Analisis Kebutuhan Video Pembelajaran Kalkulus Integral Berbasis Pemahaman Konsep

Sumargiyani Sumargiyani, Muhammad Asrori Ainurrahman, Bidayatun Nafi'ah

Abstract


Tujuan dari penelitian ini mendeskripsikan hasil analisis kebutuhan media pembelajaran berbentuk video kalkulus integral berbasis pemahaman konsep. Data diperoleh dari hasil angket yang disebarkan melalui  google form yang diisi sebanyak 26 responden, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Objek yang diteliti mencakup : 1) Kesesuaian tujuan pembelajaran dengan RPS, 2) Materi yang ada di kalkulus integral, 3) Bahan ajar yang dibutuhkan oleh mahasiswa, dan 4) Bentuk media pembelajaran yang diperlukan mahasiswa. Hasil kajian menunjukkan bahwa: 1) Semua tujuan pembelajaran kalkulus integral sudah sesuai dengan RPS; 2) Materi yang termuat di kalkulus integral mencakup integral, teknik pengintegralan dan aplikasi integral; dan 3) Mahasiswa membutuhkan media pembelajaran berbentuk video yang dapat digunakan sebagai penunjang slide PPT dan buku acuan poko, dan 4) Bentuk video yang diinginkan untuk memahamkan konsep dengan durasi antara 5 hingga 10 menit per part.

Full Text:

PDF

References


Alfania. (2019). Penerapan Model Think Talk Write Berbasis Multimedia Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Komunikasi Matematis. Jurnal Derivat, 6(2), 116-123.

Baharrudin, I. (2014). Efektivitas Penggunaan Media Video Tutorial Sebagai Pendukung Pembelajaran Matematika Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Peserta Didik SMA Negeri 1 Bajo Kabupaten Luwu Sulawesi Selatan. Jurnal Nalar Pendidikan, 2(2), 90-97.

Bao, W. (2020). COVID-19 and online teaching in higher education : A case study of Peking University. Human Behavior and Emerging Technologies, 2(2), 113–115. https://doi.org/10.1002/hbe2.191.

Basilaia, G., & Kvavadze, D. (2020). Transition to Online Education in Schools during a SARS-CoV-2 Coronavirus (COVID-19) Pandemic in Georgia. Pedagogical Research, 5(4). https://doi.org/10.29333/pr/7937.

Chandra, F. H., & Nugroho, Y. W. (2017). Implementasi Flipped Classroom dengan Video Tutorial pada Pembelajaran Fotografi Komersial. Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain Dan Periklanan, 2(1), 20–36.

Febriyanto, B., Haryanti, Y. D., & Komalasari, O. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematis Melalui Penggunaan Media Kantong Bergambar Pada Materi Perkalian Bilangan di Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 32-44.

Husna, F. E., Dwina, F., & Murni, D. (2014). Penerapan Strategi REACT Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas X SMAN 1 Batang Anai. Jurnal Pendidikan Matematika, 26-30.

Jeheman, A. A., Gunur, B., & Jelatu, S. (2019). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 191-202.

Khairani, M., Sutisna., & Suyatno, S. (2019). Studi Meta-Analisis Pengaruh Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Biolokus, 2(1), 158-166.

Ma'ruufah, M. A., Gestiardi, R., & Chumdari. (2021). Pemanfaatan Teknologi Dalam Pembelajaran Daring Era Covid-19 Pada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Nalar Pendidikan, 9(1), 36-42. https://doi.org/10.26858/jnp.v9il.20299.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2020). Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Miftahussurur., & Pramono. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Media Video Pembelajaran Kompetensi Dasar Memelihara/Servis Sistem Pendingin Mesin. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 16(1), 31-36.

Ningsih, Y. L. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa Melalui Penerapan Lembar Aktivitas Mahasiswa (LAM) Berbasis Teori APOS Pada Materi Turunan. Edumatica, 06(01), 1-8.

Novitasari, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika, 2(2), 8-18.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Misykat, 3(1), 171-187.

Putri, R. E., & Iswari, M. (2018). Media Video Tutorial dalam Keterampilan Membuat Boneka dari Kaus Kaki Bagi Anak Tunagrahita. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 6(2), 178–185.

Ranti, F., & Kurniati, A. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Berdasarkan Self-Efficacy Siswa SMP/MTs. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(1), 021-030.

Safrizal, Z. A., Putra, D. A., Sofyan, S., & Bimo. (2020). Pedoman Umum Menghadapi Pandemi Covid-19 Bagi Pemerintah Daerah Pencegahan, Pengendalian, Diagnosis, dan Manajemen. Jakarta: Kementerian Dalam Negeri.

Saputra, M. E., & Mujib. (2018). Efektivitas Model Flipped Classroom Menggunakan Video Pembelajaran Matematika terhadap Pemahaman Konsep. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 173-179.

Sarah, D., Risnawati., & Z, Z, A, M. (2018). Pengembangan Modul Berbasis Pendekatan Konstruktivisme untuk Memfasilitasi Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sekolah Menengah Atas di Pekanbaru. Juring: Journal for Research in Mathematics Learning, 1(3), 199-206.

Setiyani, & Santi, D. P. (2019). Implementasi Media Pembelajaran Dengan Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Mahasiswa. Jurnal Derivat, 6(1), 1-11.

Verawardina, U., Asnur, L., Lubis, A. L., & Hendriyani, Y. (2020). Reviewing Online Learning Facing the Covid-19 Outbreak. Journal of Talent Development and Excellence, 12(3), 385–392.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v5i1.13763

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter