Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Discovery Learning untuk Materi Relasi dan Fungsi (Suatu Studi Pengembangan)
Abstract
Studi pengembangan ini dimaksudkan untuk menghasilkan produk pembelajaran yang valid dan praktis. Produk yang dimaksudkan adalah silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan lembar aktivitas siswa (LAS) untuk materi relasi dan fungsi. Prosedur penelitian dilakukan berdasarkan fase model pengembangan 4D, yaitu define, design, develop dan disseminate. Setelah rancangan awal produk selesai, produk yang dihasilkan lalu diuji kevalidan dan kepraktisannya. Uji validitas diukur menggunakan angket validasi yang diisi oleh 3 orang validator ahli. Kepraktisan penggunaan LAS diuji pada 6 orang siswa kelas VIII SMPN 3 Mandah. Hasil studi menunjuukan bahwa produk yang dihasilkan telah memenuhi kriteria valid dan praktis. Perangkat pembelajaran ini dapat digunakan untuk pembelajaran materi relasi dan fungsi. Harus dilakukan ekperimen untuk mengukur tingkat efektivitas produk yang dihasilkan.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2014). Prosedur penelitian: suatu pendekatan praktik (14 ed.). Jakarta: Rineka Cipta.
Armis, A., & Syofni, S. (2020). Pengembangan lembar aktivitas mahasiswa berbasis discovery learning topik persamaan diferensial ordo satu. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(2), 201–210.
Asmara, R., & Afriansyah, E. A. (2018). Perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa antara model eliciting activities dan discovery learning. Suska Journal of Mathematics Education, 4(2), 78. https://doi.org/10.24014/sjme.v4i2.5714
Betyka, F., Putra, A., & Erita, S. (2019). Pengembangan lembar aktivitas siswa berbasis penemuan terbimbing pada materi segitiga. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(2), 179–189. https://doi.org/10.24014/juring.v2i2.7684
Daryanto, & Dwicahyono, A. (2014). Pengembangan perangkat pembelajaran (silabus, RPP, PHB, bahan ajar). Yogyakarta: Gava Media.
Hayati, N., Armis, & Murni, A. (2020). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika menggunakan model discovery learning pada materi segiempat dan segitiga kelas VII SMP/MTs. Algoritma: Journal of Mathematics Education, 2(2), 116–132.
Hosnan, M. (2014). Pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21: Kunci sukses implementasi kurikulum 2013. Bogor: Galia Indonesia.
Kariman, D., Harisman, Y., Sovia, A., & Prahmana, R. C. I. (2019). Effectiveness of guided discovery-based module: A case study in Padang city, Indonesia. Journal on Mathematics Education, 10(2), 239–250. https://doi.org/10.22342/jme.10.2.6610.239-250
Kemendikbud. (2014). Permendikbud nomor 59 tahun 2014 tentang kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas Madrasah Aliyah. Jakarta: BNSP.
Kemendikbud. (2016). Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan dan Menengah. Jakarta.
Nurdin, E. (2019). Pengembangan lembar kerja berbasis pendekatan terbimbing untuk memfasilitasi kemampuan representasi matematis mahasiswa. Suska Journal of Mathematics Education, 5(2), 111–120. https://doi.org/10.24014/sjme.v5i2.7304
Nurseha, N., Hasbi, M., & Ismaimuza, D. (2017). Penerapan model pembelajaran penemuan terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perbandingan trigonometri dalam segitiga siku-siku di Kelas X MIA 1 SMA Negeri 2 Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 5(2), 162–174.
Prastowo, A. (2014). Pengembangan bahan ajar tematik. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Rahman, L., Fitraini, D., & Fitri, I. (2019). Pengaruh penerapan model discovery learning terhadap kemampuan penalaran matematis ditinjau dari pengetahuan awal siswa SMP Negeri 3 Tambang Kabupaten Kampar. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(1), 1–10. https://doi.org/10.24014/juring.v2i1.7467
Revita, R. (2017). Validitas perangkat pembelajaran matematika berbasis penemuan terbimbing. Suska Journal of Mathematics Education, 3(1), 15–26. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v3i1.3425
Rosidah, I. D., Hasanah, U., Nadya, & Sulistiawati. (2019). Analisis problematika peserta didik pada mata pelajaran matematika materi relasi dan fungsi. Seminar Nasional Penelitian Pendidikan Matematika (SNP2M) Universitas Muhammadiyah Tangerang, 56–62. Tangerang: Universitas Muhammadiyah Tangerang.
Sapitri, L., Syofni, S., & Suanto, E. (2021). Validitas perangkat pembelajaran matematika berbasis model discovery learning pada materi trigonometri untuk kelas X SMK/MAK. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 4(1), 7–18. Diambil dari http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/juring/article/view/12378
Sarnawiah, & Yensy, N. A. (2019). Meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII-2 SMP Negeri 3 Kota Bengkulu melalui model discovery learning (DL). Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 04(02), 47–57. https://doi.org/10.33449/jpmr.v4i2.9752
Taorina, R. M., Armis, & Maimunah. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis discovery learning pada materi garis dan sudut kelas VII. Jurnal Online Mahasaiswa (JOM), 4(2), 1–12.
Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children: a sourcebook.
Bloomington: Indiana University.
Trinanda, D., Syofni, & Yuanita, P. (2021). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis model discovery learning pada materi aturan sinus dan cosinus untuk siswa kelas X SMK/MAK. Edumath, 11(1), 15–22. https://doi.org/10.32682/edumath.v11i1.1875
Yulandari, T., Maimunah, & Armis. (2021). Pengembangan perangkat pembelajaran materi bangun ruang sisi datar berbasis model discovery learning untuk siswa SMP / MTs. JPIn: Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(1), 10–21.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v4i4.14132
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Indexed by: