Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Pendekatan Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Operasi Aljabar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan bahan ajar berupa berupa Lembar Kerja Siswa Matematika berbasis pendekatan Problem Based Learning (PBL) pada materi Operasi Aljabar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilakukan di MTs Negeri 1 Pekanbaru tahun ajaran 2020/2021. Subjek penelitian adalah satu orang ahli instrumen, satu orang ahli teknologi pendidikan dan dua orang ahli materi pembelajaran yang berasal dari dosen dan juga guru matematika, serta enam orang siswa kelas VII MTs Negeri 1 Pekanbaru sebagai kelompok kecil. Intsrumen pengumpulan data berupa angket dan tes. Data yang diperoleh kemudian dianalisi dengan teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Berdasarkan uji validitas, LKS berbasis pendekatan PBL dinyatakan kategori sangat valid dengan tingkat kevalidan 88,29%. Berdasarkan uji kepraktisan, LKS berbasis pendekatan PBL dinyatakan kategori sangat praktis dengan tingkat kepraktissan kelompok kecil 85,52%. Dengan demikian hasil penelitian ini dapat digunakan guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran pada materi operasi aljabar di kelas.
Full Text:
PDFReferences
Azwan, Z. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta.
Djaali, & Muljono, P. (2008). Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan. Grasindo.
Handayani, S., & Mandasari, N. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education, 1(2).
Lestari, I. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Akademia Permata.
Prastowo, A. (2011). Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Ar-ruzz Media.
Pribadi, B. A. (2009). Model Desain Sistem Pembelajaran. PT. Dian Rakyat.
Riduwan. (2007). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Alfabeta.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Susilana, R., & Riyana, C. (2008). Media Pembelajaran. Wacana Prima.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v4i3.14259
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Indexed by: