Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS untuk Meningkatkan Minat Belajar, dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X MIA 1 MAN 1 Pekanbaru Tahun Pelajaran 2016/2017

Hendrasusita Hendrasusita

Abstract


Tujuan  penelitian ini adalah  meningkatkan minat dan kemampuan matematis  dalam pembelajaran matematika dengan penerapan model pembelajaran Think- Pair- Share. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research), yaitu penelitian reflektif oleh prilaku tindakan yang dilakukan oleh guru sendiri untuk memperbaiki proses pembelajaran yang dilaksanakan atas dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan januari  dan berakhir juni 2017. Subjek  dalam penelitian  ini adalah siswa-siswi kelas X MIA 1 MAN 1 Pekanbaru yang berjumlah 30 orang. Instrumen penelitian adalah angket, kuis, tes hasil belajar yang diberikan pada setiap akhir siklus, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan catatan lapangan. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar dan hasil belajar siswa meningkat dari  rata-rata kuis  pada pertemuan pertama 62,2 menjadi 77,9 pada pertemuan ke enam  dan tes hasil belajar  dengan rata-rata 61 pada siklus I meningkat menjadi 76 pada siklus II dengan  persentase ketuntasan siswa 26,7% pada siklus I meningkat menjadi 75,9 % pada siklus II.  Minat  siswa dalam belajar terlihat pada perhatian belajar, kemauan, merasa senang, semangat dalam belajar dan mengerjakan tugas mengalami peningkatan dari kategori kurang menjadi tinggi. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think - Pair- share dapat meningkatkan hasil belajar dan minat belajar siswa.


Keywords


Minat, Hasil Belajar, Kooperatif Tipe TPS

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Mulyono. 1999. Pendidikan Bagi anak berkesulitan belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Daradjat, Zakiah, dkk. 1995. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: penerbit Bumi Aksara

Depdiknas. 2006. Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Dollah, Mohd.Uzi. 2006. Pengajaran dan Pembelajaran Matematik melalui Penyelesaian masalah. Kuala Lumpur. Dewan Bahasa dan Pustaka

Erman Suherman dkk .2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UPI.

Hamalik, O., 2003, Proses Belajar Mengajar, Bumi Aksara, Jakarta.

Hudoyo, Herman. 1988. Metode Belajar dan kesulitan Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Lie, Anita. 2002. Cooperative Learning : Mempraktikan Cooperative learning di ruang kelas. Jakarta : PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Miles, Matthew B, dan A. Michael Hubermen. 1992. Analisis Data Kualitatif. (Terjemahan oleh Tjetjep Rohendi Rohidin). Jakarta: Universitas Indonesia.

Nurhadi. 2004. Pembelajaran Kontektual dan Penerapannya. Malang. Universitas Negeri Malang.

Purwanto, 2009, Evaluasi Hasil Belajar, Pustaka Belajar, Yogyakarta.

Robert E. Slavin. 2005. Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media.

Sanjaya,Wina 2011, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Kencana Prenada Media Group, Jakarta.

Sardiman, A.M. 2009. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Slameto.1991. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta.Rineka Cipta

Sudijono, A. 2008. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif , Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Tingkat satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta, Kencana

Within.1992. Mathematics Task Centre; Proffesional Development and Problem Solving. In J Wakefield and L. Velardi (Ed). Celebrating Mathematics Learning. Melbourne: The Mathematical Association of Victoria

Miles, Matthew B, dan A. Michael Hubermen. 1992. Analisis Data Kualitatif. (Terjemahan oleh Tjetjep Rohendi Rohidin). Jakarta: Universitas Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v2i2.8594

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     
  

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.