soal esai yang digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir analitis siswa.


Full Text:

PDF

References


Budiman, A., & Jailani, J. (2014). Pengembangan Instrumen Asesmen Higher Order Thinking Skill (HOTS) Pada Mata Pelajaran Matematika SMP Kelas VIII Semester 1. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 139–151. https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i2.2671

Budiyono. (2011). Penilaian Hasil Belajar. Surakarta: UNS Press. Surakarta: UNS Press.

Furqan, M., Karyanto, P., Rinanto, Y., & Salma, S. (2016). The Implementation of E-Module Based on Problem-Based Learning To Improve The Analytical Thinking Ablities and Reduce Misconception of X MIA 1 Of SMA Negeri 1 Banyudono Academic Year of 2014/2015. Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning, 12(1), 410–414.

Nasution, T. (2018). Membangun Kemandirian Melalui Pendidikan Karakter. Ijtimaiyah: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(1).

Pratiwi, B., & Puspito Hapsari, K. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Melalui Pemanfaatan YouTube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 282. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.24238

Rosadi, I., Maridi, & Sunarno, W. (2018). PROFIL KETERAMPILAN BERPIKIR ANALITIS SISWA KELAS XI MIA MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 NGAWI. Seminar Nasional Biologi dan Pendidikan UKSW 2018, 157–162.

Setiawaty, B. T., Sunarno, W., & Sugiyarto. (2019). Profil Kemampuan Berpikir Analisis Siswa Sekolah Menengah Pertama di Surakarta. 234–238.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhady, W., Roza, Y., & Maimunah, M. (2020). Pengembangan Soal untuk Mengukur Higher Order Thinking Skill (HOTS) Siswa. Jurnal Gantang, 5(2), 143–150. https://doi.org/10.31629/jg.v5i2.2518

Yuwono, G. R., Sunarno, W., & Aminah, N. S. (2020). PENGARUH KEMAMPUAN BERPIKIR ANALITIS PADA PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR RANAH PENGETAHUAN. the Natural Science Education, Biologi Education, Physics Education, and Chemistry Education Journal, 12(1), 106–112.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v4i4.14295

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter