Validitas Perangkat Pembelajaran Matematika Model Problem Based Learning (PBL) Berkonteks Alat Musik Tradisional Melayu Riau pada Materi Lingkaran
Abstract
Full Text:
PDFReferences
A Pribadi, B. (2014). Desain dan pengembangan program pelatihan berbasis kompetensi. Prenada Media Group.
Akbar, S. (2013). Instrumen perangkat pembelajaran. Remaja Rosdakarya.
Aprilia, E. D., Trapsilasiwi, D., & Toto Bara Setiawan. (2019). Etnomatematika Pada permainan tradisional engklek beserta alatnya sebagai bahan ajar. Kadikma, 10(1), 85–94.
Dardiri, & Nuh, Z. M. (2016). Etnomatematika dalam sistem pembilangan pada masyarakat Melayu Riau. Kutubkhanah: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 19(2), 220–238.
Febriyanti, C., Prasetya, R., & Irawan, A. (2018). Etnomatematika Pada permainan tradisional engklek dan gasing khas kebudayaan Sunda. Barekeng: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan, 12(1), 1–6. https://doi.org/10.30598/vol12iss1pp1-6ar358
Kemendikbud. (2016). Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang standar proses pendidikan dan menengah.
Loviana, S., Islamuddin, A. M., Damayanti, A., Mahfud, M. K., & Merliza, P. (2020). Etnomatematika pada kain tapis dan rumah adat Lampung. Tapis: Jurnal Penelitian Ilmiah, 4(1), 94–110.
Majid, A. (2012). Perencanaan pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya.
Mardiah, S., Widyastuti, R., & Rinaldi, A. (2018). Pengembangan modul pembelajaran matematika berbasis etnomatematika menggunakan metode inkuiri. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 119–126.
Noah, S. M., & Ahmad, J. (2005). Pembinaan modul: bagaimana membina modul latihan dan modul akademik. Penerbit Universiti Putra Malaysia.
Nurdin, E., Herlina, R., Risnawati, & Granita. (2019). Pengembangan lembar kerja siswa berbasis pendekatan open-ended untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kreatif matematis siswa Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 21–31. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.26486/jm.v4i1.500
Nurdin, E., Muhandaz, R., Fitri, I., Kurniati, A., & Irma, A. (2018). Aplikasi refleksi dalam motif tenun Melayu Riau. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 107–117.
Permana, W. H. (2019). Etnomatematika : aplikasi bangun datar dan peluang pada permainan tradisional kebudayaan Korea Selatan. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu, 01(02), 138–150.
Prahmana, R. C. I., & D’Ambrosio, U. (2020). Learning geometry and values from patterns: Ethnomathematics on the batik patterns of yogyakarta, indonesia. Journal on Mathematics Education, 11(3), 439–456. https://doi.org/10.22342/jme.11.3.12949.439-456
Retnawati, H., Djidu, H., Kartianom, Apino, E., & Anazifa, R. D. (2018). Teachers’ knowledge about higher-order thinking skills and its learning strategy. Problems of Education in the 21st Century, 76(2), 215–230.
Risdiyanti, I., & Prahmana, R. C. I. (2017). Ethnomathematics : exploration in Javanese culture. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series.
Trianto. (2010). Mengembangkan model pembelajaran tematik. Prestasi Pustaka.
Yustianingsih, R., Syarifuddin, H., & Yerizon. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis problem based learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas VIII. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 258–274.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v4i2.12507
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Indexed by: