Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Komunikasi Matematis pada Materi Segi Empat

Memen Permata Azmi, Azwir Salam

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk  menjelaskan cara mengembangkan instrumen tes kemampuan komunikasi matematis pada materi segi empat tingkat Sekolah Menengah Pertama. Langkah awal menyusun kisi-kisi soal tes berdasarkan indikator kemampuan komunikasi matematis dan indikator materi segi empat. Selanjutnya merancang dan membuat soal berdasarkan kisi kisi yang telah disusun. Soal tersebut diujicobakan kesekelompok siswa yang telah memperlajari materi segi empat. Kemudian hasil dari ujicoba dianalisis meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji daya pembeda, dan uji tingkat kesukaran soal. Teknik analisis instrumen tersebut menggunakan rumus korelasi product moment untuk uji validitas, uji reliabilitas menggunakan rumus alpha cronbach, rumus uji daya pembeda dan tingkat kesukaran soal. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa tes kemampuan kemampuan matematis yang telah telah dikembangkan dinyatakan valid, reliabel, memiliki daya pembeda yang baik, dan tingkat kesukaran soal yang sedang.


Full Text:

PDF

References


Abdi, M. & Hasanuddin. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share dan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Journal for Research in Mathematics Learning, 1 (2).

Asikin, M. (2002). Menumbuhkan Kemampuan Komunikasi Matematika melalui Pembelajaran Matematika Realistik. Prosiding Konferensi Nasional Matematika XI.

Dahlan, J. A. (2011). Analisis Kurikulum Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka

Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Depdiknas.

Firmansyah, A., Hasanuddin, & Nelson, Z. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis berdasarkan Pengetahuan Awal Siswa Madrasah Tsanawiyah. Journal for Research in Mathematics Learning, 1 (1).

Kuswandi & Astuti, H. P. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Suska Journal of Mathematics Education, 5 (1).

Mahmudi, A. (2009). Komunikasi dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal MIPMIPA UNHALU, 8 (1).

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA: NCTM.

Rahmayanti, K. R., Hasanuddin, & Nelson, Z. (2018). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Aktif Modeling The Way terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa SMK Taruna Pekanbaru. Journal for Research in Mathematics Learning, 1 (1).

Riduwan. (2012). Belajar Mudah Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sina, I., Ehda, F., Sunto, S., & Rahayu, K. (2019). Pengaruh Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Suska Journal of Mathematics Education, 5 (1).

Sudijono, A. (2012). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Grafindo.

Sugiyono. (2012). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Suherman, E. (2003). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Bandung: JICA Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pendidikan Indonesia.

Sumarmo, U. (2013). Kumpulan Makalah Berpikir dan Disposisi Matematik serta Pembelajarannya. Bandung: Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pendidikan Indonesia.

Sumarmo, U. (2014). Asesmen Soft Skill dan Hard Skill Matematik Siswa dalam Kurikulum 2013. Makalah Seminar Pendidikan Matematika. Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Batusangkar, Batusangkar.

Syasri, S. I. R., Hasanuddin, & Noviarni. (2018). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis: Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. Journal for Research in Mathematics Learning, 1 (1).

Turmudi. (2008). Landasan Filosofis dan Teoritis Pembelajaran Matematika. Jakarta: Leuser Cita Pustaka.

Turmudi. (2009). Taktik dan Strategi Pembelajaran Matematika Referensi untuk Guru SMK, Mahasiswa, dan Umum. Jakarta: Leuser Cita Pustaka.

Walle, J. A. V. (2006). Matematika Sekolah Dasar dan Menengah. Jakarta: Erlangga.

Widjayanti & Wahyudin, D. B. (2010). Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika melalui Strategi Perkuliahan Kolaboratif Berbasis Masalah. Makalah Konferensi Nasional Matematika.

Zulaiha, R. (2008). Analisis Soal Secara Manual. Jakarta : Puspendik.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v3i2.10029

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

 

Indexed by:

     

 

View My Stats

 

Flag Counter