Peran Scaffolding pada Pembelajaran Matematika: Suatu Kajian Kepustakaan

Fury Styo Siskawati, Erdawati Nurdin

Abstract


Pandemi Covid-19 menyebabkan pembelajaran harus dilakukan di rumah. Dalam situasi ini, siswa dituntut untuk belajar mandiri secara online (dalam jejaring/daring), namun demikian bantuan dan bimbingan guru masih dibutuhkan agar pembelajaran terarah dan dapat mencapai tujuan pembelajaran. Bantuan ini dikenal dengan scaffolding. Studi ini merupakan penelitian kepustakaan, dengan peneliti sebagai instrumen utama. Data dan informasi yang dikumpulkan dianalisis secara deduktif. Pada artikel ini diuraikan bagaimana peran scaffolding dan  efektivitas scaffolding dalam pembelajaran matematika. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa scaffolding dapat menjadi alternatif pembelajaran matematika saat ini. Pengaruh scaffolding pada pembelajaran matematika online  perlu diteliti lebih lanjut

Full Text:

PDF

References


Anghileri, J. (2006). Scaffolding practices that enhace mathematics learning. Journal of Mathematics Teacher Education, 9, 33–52. https://doi.org/10.1007/s10857-006-9005-9

Arifin, S., Zulkardi, Putri, R. I. I., Hartono, Y., & Susanti, E. (2020). Scaffolding in mathematical problem-solving. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series, 1–8. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1480/1/012054

Aulia, J., Fitraini, D., & Risnawati. (2020). Pengaruh penerapan model pembelajaaran scaffolding terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis berdasarkan self efficacy siswa SMP/MTs. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(4), 367–374.

Azhari, B., & Fajri, I. (2021). Distance learning during the COVID-19 pandemic: School closure in Indonesia. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology. https://doi.org/10.1080/0020739X.2021.1875072

Bakker, A., Smit, J., & Wegerif, R. (2015). Scaffolding and dialogic teaching in mathematics education : introduction and review. ZDM: The International Journal on Mathematics Education, 47(7), 1047–1065. https://doi.org/10.1007/s11858-015-0738-8

Cahyo, A. N. (2013). Panduan aplikasi teori-teori belajar dan mengajar teraktual dan terpopuler. Jakarta: DIVA Press.

Chairani, Z. (2015). Scaffolding dalam pembelajaran matematika. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 39–44.

Dewi, I., & Andriani, A. (2019). Pengembangan lembar kerja siswa (lks) berbasis budaya melayu untuk meningkatkan kemampuan abstraksi matematis. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 160–167. Semarang: Universitas PGRI Semerang.

Ding, L., Reay, N., Lee, A., & Bao, L. (2011). Exploring the role of conceptual scaffolding in solving synthesis problems. Physic Education Research, 7, 1–11. https://doi.org/10.1103/PhysRevSTPER.7.020109

Fatahillah, A., Wati, Y. F., & Susanto. (2017). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan tahapan Newman beserta bentuk scaffolding yang diberikan. Jurnal Kadikma, 8(1), 40–51. Retrieved from http://jurnal.unej.ac.id/index.php/kadikma/article/view/5229

Ferguson, S. (2013). Scaffolding the mathematics learning of low-attaining students through whole class discussions. Proceeding of the 36th Annual Conference of the Mathematics Education Research Group of Australia. Melbourne: Mathematics Education Research Group of Australia.

Fitraini, D., Maisyah, I., & Kurniati, A. (2021). Pengaruh scaffolding terhadap kemampuan komunikasi matematis berdasarkan kemandirian belajar siswa. Suska Journal of Mathematics Education, 7(1), 49–58. https://doi.org/10.24014/sjme.v7i1.12353

Frederick, M. L., Courtney, S. A., & Caniglia, J. (2014). With a Little help from my friends : scaffolding Techniques in problem solving investigations in mathematics learning. Investigation in Mathematics Learning, 7(2), 21–32. https://doi.org/10.1080/24727466.2014.11790340

Handayani, N. W. P., Ardana, I. M., & Sudiarta, I. G. P. (2020). Media pembelajaran berbasis model Bruner, budaya lokal dan scaffolding untuk meningkatkan pemahaman konsep relasi dan fungsi. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(2), 221–236. https://doi.org/10.33603/jnpm.v4i2.3235 Media

Hermaini, J., & Nurdin, E. (2020). Bagaimana kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dari perspektif minat belajar? JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(2), 141–148. https://doi.org/10.24014/juring.v3i1.9597

Kazak, S., Wegerif, R., & Fujita, T. (2015). Combining scaffolding for content and scaffolding for dialogue to support conceptual breakthroughs in understanding probability. ZDM. https://doi.org/10.1007/s11858-015-0720-5

Kusmaryono, I., & Wijayanti, D. (2020). Tinjauan sistematis: strategis scaffolding pada pembelajaran matematika. Jurnal Phenomenon, 10(1), 102–117.

Lestari, S. I., & Andriani, L. (2019). Pengaruh penerapan strategi scaffolding terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa Madrasah Tsanawiyah Al-Hidayah Singingi Hilir ditinjau dari motivasi belajar siswa. Suska Journal of Mathematics Education, 5(1), 68–76. https://doi.org/10.24014/sjme.v5i1.6950

Mardaleni, D., Noviarni, N., & Nurdin, E. (2018). Efek Strategi Pembelajaran Scaffolding terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis berdasarkan Kemampuan Awal Matematis Siswa. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(3), 236. https://doi.org/10.24014/juring.v1i3.5668

Masna, F., & MZ, Z. A. (2019). Pengaruh penerapan model scaffolding terhadap kemampuan pemahaman konsep berdasarkan self efficacy siswa SMP. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(3), 249–256.

McCarthy, P., Sithole, A., McCarthy, P., Cho, J., & Gyan, E. (2016). Teacher questioning strategies in mathematical classroom discourse: a case study of two grade eight teachers in Tennessee, USA. Journal of Education and Practice, 7(21), 80–89.

Mustofa, H., Jazeri, M., Mu’awanah, E., Setyowati, E., & Wijayanto, A. (2021). Strategi pembelajaran scaffolding dalam membentuk kemandirian belajar siswa. AL Fatih, 1(1), 42–52.

Pol, J. van de, Volman, M., & Beishuizen, J. (2010). Scaffolding in teacher–student interaction : a decade of research. Educ Psychol Rev, (April), 271–296. https://doi.org/10.1007/s10648-010-9127-6

Rachmawati, I., & Purnama, A. (2019). Penggunaan teknik scaffolding pada pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematik pada siswa SMP. Jurnal Equation, 2(2), 94–104.

Sari, N., & Surya, E. (2017). Efektivitas penggunaan teknik scaffolding dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa SMP Swasta Al-Washliyah Medan. Edumatica, 07(01), 1–10.

Satiti, W. S., & Verdianingsih, E. (2019). Penggunaan scaffolding untuk mengatasi kesulitan problem solving mahasiswa calon guru. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(2), 113–127.

Siew, M. F. C., Shahrill, M., & Li, H.-C. (2019). The integration of a problem-solving framework for Brunei high school mathematics curriculum in increasing student’s affective competency. Journal of Mathematics Education, 10(2), 215–228.

Suhandri, Nufus, H., & Nurdin, E. (2017). Profil kemampuan koneksi matematis mahasiswa dalam menyelesaikan masalah matematika berdasarkan level kemampuan akademik. Jurnal Analisa, 3(2), 115–129. https://doi.org/10.15575/j.v3i2.1919

Sutiarso, S., Coesamin, M., & Nurhanurawati. (2018). The effect of various media scaffolding on increasing understanding of students’ geometry concepts. Journal on Mathematics Education, 9(1), 95–102. https://doi.org/10.22342/jme.9.1.4291.95-102

Trianto. (2014). Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif, dan kontekstual. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Yaniawati, R. P. (2020, April 14). Penelitian studi kepustakaan ( library research ). Penyamaan Persepsi Penelitian Studi Kepustakaan Di Lingkungan Dosen FKIP Unpas.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v4i3.13840

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter