Kemampuan Koneksi Matematis berdasarkan Minat Belajar Siswa

M Fikri Hamdani, Erdawati Nurdin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan koneksi matematis ditinjau dari minat belajar siswa pada materi kubus dan balok. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan desain grounded theory. Subjek penelitian adalah 9 siswa kelas VIII MTsN 3 Kampar, masing-masing 3 siswa mewakili kategori minat tinggi, sedang dan rendah. Data dikumpulkan melalui angket minat belajar, tes kemampuan koneksi matematis siswa dan wawancara. Analisis data dilakukan dalam 3 tahapan pengodean, yaitu pengodean terbuka, pengodean berporos dan pengodean selektif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa rata-rata kemampuan koneksi matematis siswa masih rendah. Hasil analisis data menunjukkan adanya hubungan yang sebanding antara minat dengan kemampuan koneksi matematis siswa. Siswa dengan minat tinggi dan sedang dapat memahami hubungan antar konsep matematika, matematika dengan bidang ilmu lain dan koneksi antara konsep matematika dan kehidupan nyata. Sebaliknya, siswa dengan minat rendah hanya memahami hubungan antar konsep matematika. Guru perlu merencanakan pembelajaran dengan baik, memilih strategi yang tepat dan media pembelajaran yang menarik untuk meningkatkan minat belajar dan memfasilitasi kemampuan koneksi matematis siswa.


Full Text:

PDF

References


Aftriyati, L. W., Roza, Y., & Maimunah. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah berdasarkan minat belajar matematika siswa SMA Pekanbaru pada materi SLTV. Jurnal Matematika, Statistika Dan Komputasi, 16(2), 226–240. https://doi.org/10.20956/jmsk.v16i2.8515

Azizah, M., & Fauziyah, F. (2019). Pengaruh kemampuan koneksi matematika terhadap hasil belajar materi garis singgung lingkaran SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 5(1), 1–9. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v5i1.210

Creswell, J. W., Hanson, W. E., Clark Plano, V. L., & Morales, A. (2007). Qualitative research designs: selection and implementation. The Counseling Psychologist, 35(2), 236–264. https://doi.org/10.1177/0011000006287390

Djamarah, S. B. (2011). Psikologi Belajar. Rineka Cipta.

Eli, J. A., Lee, C. W., & Mohr-schroeder, M. J. (2007). Mathematical connections and their relationship to mathematics knowledge for teaching geometry. School Science and Mathematics, 113(3). https://doi.org/10.1111/ssm.12009

Emzir. (2010). Metodologi penelitian kualitatif: analisis data. Rajawali Pers.

Fadel, C. (2010). 21st Century Skills: How can you students for the new prepare global economy? Nsf Ate, May, 72. https://doi.org/10.1097/cej.0000130022.23806.7b

Hartati, S., Abdullah, I., & Haji, S. (2017). Pengaruh kemampuan pemahaman konsep, kemampuan komunikasi dan koneksi terhadap kemampuan pemecahan masalah. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 2(1), 43–72. https://doi.org/10.30651/must.v2i1.403

Hasbi, M., Lukito, A., & Sulaiman, R. (2019). The realistic of mathematic educational approach to enhancing ability mathematical connections. International Journal of Trends InMathematics Education Research, 2(4), 179–183. https://doi.org/10.33122/ijtmer.v2i4.

Hermaini, J., & Nurdin, E. (2020). Bagaimana kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dari perspektif minat belajar ? JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(2), 141–148. https://doi.org/10.24014/juring.v3i1.9597

Merriam, S. B. (2002). Introduction to qualitative research. In Qualitative research in practice: examples for discussion and analysis (pp. 3–17).

Moleong, L. J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif (38th ed.). Remaja Rosdakarya.

NCTM. (2000). Principles and standards for school mathematics.

Nugraha, A. A. (2018). Analisis kemampuan koneksi matematis siswa SMP pada materi sistem persamaan linear dua variabel ( SPLDV ). Suska Journal of Mathematics Education, 4(1), 59–64. https://doi.org/10.24014/sjme.v3i2.3897

Nurdin, E., Saputri, I. Y., & Kurniati, A. (2020). Development of comic mathematics learning media based on contextual approaches. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 8(2), 85–97. https://doi.org/http://doi.org/10.25273/jipm.v8i2.5145

Nursamsi, A., Nufus, H., & Kurniati, A. (2020). Pengaruh penerapan model contextual teaching and learning terhadap kemampuan koneksi matematis ditinjau dari kemampuan awal siswa SMP. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(2), 111–124. https://doi.org/10.24014/juring.v3i2.9653

OECD. (2019). PISA results 2018: combined executive summaries. https://www.oecd.org/pisa/Combined_Executive_Summaries_PISA_2018.pdf.

Permendikbud. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Pendidikan Dasar dan Menengah.

Puspendik. (2019). Laporan Hasil Ujian Nasional. https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id

Silviani, T. R., Lusyana, E., & Hadi, A. R. (2017). Upaya meningkatkan minat belajar matematika menggunakan inquiry based learning setting group investigation. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(2), 150–161. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.15294/kreano.v8i2.8404

Siregar, S., & Siagian, M. D. (2019). Mathematical connection ability : teacher ’ s perception and experience in learning Mathematical connection ability : teacher ’ s perception and experience in learning. Journal of Physics, 1315, 1–8. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1315/1/012041

Strauss, A., & Corbin, J. (2017). Grounded theory methodology: an overview. In AMCIS 2017 - America’s Conference on Information Systems: A Tradition of Innovation (Vols. 2017-Augus).

Suhandri, Nufus, H., & Nurdin, E. (2017). Profil kemampuan koneksi matematis mahasiswa dalam menyelesaikan masalah matematika berdasarkan level kemampuan akademik. Jurnal Analisa, 3(2), 115–129. https://doi.org/10.15575/j.v3i2.1919

Zarkasi, F., & Lutfianto, M. (2017). Pengaruh permainan matematika terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika Dan Nilai Islam), 1(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v3i3.10346

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter