Learning Obstacle Siswa dalam Pembelajaran Barisan dan Deret Aritmetika

Bambang Hariyomurti, Sufyani Prabawanto, Al Jupri

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah memperoleh gambaran tentang learning obstacle siswa pada pembelajaran barisan dan deret Aritmatika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik tes dan teknik wawancara. Peneliti yang merupakan instrumen utama berperan dalam segala proses kegiatan penelitian, mulai dari menetapkan fokus penelitian, mengumpulkan data, menganalisis data sampai membuat kesimpulan. Di samping itu, peneliti juga menggunakan instrumen soal tes learning obstacle dan panduan wawancara. Data dianalisis dengan mengikuti serangkaian kegiatan berupa mereduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang mengalami learning obstacle pada pembelajaran barisan dan deret aritmetika. Learning obstacle yang terjadi meliputi ontogenic obstacle, didactical obstacle, maupun epistemological obstacle.


Full Text:

PDF

References


Brosseau, G. (2002). Theory of Didactical Situation in Mathematic. Kluwer Academic Publisher.

Hardiyanti, A. (2016). Analisis Kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada materi barisan dan deret. Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP I), 2(2), 78–88.

Harijani, D. S., Muhsetyo, G., & Susanto, H. (2016). Kesulitan Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Open-Ended pada Materi Barisan dan Deret. August, 228–236.

Janah, S. R., Suyitno, H., & Rosyida, I. (2019). Pentingnya Literasi Matematika dan Berpikir Kritis Matematis dalam Menghadapi Abad ke-21. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 905–910.

Khasanah, U., & Sutama. (2015). Kesulitan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika pada Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika UMS 2015, 79–89.

Peraturan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2018). Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Muatan Nasional (A), Muatan Kewilayahan (B), Dasar Bidang Keahlian (C1), Dasar Program Keahlian (C2) dan Kompetensi Keahlian (C3). Dalam Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Nomor 9, hlm. 1689–1699). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Saifuddin, I., & Zubaidi. (2018). Analysis of the Difficulty of Students in the Points of Sequences and Series of Class X IPS SMA 1 Blora. Jurnal Teladan, 3(2), 99–110.

Septiahani, A., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis Kesalahan Siswa SMK dalam Menyelesaikan Soal Materi Barisan dan Deret Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika. 9, 311–322.

Suryadi, D. (2019). Penelitian Desain Didaktis (DDR) dan Implementasinya. Gapura Press.

Unaenah, E. (2017). Analisis Learning Obstacles Konsep Geometri Pada Mahasiswa Semester 1 Program Studi Pendidikan Dosen Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA 2017, 289–296.

Widyatari, R. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Barisan Dan Deret Ditinjau Dari Komunikasi Matematika. Skripsi, 1–14.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v3i3.10118

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter