Meningkatkan Hasil dan Motivasi belajar Bahasa Arab Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Pada Materi Identitas Diri di Kelas X Agama 1 MAN-1 Pekanbaru Tahun Pelajaran 2018-2019
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh penerapan pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament yang dilihat dari motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa arab Materi memperkenalkan diri di kelas Xsc Agama 1 MAN-1 Pekanbaru. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dimana guru melakukan tindakan reflektif guru untuk memperbaiki proses pembelajaran. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Siklus pertama dilakukan dalam 4 kali pertemuan dan siklus ke 2 dilaksanakan dengan 4 kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrumen penilaian yang digunakan adalah angket motivasi belajar daftar dan soal pengetahuan untuk Penilaian harian. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Motivasi belajar siswa pada siklus 1 pada kategori sangat baik, baik dan cukup berturut-turut masing-masing 28,12%, 56,25% dan 15,62% sementara pada siklus 2 berturut-turut sebesar 34,37%, 59,37% dan 6,25%. Sementara Hasil belajar siswa meningkat dari 68,75 % pada siklus 1 menjadi 87,5 pada siklus 2. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar Bahasa Arab materi memperkenalkan diri (KD 3.2) pada kelas Xsc Agama 1 MAN-1 Pekanbaru Tahun ajaran 2018-2019.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A.M, Sardiman., 2014, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Rajawali, Jakarta.
Arikunto, Suharsimi; Suhardjono; Supardi. 2003. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.
Asbullah, 2008, Peningkatan soft skill guru yang cerdas dan inovatif. Simposium Biologi FKIP. Pekanbaru.
BNSP. 2006. Petunjuk Teknis Pengembangan Silabus dan Contoh/Model Silabus SMA/MA. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.
Depdiknas. 2004. Rambu-rambu Penetapan Standar Ketuntasan Belajar Minimum dan Analisis Hasil Pencapaian Standar Ketuntasan Belajar. Jakarta
Dimyati dan Mujiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Rineka Cipta
Hamzah B. Uno dan Satria Koni., 2016, Assessment Pembelajaran, PT Bumi Aksara, Jakarta.
Ibrahim, Muslimin. 2010. Asesmen Berkelanjutan Konsep Dasar, Tahapan Pengembangan dan Contoh. Surabaya : Unesa University Press.
Oemar Hamalik. 2014. Kurikulum dan Pembelajaran. Penerbit Bumi Aksara, Jakarta.
Robert E. Slavin. (2010) Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media
Satriawan. 2018. http: www. Republika.co. id. [Diakses 10 maret 2019].
Silberman Mell. 1996. Active learning. Yappendis. Yogyakarta
Sumiati dan Asra. 2008. Metode Pembelajaran. CV. Wacana Prima. Bandung
Syahza Almasdi, 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Makalah Diklat nasional. Pekanbaru.
Tirto. 2017. Potret Anak Indonesia, Lemah nalar Karena Kurang Membaca. http: // tirto. id/potret-anak-indonesia. [Diakses 10 Maret 2018].
Tim Pekerti-AA PPSP LPP.2007. Panduan Evaluasi Pembelajaran. (Online), http://lpp.uns.ac.id/download/PANDUAN%20EVALUASI%20PEMBELAJARAN.pdf, diakses 28 Mei 2018
Tim Pustaka Yustisiya. 2007. Panduan Penyusunan KTSP Lengkap. Yogyakarta : Pustaka Yustisia
Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep landasan dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan. Jakarta: Kencana
https://gugumgumilarblog.wordpress.com/2015/11/03/makalah-tentang-model-model-pembelajaran-bahasa-arab/
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v2i2.8593
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Dipublikasikan oleh:
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.