Efektivitas Lesson Design Berbasis Hypothetical Learning Trajectory dalam Pembelajaran Faktor yang Mempengaruhi Laju Reaksi

Wiwik Kartika Sari, Ella Izzatin Nada

Abstract


Perencanaan pembelajaran merupakan aspek penting untuk menciptakan pembelajaran yang berkualitas. Kualitas pembelajaran dapat ditinaju dari dialog dan aktivitas yang terjadi di kelas. Dialog yang efektif akan terjadi ketika interaksi antara guru dan siswa dapat secara kritis menginterogasi topik pelajaran, mengekspresikan dan mendengarkan banyak sudut pandang, serta menciptakan proses pembelajaran yang berpusat pada siswa. Dialog yang efektif adalah dialog yang responnnya terantisipasi sehingga tujuan pembelajaran tercapai. Prediksi dan antisipasi respon dapat disusun dalam suatu lintasan pembelajaran yang biasa disebut hypothetical learning trajectory. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis prediksi respon siswa dan antisipasi respon dalam lesson design dengan respon siswa saat proses pembelajaran serta untuk mengetahui kecenderungan aktivitas pembelajaran. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan sampel sebanyak 32 siswa kelas XI. Materi pada penelitian ini adalah faktor yang mempengaruhi laju reaksi. Proses pembelajaran direkam dan ditranskrip, dialog selama proses pembelajaran dianalisis kesesuaiannya dengan prediksi respon siswa dan antisipasi respon yang ada dalam lesson design. Hasil analisis menunjukan bahwa 16%  prediksi respon siswa tidak muncul, 21% respon siswa diluar prediksi dan 63% respon sesuai dengan prediksi respon yang telah disiapkan serta kecenderungan aktivitas selama proses pembelajaran menunjukan pembelajaran berpusat pada siswa. Melalui penelitian ini, dapat diketahui bahwa tugas – tugas yang dikembangkan guru, pertanyaan dan umpan balik yang diberikan atas respon siswa mempengaruhi kedalaman dan keluasan pemikiran siswa.

Full Text:

PDF

References


Akbar, S. A. (2018). Profil Kemampuan Analisis Respon Sekolah Menengah Atas melalui Hypothetical Learning Trajectory (HTL) pada Materi Sifat Koligatif Larutan. Jurnal Serambi Akademica, IV(2), 85–90.

Anggraeni, P., & Akbar, A. (2018). Kesesuaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Dan Proses Pembelajaran. Jurnal Pesona Dasar, 6(2), 55–65. https://doi.org/10.24815/pear.v6i2.12197

Brown Wright, G. (2011). Student-Centered Learning in Higher Education. International Journal of Teaching and Learning in Higher Education, 23(3), 92–97. Retrieved from http://www.isetl.org/ijtlhe/

Cakmakci, G. (2010). Identifying alternative conceptions of chemical kinetics among secondary school and undergraduate students in Turkey. Journal of Chemical Education, 87(4), 449–455. https://doi.org/10.1021/ed8001336

Clements, D. H., Wilson, D. C., & Sarama, J. (2004). Young Children’s Composition of Geometric Figures: A Learning Trajectory. Mathematical Thinking and Learning, 6(2), 163–184. https://doi.org/10.1207/s15327833mtl0602

Coenders, F., & Verhoef, N. (2019). Lesson Study: professional development (PD) for beginning and experienced teachers. Professional Development in Education, 45(2), 217–230. https://doi.org/10.1080/19415257.2018.1430050

Fujii, T. (2016). Designing and adapting tasks in lesson planning: a critical process of Lesson Study. ZDM - Mathematics Education, 48(4), 411–423. https://doi.org/10.1007/s11858-016-0770-3

Keiler, L. S. (2018). Teachers’ roles and identities in student-centered classrooms. International Journal of STEM Education, 5(34), 1–20. https://doi.org/10.1186/s40594-018-0131-6

Kolomuç, A., & Tekin, S. (2011). Chemistry Teachers’ Misconceptions Concerning Concept of Chemical Reaction Rate. Eurasian Journal of Physics Chemistry Education, 3(2), 84–101. Retrieved from http://www.eurasianjournals.com/index.php/ejpce

Lewis, C. C., Perry, R. R., Friedkin, S., & Roth, J. R. (2012). Improving Teaching Does Improve Teachers: Evidence from Lesson Study. Journal of Teacher Education, 63(5), 368–375. https://doi.org/10.1177/0022487112446633

Ravenscroft, A. (2007). Promoting thinking and conceptual change with digital dialogue games. Journal of Computer Assisted Learning, 23(6), 453–465. https://doi.org/10.1111/j.1365-2729.2007.00232.x

Simon, M. A., & Tzur, R. (2004). Explicating the Role of Mathematical Tasks in Conceptual Learning: An Elaboration of the Hypothetical Learning Trajectory. Mathematical Thinking and Learning, 6(2), 91–104. https://doi.org/10.1207/s15327833mtl0602

Sulistiawati, Suryadi, D., & Fatimah, S. (2015). Desain Didaktis Penalaran Matematis untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa SMP pada Luas dan Volume Limas. Jurnal Matematika Kreatif - Inovatif, 6(2), 135–146.

Suryadi, D. (2010). Menciptakan Proses Belajar Aktif: Kajian dari Sudut Pandang Teori Belajar dan Teori Didaktik. Retrieved from http://didi-suryadi.staf.upi.edu/files/2011/06/MENCIPTAKAN-PROSES-BELAJAR-AKTIF.pdf

Suryadi, D., Yulianti, K., & Enjun, J. (2011). Model Antisipasi dan Situasi Didaktis dalam Pembelajaran Matematika Kombinatorik Berbasis Pendekatan Tidak Langsung. Retrieved from http://didi-suryadi.staf.upi.edu/files/2011/06/MODEL-ANTISIPASI-DAN-SITUASI-DIDAKTIS.pdf

Wahyuningrum, A. S., Supriyatin, T., & Kameswari, D. (2020). Pengembangan Antisipasi Didaktis dan Pedagogis Pembelajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Jurnal PKM: Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 12–21.

Webb, M. M. (2006). What Does It Mean To Preservice Mathematics Teachers To Anticipate Student Responses?

Wijaya, A. F. C. (2015). Profil Kemampuan Analisis Respon Siswa melalui Hypothetical Learning Trajectory ( HLT ) sebagai Instrumen Pembelajaran dalam Pengembangan Beragam Kemampuan Siswa. Prosiding Simposium Nasional Inovasi Dan Pembelajaran Sains, (Snips), 185–188.

Yılmaz, N., Elif Yetkin Özdemir, I., Çetinkaya, B., & Elif Yetkin Özdemir, İ. (2017). Anticipating students’ thinking through Lesson Study: A case study with three prospective middle school mathematics teachers. Proceedings of CERME 10, 3399–3407. Retrieved from https://hal.archives-ouvertes.fr/hal-01949136




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jnsi.v3i1.9379

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal of Natural Science and Integration

E-ISSN: 2620-5092  | P-ISSN: 2620-4967

Published By:

Department of Natural Sciences Educations, Faculty of Education and Teacher Training, State Islamic University of Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia

Mailing Address:

Jl. H.R Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tuah Madani, Pekanbaru, Riau, Indonesia

email: jnsi.tadrisipa@uin-suska.ac.id

Indexed By:

                     

 

 Creative Commons License

Journal of Natural Science and Integration is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.