Pengembangan E-Comic sebagai Media Pembelajaran Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII

Julius Triatmojo, Syarifah Fadillah, Sandie Sandie

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran e-comic untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis dalam materi bangun ruang sisi datar bagian kubus dan balok di kelas VIII SMP Negeri 1 Menyuke yang mencapai tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian dengan model ADDIE, yang terdiri atas lima tahapan pokok, yaitu analysis (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (penerapan), dan evaluation (evaluasi). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Menyuke sebanyak 19 siswa dan 3 orang ahli media dan materi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli media dan ahli materi, angket respon guru dan respon siswa, dan soal tes kemampuan pemahaman matematis yang dikumpulkan menggunakan teknik angket dan teknik tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif berupa rata-rata dan persentasenya. Hasil penelitian validasi e-comic yaitu validasi media dengan nilai rata-rata dari ketiga ahli sebesar 90,62% dengan kategori sangat valid. Sedangkan hasil penelitian validasi materi diperoleh skor rata-rata 93,18% dengan kategori sangat valid. Yang kedua adalah nilai kepraktisan, dilihat dari nilai angket respon guru dan respon siswa diperoleh hasil 87,06% untuk respon guru dan 97% untuk respon siswa dengan kriteria sangat praktis. Selanjutnya keefektifan, dilihat dari nilai hasil pengerjaan posttest siswa dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 17 orang dari 19 orang dengan persentase 89,47% maka keefektifannya dikategorikan sangat efektif.


Full Text:

PDF

References


Andriani, N. (2019). Penerapan Media Komik Digital terhadap Pemahaman Pembelajaran Matematis Siswa SMP. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 31–38. Jakarta: Universitas Indraprasta PGRI.

Barber, J., & Withrow, S. (2005). Webcomics: Tools and Techniques for Digital Cartooning. England: Ilex Press limited Cambridge.

Budi, C., Romadiasri, Y., & Maslikhah, S. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran melalui E-Comic Berbasis Scientifik Approach pada Mata Pelajaran Matematika Materi Limit Fungsi. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Unissula, 4(1), 71–83.

Dini, M., Wijaya, T. T., & Sugandi, A. I. (2018). Pengaruh Self Confidence terhadap Kemampuan Pemahaman Matematik Siswa SMP. JURNAL SILOGISME: Kajian Ilmu Matematika dan Pembelajarannya, 3(1), 1–7.

Gumilang, M. R., Wahyudi, W., & Indarini, E. (2019). Pengembangan Media Komik dengan Model Problem Posing untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(2), 185. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i2.860

Hendriana, H., Rohaeti, E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skill and Soft Skill Matematik Siswa. Bandung: Refika Aditama.

Lijana, L., Panjaitan, R. G. P., & Wahyuni, E. S. (2018). Respon Siswa terhadap Media Pembelajaran Komik pada Materi Ekologi di kelas X SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(3).

Masykur, R., Nofrizal, N., & Syazali, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 177–186.

Rahardjo, B. (2002). Rancangan ABC E-Book. Prosiding Seminar Sehari Departemen Fisika. Dipresentasikan pada Seminar Sehari Departemen Fisika ITB, Bandung.

Saputro, A. D. (2015). Aplikasi Komik sebagai Media Pembelajaran. Muaddib: Studi Kependidikan dan Keislaman, 5(1), 1–19.

Suherman, S. (2015). Kreativitas Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Pola Bilangan dengan Pendekatan Matematika Realistik (PMR). Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 81–90.

Tegeh, I. M., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Singaraja: Graha Ilmu.

Widodo, S. A. (2013). Analisis Kesalahan dalam Pemecahan Masalah Divergensi Tipe Membuktikan pada Mahasiswa Matematika. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 46(2), 106–113.

Yuliamta, V. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Bebasis Model Pembelajaran Inkuiri Bermuatan Karakter pada Materi Aritmatika Sosial di SMP Cahaya Harapan Tayan Hilir. IKIP-PGRI Pontianak, Pontianak.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v4i4.14169

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter