Kemampuan Komunikasi Matematis pada Materi Segi Empat dan Segitiga: Analisis Deskriptif Berdasarkan Keaktifan Belajar di MTs Bustanul Ulum

Siti Nur Halimah, Depriwana Rahmi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis  siswa yang ditinjau dari keaktifan belajar siswa pada materi segiempat dan segitiga. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian analisis deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Bustanul Ulum sebanyak 15 orang. Motode pengumpulan data berupa tes soal uraian untuk mengukur kemampuan komunikasi matematis siswa, angket keaktifan belajar siswa, dan wawancara yang dilakukan secara online berbantuan media WhatsApp. Data yang diperoleh kemudian dianalisis melalui 3 tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa secara keseluruhan adalah 1,68 atau dengan persentase sebesar 45,73%. Skor rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa untuk tingkat keaktifan belajar siswa tinggi, sedang, dan rendah masing-masing adalah 2,56 atau dengan persentase 69,68%, 1,57 atau dengan persentase 42,91% dan 0,74 atau dengan persentase 30,32%. Hal ini menunjukan bahwa siswa MTs Bustanul Ulum memiliki kemampuan komunikasi matematis pada kategori sedang jika dipandang secara keseluruhan dan memiliki kemampuan komunikasi matematis yang beragam jika dipandang berdasarkan tingkat keaktifan belajar yang dimiliki oleh siswa.

Full Text:

PDF

References


Asmawati, A., Risnawati, R., & Muhandaz, R. (2019). Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Metakognitif terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa SMP/MTs. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(3), 273. https://doi.org/10.24014/juring.v2i3.7813

Afria Alfitri Rizki, Hardi Suyitno, dan Sudarmin. (2016). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis ditinjau dari Kepercayaan Diri Siswa melalui Blended Learning. Unnes Joirnal of Mathematics Education Research , 17-23.

Aminah, S. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII Pada Materi Himpunan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika .

Anintya, Y. A. (2016). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas VIII pada Model Pembelajaran Reseource Based Learning. Artikel Skirpsi Unnes .

Aunurrahman. (2014). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Fachrurazi. (2011). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan UPI .

Firdawati, I. (2018). Hubungan Antara Keaktifan Belajar Siswa terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMK. Visipena Journal .

Heris Hendriana, E. E. (2018). Hard Skills dan Soft Skill Matematik Siswa. Bandung: Refika Aditama.

Hikmawati, N. N. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Geometri Kubus dan Balok. PRISMA .

Juhrani, H. S. (2017). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Berdasarkan SelfEfficacy Siswa pada Model Pembelajaran Mea . Unnes Journal of Mathematics Education Research , 251-258.

Permendikbud. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. IOSR Journal of Economics and Finance .

Ramlah. (2014). Pengaruh Gaya Belajar dan Keaktifan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika ( Survey Pada SMP Negeri di Kecamatan Klari Kabupaten Karawang). Jurnal Ilmiah Solusi , 3, 68-75.

Retnawati, H. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian (Panduan Peneliti, Mahasiswa, dan Psikometrian). Yogyakarta: Parama Publishing.

Ritonga, S. N. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Pembelajaran Matematika MTs Hifzil Qur’an Medan Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi: Jurusan Pendidikan Matematika, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan .

Rosalina, M. A. (2017). Analisis Keaktifan Siswa Kelas VII SMP Dharmawanita Pare dalam Pembelajaran Pair Cheks pada Materi Aritmatika Sosial. Simki-Techsain , 4.

Rosmala, I. d. (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: Bumi Aksara.

Sudjana. (2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Tohirin. (2013). Metode Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan dan Bimbingan Konseling. Jakarta: Rajawali Pers.

Walle, J. A. (2008). Matematika Sekolah Dasar dan Menengah. Jakarta: Erlangga.

Wijayanto, A. D. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP pada Materi Segitiga dan Segiempat. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika , 97-104.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v3i4.10490

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter