Profil Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP Islam As-Shofa Kota Pekanbaru Berdasarkan PISA

M. Syahrum Sujudi, Tengku Idris, Suryanti S, Peny Husna Handayani

Abstract


Penelitian ini bertujuan memperoleh gambaran kemampuan literasi sains siswa SMP Islam As-Shofa Kota Pekanbaru berdasarkan The Programme Internasional Student Assessment (PISA) pada konten Biologi. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Instrumen yang digunakan adalah soal literasi sains berdasarkan PISA 2009. Penelitian ini dilaksanakan bulan April  2019. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IX SMP Islam As-Shofa Kota Pekanbaru dengan teknik pengambilan sampel dengan mengggunakan propotional strtified sampling sehingga sampel dikelompokan berdasarkan tingkat kemampuan akademik tinggi, sedang dan rendah dengan jumlah sampel sebanyak 135 siswa. Hasil penelitian menunjukan kemampuan literasi sains siswa SMP Islam as-Shofa Kota Pekanbaru kategori rendah dengan persentase 56,86%. Kemampuan berdasarkan kompetensi mengidentifiksi masalah kategori rendah dengan persentase 56,43%, kompetensi menjelaskan fenomena secara ilmiah kategori rendah dengan persentase 54,43% dan kompetensi menggunakan bukti ilmiah kategori rendah dengan persentase 59,71%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahawa siswa SMP Islam As-Shofa Kota Pekanbaru memiliki kemampuan literasi sains rendah

Full Text:

PDF

References


Anggraini, G. (2014). Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa SMA Kelas X Di Kota Solok. Prosiding Mathematic And Science Forum 2014 (online). Tersedia di upgrismg.ac.id/index.php/masif2014/view/427/378. Diakses Pada tanggal 2 November 2018, 09.15WIB.7 hlm.

Anjasari. P. (2014). Literasi Sains dalam Kurikulum dan Pembelajran IPA SMP. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta: Yogyakarta.

Asrukin, M. (2012). Pengindeksan Tuntas Berbasis Kurikulum.page 1-12 (online) Tersedia di www.library.um.ac.id/images/gbpjs/art05ask.pdf.

Ayuningtyas, R, S. (2016). Profil Kompetensi Literasi Sains Siswa berdasarkan PISA pada Konten Biologi. Skripsi FKIP UNILA: Lampung.

Balitbang. (2011). Survei Internasional PISA. Kemendikbud (Online). Tersedia di http://litbang. kemdikbud.go. id/index.php/survei-internasional-pisa.

Connyta, E. (2016). Profil Kompetensi Literasi Sains Siswa berdasarkan The Programme For Internasional Student Assessment (PISA) Pada Konten Biologi (Kuasi Deskriptif siswa kelas IX SMP Se-Kecamatan Kemiling di Bandar Lampung.

DeBoer, E, G. (1991). A History of Ideas in Science Education. New York: .Teacher College Press.

Fitri, I., Yuni, F. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Mendukung Kemampuan Literasi Sains Sisa pada Materi Sistem Koloid. Journal of Natural Science and Integration, 2(2), 181-190.

Firman, H. (2007). Analisis Literasi Sains Berdasarkan Hasil PISA Nasional Tahun 2006. Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang Depdiknas.

Harosid, H. (2017). Kurikulum 2013 Revisi 2017. Tersedia di https://Scribd.com. Diakses pada tanggal 30 Oktober 2018, 09. 30 WIB.59 hlm.

OECED-PISA. (2004). Learning for Tomorrow’s World. USA: OECD-PISA.

OECD. PISA. (2007). PISA 2006 Science Competencies For Tomorrow’s World. Volume 1. Paris, France: OECD. Diakses pada tanggal 3 November 2018, 08.25WIB. http://www.oecd.org/dataoecd/1/53/38484866.pdf.

OECD.PISA. (2009). PISA 2009 result: Executive Summary (online). Diakses pada tanggal 5 November 2018, 09.33WIB.https://www.oecd.org/newsroom.pdf.

OECD. PISA. (2010). Draft PISA 2012 Assessment Framework (online). Diakses pada tanggal 6 November 2018, 10.15WIB. https://www.oecd.org/data.pdf.

OECD. PISA. (2012). How your school compares internationally. OECD Publishing (online). Tersedia di www.oecd.org/publishing/corrigenda. Diakses pada tanggal 7 November 2018, 11.35WIB.159hlm.

OECD. PISA. (2014). PISA 2012 result in focus. OECD Publishing (online). Tersedia di https://www.oecd.org/pisa/keyfinding/pisa-2012-result.pdf Diakses pada tanggal 10 November 2018, 08.46WIB.

Poedjiadi, A. (2005). Sains teknologi Masyarakat : Pendekatn Pembelajaran Kontekstual Bermuatan Nilai. Bandung: Remaja Rosdakarya.

PISA. Infographic. (2015). ACDP- Indonesia.org. Diakses pada tanggal 10 November 2018, 10.34WIB. 2 hlm.https://puspendik.kemendikbud.go.id.

Rahayu. (2014). Menuju Masyarakat berliterasi Sains: Harapan Dan Tantangan Kurikulum 2013 (online). https://kimia.um.ac.id/wpcontent/uploads2014.pdf Diakses pada tanggal 11 November 2018, 09.13WIB.

Sariono. (2014). Kurikulum 2013: Kurikulum Berbasis Emas. E-Jurnal Dinas Pendidikan kota surabaya, 3, page 1-9 (online). Diakses pada tanggal 14 November 2018, 10.24WIB. https://dispendik.surabaya.go.id/jurnal/199.pdf.

Sellar, S dan B. Lingard. (2014). The OECD and The Expansion of PISA: New Global Modes of Governance in Education. Brits Educatin Research Journal, 40 (6), 917-936.

Sugiyono. (2016). Metodologi penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta: Bandung 330 hlm.

Permendikbud. (2016). Peraturan mentri pendidikan dan kebudayaan RI Nomor.23 tahun 2016 pasal 1 Ayat 1 tentang Standar Peniaian Pendidikan.

Purwanto, N. (2013). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Remaja Rosda karya. Bandung. 165 hlm.

Puspendik. (2011). Asesmen media informasi dan komunikasi penilaian pendidikan. Kemendikbud.Vol.8.No.3. Tersedia di Litbang.kemendikbud.go.id. Diakses pada tanggal 20 Maret 2019,09.20WIB.43 hlm.

Tjalla, A. (2010). Potret Mutu Pendidikan Indonesia ditinjau dari Hasil-Hasil Studi Internasional. Artikel Temu Ilmiah Nasional Guru II “Membangun Profesionalitas Insan Pendidikan yang Berkarakter dan Berbasis Budaya” 24-25 November, Tangerang Selatan.

Toharudin, U. , S. Hendrawati. & A. Rustaman. (2011). Membangun Literasi Sains Peserta Didik. Humaniora, Bandung. 291 hlm.

Tohir, Mohammad. (2016). Hasil PISA Indonesia Tahun 2015 Mengalami Peningkatan. Diakses pada tanggal 26 November 2018, 08.40WIB. tersedia di https://matematohir.wordpress.com/hasil-pisa-indonesia-tahun-2015.

Zuriyani, (2013). Literasi Sains dan Pendidikan (online) Tersedia di http://sumsel.kemenag.go.id/file/file/TULISAN/WAGJ1343099486.pdf. Diakses pada tanggal 25 Januari 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jnsi.v3i1.9023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal of Natural Science and Integration

E-ISSN: 2620-5092  | P-ISSN: 2620-4967

Published By:

Department of Natural Sciences Educations, Faculty of Education and Teacher Training, State Islamic University of Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia

Mailing Address:

Jl. H.R Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tuah Madani, Pekanbaru, Riau, Indonesia

email: jnsi.tadrisipa@uin-suska.ac.id

Indexed By:

                     

 

 Creative Commons License

Journal of Natural Science and Integration is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.